Dermatitis Atopik ( Sharing)

Hallo bunda. Mau cerita tentang baby ku yang mempunyai dermatitis atopik di karenakan Abi nya (papa) punya alergi makanan. Dermatitis atopik ini bisa menyerang bayi/ anak dikarenakan beberapa faktor, yang pertama karna salah satu orangtua bayi punya asma atau alergi, cuaca, makanan, bahan pakaian yg dipakai dan bulu hewan. Yg masih bingung dermatitis atopik ini apa. Dermatitis atopik Adalah penyakit kulit yg di tandai dengan munculnya rasa gatal terus menerus dan timbul ruam kulit yang memerah. Awalnya tau bayi saya dermatitis pas usia bayi saya umur 1 bulan lebih. Aku kira eksim ASI karena pipi sama dagu merah merah. Trs ilang tanpa saya kasih apapun lalu beberapa hari timbul lagi dan dari situ eksim nya menjalar sampai ke kepala si bayi. Kepala bayi jadi kering bersisik kayak ketombe gitu. Sempet search Google, tapi masih gak yakin, akhirnya aku bawa ke spesialis anak. Dan feeling aku benar. Bayi aku mengidap Dermatitis atopik. Dan dokter nanya org tuanya ada riwayat penyakit asma atau alergi. Dan saya baru inget kalau suami saya punya alergi. Faktor bayi saya alergi atau nggak masih blm jelas soalnya blm makan apapun kecuali asi. Dari situ dikasih tau buat mencegah si derma ini muncul kembali yaitu menghindari pemicu alergi itu muncul kembali yaitu dengan menghindari beberapa bahan makanan seperti seafood, kacang tanah, susu sapi, coklat, dan telur gak cuma makanan tapi detergent, parfume, pakaian berbahan kasar yg tidak menyerap keringat, dll. Trs bayiku dikasih obat alergi dan salep racikan dokter,dan dokter nyaranin saya setelah salep racikannya habis, dokter nyuruh lanjutin pakai krim ezzera. Oh ya dan dari situ sabun dan shampoo bayi saya ganti ke cetaphil karna recommendasi dari dokter saya juga. Alhamdulillah dari situ eksimnya sembuh. Apakah bayi atau anak bunda mengalami hal yang sama? Sharing di kolom komentar dong bun.

7 Tanggapan

anak saya jg alergi bun. sy diminta utk menghindari ikan laut, olahan susu sapi (mentega, keju, dll), kcg tanah, jeruk. dikasih salep 2macam, pakai itu sembuh sih. tp yg diperutnya sampai sekarang blm sembuh2, soalnya salepnya cuma saya kasih ke muka n belakang kepala. takut kasih apa2 ke perutnya, padahal lotion cetapil ada sih. pakai itu bisa sembuh bun? anak saya usia 5bln skrg.

iya. diksih topicare salap sama intercon (mometasone furoate) salap.. yg dmuka g tllu lah, yg dbadanx itu yg blm hlg2..

VIP Member

Sama Bun, anak saya dari lahir mukanya kaya ruam2 gitu. usia 4 hari mulus kulitnya. Lalu mulai bintik2 lagi di muka & badan. Kata dokter sih alergi susu sapi, jadi saya pantang semua makanan dari olahan susu sapi Bun. Sekarang anak usia 2,5 bln masih bintik2 kaya bruntusan gitu Bun di muka & perut, saya bingung harus pakai apa Bun.

Bun anak ku juga kena dermatitis atopik, itu kok lama lama menjalar gtu ya emang? Awalnya di punggung merah2 nya lalu skr sudah ke paha anakku. Ak ganti sabun nya dengan lactayd baby dan pake lotion physiogel. Ak jd horor sendiri bun krn jd banyak gtu merahnya. Brp lama ya bun bs hilang?

Anak saya jg dari lahir suka kaya biang keringat gt sampe skr mau 2th msh beruntusan jg, gimana ya cara ngilangin ya

kalau kulitnya kering pakai krim ezzera bunda, tau lebih baik konsul ke DSA dulu saja baiknya pakai apa

VIP Member

Terima kasih untuk sharingnya Bun, semoga bermanfaat untuk Bunda lainnya 😊

terima kasih infonya

jejakkkkkkk

Pertanyaan populer