ga mau berenti merokok

Gimana ya caranya biar suami berenti ngerokok? Kesel, buat ngerokok mah di bela belain. Kadang pengen ngomong gitu, mendingan duitnya buat istri yg lagi hamil jajan atau beli susu aja dibandingin buat rokok. Tapi kalo dikasih tau diem aja. Capek hati dah. Minimal 20ribu sehari. Coba gitu saya juga egois ngambil duit 20ribu sehari buat jajan saya atau kebutuhan saya pribadi. Pasti ga bakal cukup. Saya pikir lagi mendingan buat kebutuhan lain apalagi udah mendekati lahiran hpl 17 september. Kasih saran bunsay, capek hati diem diem aja. Saya seolah olah mengalah bgt masalah uang ?

20 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Coba tips ini jg bun, aku ambil dari salah 1 artikel aplikasi ini: 1. Mengingatkan suami tanpa menceramahinya Diceramahi hal yang sudah diketahui adalah sesuatu yang menyebalkan. Ada banyak hal yang sebenarnya bisa Anda dilakukan saat mengigatkan suami tanpa perlu menceramahinya. Misal, Anda bisa memujinya dengan berkata bahwa Anda sangat mengapresiasi bajunya yang tak lagi bau rokok seperti biasa. Ini akan memudahkan Anda dalam mencuci karena selama ini Anda selalu memisah baju berbau rokok dan tidak. 2. Mengingatkan untuk memprioritaskan hal yang lebih penting Sebagai pasangan, Anda bisa menghitung bersama berapa biaya yang dihabiskan untuk kebutuhan merokok. Setelah itu, Anda bisa berandai-andai bersama tentang benda apa saja yang mungkin sudah kalian miliki jika suami tidak merokok. Keinginan soal perlunya gaya hidup sehat juga dapat membantunya sadar dan mampu mengendalikan diri saat bertekad untuk berhenti merokok. Selain itu, anak juga perlu menghirup udara yang lebih bersih daripada yang selama ini dihirupnya. 3. Mengalihkan perhatiannya saat keinginan merokok muncul Anda bisa mencoba untuk memberikan pengganti rokok untuknya sebagai pengalihan keinginan. Misalnya dengan memakan permen, menonton film, menghisap inhaler, setiap kali keinginan merokok muncul. Selain itu, Anda bisa meemaninya berolahraga yang tidak memungkinkan untuk dilakukan sambil merokok. Berenang misalnya. 4.  Pertimbangan waktu dan tempat Tak semua tempat bisa digunakan sebagai lokasi merokok. Misalnya, ruangan berAC maupun tempat umum lainnya. Anda bisa mengajaknya untuk ke tempat yang tidak memungkinkan untuk merokok setiap kali ia ingin merokok. Pertimbangan waktu juga penting sebagai sarana mencegah seseorang merokok. Contohnya adalah di saat bulan puasa tiba. 5. Meredakan setiap gejala kecanduan yang muncul Saat seseorang berhenti melakukan apa saja yang membuatnya kecanduan, akan muncul gejala berupa kecemasan, rasa marah, keputusasaan, meningkatnya selera makan, timbulnya rasa stres, naiknya berat badan, dan sebagainya. Jika suami mulai menunjukkan gejala di atas setelah ia memutuskan untuk berhenti merokok, maka Anda tak perlu cemas. Justru Anda akan menemukan cara untuk mengatasi itu semua karena Anda tahu bahwa yang ia lakukan bukanlah hal yang disengaja. Berhenti dari kegiatan yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun memang sulit. Tapi bukan berarti hal itu mustahil dilakukan. Selalu apresiasi usaha suami Anda untuk berhenti merokok agar ia tahu bahwa Anda menghargai setiap usaha yang ia perbuat. Sumber info: https://id.theasianparent.com/membantu-suami-berhenti-merokok

Baca lagi

Jangankan suami bunda, saya yg perempuan aja susah banget berenti ngerokok. Berhasil berenti waktu tau hamil, balik ngerokok lagi waktu udah ga kasih ASI. Susah bun ngasih tau perokok buat berenti krn udah jadi kebiasaan. Yg bikin susah adalah kebiasaannya itu, habis makan ngerokok, bangun tidur ngerokok, ketemu kopi pengen ngerokok, lagi nongkrong sama temen ngerokok, gabut pun ngerokok. dan jeleknya kita tuh kita nyepelein akibat2nya krn ga langsung berasa. Ya kesehatan ya duitnya. Ini kan bunda lagi hamil, kasih aja artikel dampak asap rokok untuk janin dan bayi. Terus totalin tuh setiap dia beli roko sebulan habis berapa. Semoga segera berenti ya bun suaminya.

Baca lagi

Coba lakukan ini bun: 1. Lakukan komunikasi yang positif. Kebiasaan buruk kerap menyebabkan hambatan dalam komunikasi. Segera buka diri dan bagi pikiran Anda sehingga komunikasi berlangsung lancar. 2. Cobalah bicara dengan nada yang baik. Perlu diingat, semakin tinggi nada suara Anda, seseorang akan semakin tidak mau meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Gunakan kata-kata positif bernada optimistis. 3. Berilah reward jika kebiasaan buruk tersebut bisa dikurangi. Ungkapkan rasa terima kasih Anda dengan memberikan pujian. Kreatiflah dalam memberi reward, misalnya dengan ciuman hangat.

Baca lagi
VIP Member

Engga usah suruh berhenti Bun soalnya itu pasti bakal susah banget. Kasih ketegasan sama suaminya aja Bun, bilang aja kalau memang mau ngerokok ya kurang kurangin, ingetin kalau bunda mau lahiran, bilangin jangan suka ngegampangin, nanti pas lahiran engga ada duit bakalan susah jadinya, bilang kalau bunda gamau jadi kelabakan ngutang sana sini buat lahiran. Dan kasih tau harga rokok sebungkus perhari dihitung sampe sebulan itu lumayan keluar uangnya, bilangin aja jangan mau enaknya aja kita itu hidup berdua kamu udah bukan bujang lagi yang bisa foya foya beli rokok untuk kepuasan kamu.

Baca lagi

Klau sya yg penting ngeroko nya gk depan sya gpp Bun,Tapi untung suami sya gk terlalu sneng rokok Bun,paling beli rokok klau lg kmpul sma tmn nya di kampung.Jadi sya gk prnah nglrang klau suami beli rokok karena dia kerja gk prnah beli apa2 bun,paling beli rokok itu pun klau pulang kerja...kerja pulang 2 minggu sekali,klau lg kerja mah gk prnah ngrkok...malah sya yg byk ngabisin uang Bun.

Baca lagi

suami aku berhenti ng rokok bunn. dan itu proses nya emng sulit bagi dia. ktnya bdan nya jadi lemes lesuh emosian sensi bgt. tpi aku slalu bilang sma dia gni. semngat ya syg . ini buat kbaikn diri kita sendiri syg .bkan karna syg sma uang tapi kalo trs2an ngroko nanty gk baik buat kshtn. dan allhmdulillah suamipun ngerty

Baca lagi

Menurut saya org udh ngerokok susah Bun berenti kecuali bener2 dr hatinya. Mau sekekeh apapun di apain pun tetep aja. Saya jg udh kesel banget rasanyaa. Cuma mau gmn lagi, giliran lg sakit mah baru berenti dulu. Udh enakan mah lanjot lggggg 😒😒

kyny dia harus liat dlu penderitaan orang akibat rokok itu gmn ya abisnya laki klo ud rokok susah diomonginnya suruh brenti gtu, klo suami sy sih untungny gara2 wktu tu sy marah besar sama dia. dia jd stop skg, buat kebaikan anak jg

5y ago

iya betul bun

Kalau rokok di paksa org lain susah kayaknya bun berhenti nya, biasanya kemauan sendiri. Seluruh keluarga nasehatib berhenti ngerokok ngga digubris. Ortu saya berhenti ngerokok sendiri karena nafas dia uda sesak.

Ini pengalamanku bertemu seorang suami yg mantan perokok. Karena akibat ulahnya merokok pas istrinya lagi hamil, calon bayinya meninggal di dalam kandungan karena terhirup asap rokok.

Post reply image