Nikah dulu atau bahagiakan ortu dulu?

Hallo bun, maaf mau tanya. Saya janda anak 1, jika calon sudah niat mau lamar saya tp karena suatu hari dia mendengar kata" dr ibu dan adek yg kluar adalah fitnah katanya dia tukang santet, dan ngatain anak pondokan model apa, bla bla bla..waktu dia call saya, adek dan ibu marahin saya dikarenakan saya belom ngasih makan anak. Tp sy ga lupa kwajiban saya di rumah, mulai pagi beberes, cuci piring, baju, ngepel, nyapu. Memang calon sy bisa liat karakter dan aura seseorang, dan hal ghoib juga bun, dan ibadahnya baik. Karena dia ngaji mulai kecil, didikan keras bapaknya. Tp pendidikan formalnya tidak sampai tinggi. Tp dia serius mau nikahin sy, dan dia belom pernah pacaran atau mengenalkan wanita manapun ke kluarganya kecuali SAYA. Bapak ibu saya memang belom tau dia bun, dia udah dikatain seperti itu, disamakan dengan mantan sy yg brengsek dulu, padahal niat dia lurus, ke saya. Dia bener" ga mau ke rumah, tp kluarganya menyuruh saya untuk segera urus berkas" saya disini, dan ke rumahnya. Rencananya kita nikah di KUA saja, dan ga mau rame". Apa saya salah dan dosa bun kalau saya kawin tanpa bilang ortu saya? Ortu saya ga bisa kasih conto baik bun, dr kecil bertengkar teruz, mau cerai ga cerai", ga pernah kumpul serumah, bpk ga ada tanggung jawab ke ibu, ga kasih nafkah mulai manten pertama sudah KDRT, dan msih banyaj hal buruk lainnya, sampai kakak sy Depresi berat krena tekanan mental dr bapak saya. apa ortu masih dikatakan contoh atau panutan yg baik buat saya bun? Tolong sarannya bun, saya harus gimana..satu sisi saya jg akan doa terus ke kedua ortu saya #seriusnanya #bantusharing #jangandibully #ingintahu #menikah#Menikah

15 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

maaf ya bun, saat ini status kamu adalah anak bukan istri jadi kamu di bawah tanggungjawab orang tua kamu yang artinya restu orang tua adalah nomor satu. selalu ingat Ridho orang tua adalah RidhoNYA Allah. kalau memang benar sepenuturan kamu laki laki yang saat ini dekat dengan kamu baik agamanya bagus ibadahnya harusnya dia datang lgsg apapun yang terjadi wlwpun orang tua kamu tidak menyukainya. tapi kamu bilang "dia bener bener gak mau dateng ke rumah". apakah itu calon yang " baik" di mata kamu????? . jika kamu tetap memaksakan tanpa restu kamu sudah melawan pada orang tua kamu. lebih baik kamu fokus membesarkan dan membahagiakan anak kamu saat ini, gak usah terburu buru untuk segera menikah apalagi kamu kan oernah merasakan kebrengsekan seorang laki laki apa kamu gak trauma?. ibu saya bercerai dengan bapak kandunh saya sejak saya usia 2 tahun dan adik 2 bulan, tapi ibu saya gak segera menikah karena beliau trauma dan ingin fokus dengan kami. ibu menikah saat saya masuk sekolah menengah atas saat saya sudah mulai dewasa. jadi intinya jangan terburu buru ya, bun. satu pertanyaan lagi nih yang oenting banget, apakah calon kamu ini sudah pernah bertemu dengan anak kamu? sudah berapa kali si calon bertemu anakmu? bagaimana reaksi, pendekatannya dan tanggapan calon kamu ke anakmu? ingat ya bun, jangan hanya memikirkan perasaan kamu saja tapi pikirkan anakmu juga. maaf saya bilang gini, untuk seorang janda atau duda yang memiliki anak itu untung untungan dalam mencari pasangan baru. apalagi jaman sekarang mencari pasangan yang mau menerima anak "bawaan" itu jaraaaanggg bgt. kamu liat kan yang video viral itu? suami nya galak ke anak bawaan istrinya. yang cuma mau sama emaknya tapi tidak dengan anaknya. kalau masalah bisa melihat hal ghaib, saya dengar ceramah ustadz khalid bahwa itu bukan hal yang bisa di banggakan karena itu tipu daya iblis/jin/setan. kalau kamu bilang orang tua kamu tidak bisa memberikan contoh yang baik, saya rasa kamu tidak dalam posisi bisa menjelekkan orang tua kamu saat ini, karena kamu saja bercerai.

Baca lagi

- Karena ibu udah pernah cerai, harusnya untuk nikah kedua kalinya udah mikir panjang yah. Biar ga smpe kyk pernikahan sebelumnya. Namanya PDKT, pasti dia nunjukin yg baik2 termasuk kata2 manis, niat lurus, ibadah baik dan rajin ngaji. Nikah itu ga segampang cocok kawin, ga cocok langsung cerai. - Restu orang tua itu sgt penting, walaupun beliau2 menurut ibu belum bisa mencontohkan hal yg baik. Orangtua pasti akan lbh selektif klo ibu mau nikah lagi, krn beliau pengen liat anak dan cucunya bener2 bahagia. - Setelah menjanda, prioritas utama adalah anak. Jadi cari laki2 yg bisa nerima ibu sebagai "paket komplit", yg bisa sayang sama anak ibu sebagai bapak sambung yg baik. Jangan lupa hrs dibicarakan jg terkait pekerjaan, finansial dan nafkahnya gmn (menjamin kehidupan ibu + anak). - Laki2 klo niatnya mmg udah baik, pasti minta izin nikahin anak orang. Mau ditolak berkali2 kek, seharusnya tetap bertemu dgn ortu ibu dan buktikan niatnya. Maaf, untuk hal ini nilai MINUS bgt menurutku buat calon ibu. Ga sopan bgt pengen nikahin anak orang, tapi ga mau ke rumah calon buat minta izin "ambil" anakny. Tambahan : Klo saya jujur aja, malah seram sama yg "katanya" bisa liat karakter, aura dan hal ghoib.

Baca lagi

kalau calonmu memang baik dan mengerti agama, coba tanyakan pendapatnya kalau kamu menikah tanpa restu orangtua bagaimana, padahal orangtuamu masih hidup. Kalau jawabannya kamu disuruh menikah dengan wali hakim, baiknya kamu pikir ulang deh menikah dengan dia. Setau saya, kalau memang dia niatnya lurus sebelum menikah si laki harusnya meminta dengan baik dan sopan, datang melamar dengan keluarganya atau tanpa keluarganya. La tapi gmn ceritanya kalian mau nikah kalau si laki nya aja ga mau memperkenalkan diri, jadi wajar kalau keluargamu nganggap dia brengsek. Kalau dia tetep mutuskan nikah dengan caranya yang ga mau kerumah dsb itu namanya bukan nikah mba, tapi mau bawa kabur kamu dengan kerelaanmu sendiri.

Baca lagi
3y ago

Tambahan : kamu sudah besar, ga perlu lah menuntut orangtua harus sempurna, mau bagaimanapun sikap orangtuamu, pilah pilih sendiri mana yang patut dicontoh mana yang harus dibuang. Bukan malah menjadikannya alasan untuk tidak menganggap mereka lagi sampai ga mau minta restu.

mau nikah nomor 1 itu restu orangtua paling utama.. takutnya, nikah tanpa restu dari orangtua banyak nimbul masalah.. karna ortu belum ridho anaknya nikah/ belum kasih restu.. apa2 pasti bakal ada masalah, seriusan.. apalagi kalo ortu gak ridho, trus marah ngucap yg enggak2.. karna apa yg di omong ortu itu bakal jadi kenyataan, apalagi kalo ibu yg ngomong. coba dibicarakan baik2.. alasan keluargamu belum mau menerima calon menantu kenapa?? karna apa?? dan keinginan kamu seperti apa? komunikasi itu penting, jangan sampai kita mau bahagia tp ortu belum ridho.

Baca lagi

Restu nomer pertama bund, apalagi bunda pernah gagal.. Manusia yang bisa melihat hal-hal goib berarti di badan dia sendiri sudah ada jin. Jangan asal percaya anak Pondokan rajin ngaji dll. Jaman sekarang banyak dukun ber baju ustad dan Haji. Ngajar ke orang-orang tentang ke ghoiban berdalih ilmu agama tapi sebenernya yang di ajarin ilmu jin Hati-hati ya bund, bunda pernah tau lah gimana kehidupan rumah tangga.

Baca lagi
3y ago

Bener bund.... Apalagi dukun berkedok ala2 ustadz eh gataunya cabul

maaf ya bun kalo saya tidak sopan. kalo saya malah ga mau dg orang yg bisa liat karakter dan aura seseorang, apalagi bisa liat hal ghaib. krn dlm islam, orang yg bisa melihat hal ghaib adalah orang yg diganggu oleh jin. pd normalnya manusia ga bisa liat jin/hal ghaib. saya malah khawatir kalo ilmu2 itu diperoleh dr amalan2 yg berseberangan dg agama (melakukan hal syirik atau perdukunan).

Baca lagi
3y ago

bner banget ,, saya juga ada orang di masalalu yg begitu rajin ibadah tapi hal begituan di lakonin juga sampe2 nyimpen yg aneh2 dirumah saya ,dan dia selalu tau saga dimana lagi apa sama siapa , ditambah overprotektif , pas putus aja dia masih mainan gitu ke saya , untung saya bisa lepas dan nikah sama suami gak tau jadinya kalo nikah sama org begitu

idealnya nikah harus disampaikan ke ortu Bun, restu yang utama supaya ga ada kendala kedepannya. saya rasa Bunda harus lebih mengenal karakter calon bunda yang baru, jangan buru2 ambil keputusan. karena saya belajar juga dari pernikahan ibu saya ( ibu saya nikah sampe 2 kali). beliau bilang ga ada bahagianya.

Baca lagi

ortu memang belum bisa kasih contoh baik tapi pernah gagal satu kali kan bunda harus nya punya standar lebih baik...calon bunda ini gimana bibit bebet bobot nya... kedepannya gimana ekonomi dan tanggung jawab nafkah nya ..gimana dengan anak bunda sudah kenal baik kah... jangan terburu buru Bun...

Ribet banget ya masalahnya tapi menurut saya tetap kalau calon baik² harus berani menghadapi anggota keluarga bunda. Baik buruknya keluarga bunda bakal jadi keluarga dia juga. Jadi aneh kalau ngajakin nikah tapi belum dikenalin ke kedua orang tua calon.

3y ago

untuk melihat karakternya sebenernya udah keliatan dari sikap dia gimana.. contohnya ya dia gak mau nemuin keluarganya si ibu. bener gak?? kalo untuk liat hal goib, mungkin bisa jadi dari kecil emang udah bisa liat2 gitu2an/punya indra ke 6.. maaf sebelumnya buu, ibu kan udah jadi janda anak 1, dan sudah tau alur jalan pernikahannya seperti apa.. jangan karna laki2 "aku serius mau nikah sama kamu" lalu ibu percaya.. semua bisa berubah setelah menikah & gak sesuai ekspektasi kita.. ambil pelajaran dari masalalu, kalo ibu yakin sama sang calon. coba ibu sholat istikharah tiap malam sebelum tidur (jika ibu islam).. pasti allah kasih petunjuk lewat mimpi.. dan usahakan sang calon ketemu keluarga dulu, baru keluarga ketemu keluarga.. jadi jangan mau anaknya aja, tp harus nerima keluarganya pula.. saya pernah dulu pas sewaktu pacaran gak yakin 100% mau nikah sama cowo A.. karna banyak bgt berita tentang si A yg belum aku percaya & belum ada bukti yg aku tau.. dia emang baik bgt sama aku &

setelah tau rasanya menikah trnyata ga se indah yg d bayangkan . kalo ak jdi bunda, ak lebih milih bahagiain ortu dlu :) . se jelek apapun ibumu, ridho ibu mu adalah ridho Nya , restu ibumu adalah restu Nya .