jadi ibu yang keras atau biasa aja?

hallooo semua. boleh ya saling share bagaimana mendidik anak bunda2 sekalian.. apa saya salah menjadi ibu yang keras? keras bukan berarti kasar ya .. tapi lebih ke tegas .. tapi sering bertentangan nih sama Mertua.. kata mertua kasian anaknya jangan terlalu keras.. huhuhuhh.. sementara aku tuh paling gak bs diem aja kalau anak ngelakuin kesalahan.. kalau dia salah ya aku langsung kasih tau dan kalau di ulangi, aku kasih hukuman tapi ya tidak menyiksa .. sekali lagi saya tanya, apa saya salah jadi ibu yg tegas?

11 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Parenting untuk umur anak 0-7 tahun hanya diperlukan kasih sayang dan contoh yang baik.. ketegasan diperlukan pada usia 7-14 tahun. Jika anak dibawah 7 tahun melakukan kesalahan pertama kali, maka jangab langsung dihukum. Jika melakukan kesalahan secara sengaja, maka dudukkan dan beritahu dengan baik dan penuh kasih sayang bahwa hal itu salah. Hukuman berupa pukulan kecil, mendiamkan anak dan ancaman bisa diberikan ketika umurnya 7 tahun keatas. Maka anak akan tumbuh dengan hati yang besar dan bukan anak yang sering mengancam orang lain namun sering dirinya sendiri kecil hati.

Baca lagi
5y ago

sama sama bunda.. ๐ŸŒน

Ga salah bun. Sama anak itu jngn jadikan raja sejak. Kecil. Tar kebiasaan sampai gede qt yg susah. Didik baik2 dr kecil aja. Klo dia salah biasakan harus minta maaf sampai dia minta maaf. Biar mandiri sejak kecil. Memanjakan pada batasnya aja. Karena klo tegas pas udh besar blm tentu nurut. Anak anak qt. Nene itu ada batas nya sama cucu kalo terlalu memanjakan nanti jadi anak nene ๐Ÿ˜

Baca lagi

tegas itu baik tapi lihat umur. kalau dibawah 5 tahun kita tegas sama saja mengekang anak sehingga anak tumbuh menjadi pribadi yg tidak bisa berkembang senua harus kata mama karena takut salah. anak tidak bisa tampil ke depan dan hanya bisa jadi penonton.

VIP Member

gak kok buuun. gimanapun anak kan cerminan orang yang membesarkannya. masak kita mau anak kita nakal. yang penting kita tau bedanya anak lagi nakal sama dia memang lagi gak ngerti aja apa yg dia lakuin. jadi kita bisa bertindak sesuai sikonnya.

Bener kok. Nenek/kakek kan emang cenderung manjain cucunya, hampir dimana2 gitu. Kasih pengertian aja sih ke kakek/neneknya kl emang pola asuhnya gitu. Dan ibunya jgn plin plan, kalo emg selama ini pola asuhnya spt itu, ya ttp aja spt itu.

dalam rumah harus ada yg tegas, kalau saya adalah ibu yg tegas karena suami saya ayah yg lembut. saya juga sering di tentang mertua tapi sekarang mereka mendukung karna mereka melihat hasilnya sekarang.

VIP Member

aku sih tegas, tapi di akhir hari pasti selalu peluk anak

tetap menjadi sosok ibu yg lembut, tapi tegas

VIP Member

Malah bagus bunda... Tegas asal jangan kasar.

Ibu yang tegas tapi open minded jg