USG pakai BPJS di RS

Disini saya mau tanya, saya kan punya BPJS kis dan pengen USG di RS soalnya ini sudah 36w. Kalau pakai BPJS kis itu minta rujukan dari puskesmas buat USG di RS boleh tidak ya bund? #seriusnanya #bantusharing

40 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

aku konsul ke puskesmas awal bulan feb trs tnya bisa ga mnta rujukan USG , tp gak bisa krna gak ada keluhan atau kalo diksh pun di usia 37w keatas pdhal kalo usg kan kita bs tau ada msalah atau gak sm janin kita . kalo sistem dr pemerintah hrs nunggu darurat , saya sbg bumil kan ingin mencegah. tkut kyk anak saya sblm nya BBLR , trnyta bb janin gak naik, ketuban rembes ditambah gak ada bukaan. saya cerita ke bidan di puskesmas mereka cuma ksh masukan aja . sbnrnya byk kejadian bayi lahir kecil krna gak kekontrol pas hamil , tmn ku bb naik byk , dicek bidan sehat2 aja , lahir pun sesuai HPL . tp pas lahir baby nya cuma 1,7kg. saya prnh baca bumil kan memang ada jatah usg gratis pke bpjs ataupun kis , tp knpa sngat sulit sekali utk mnta rujukan.

Baca lagi
2y ago

ipar saya pake BPJS dr perusahaan bun bisa loh dpt rujukan USG. dia sih bukan hamil tp gak haid sekitar 3 bulan dikira hamil ternyata obesitas jd mempengaruhi hormon nya. anak pertama saya usg lgsung ke spog , pngen anak kedua ini pake faskes dr pemerintah ternyta hrs nunggu 37minggu bru bisa. klo cek lab saya memang dipuskemas bun .

VIP Member

pengalaman di tmp ku,mau kuret aja di persulit karna saya dateng ke faskes dalam keadaan masih terlihat sehat dan emg gk kliatan urgent,pdhal disitu udh kontraksi mules2 bukan nya di kasih rujukan malah di ocehin dlu,ko bisa si keguguran trs kmren rujukan skrg rujukan lagi,mana surat dari dokter nya,apa mba mau usg gratis???malah saya di gtuin coba,akhir nya saya tunjukin foto usg saya kalo saya BO baru deh di kasih,trs si faskes itu juga bilang klo mau usg pke kis gak bisa,kecuali kalo urgent boleh baru kita tanggapi tp kejadian ini di tmp ku,rasa nya bnr2 mau pindah faskes aja,klo usg pke kis atau bpjs tergantung daerah dan faskes masing2

Baca lagi
3y ago

pengalaman aku dlu BO pas usg d dokter luar d sruh lngsung k rs aja blg aja udh pendarahan kta dokter nya gtu krna itu udh trmsuk gawat darurat jd gk prlu rujukan. klo buat rujukn usg k puskesmas emg ribet sih emg mngkin peraturan d semua puskesmas gtu kali ya, klo faskes nya d klinik beda2 dlu sblm pindh k puskesmas malah d tawarin tp klo udh tm 3 krna di jatah katanya.

Setahu saya kalo pakai KIS prosedurnya lama bun soalnya kan harus nyari surat pengantar dr instansi terendah dulu. Kalau langsung priksa mandiri di Dr. praktek (bukan RS/klinik) nanti kita di tanya mau USG aja / sekalian ambil vitamin. Bilang aja USG doang nanti cuma di kenakan biaya USG 2D biasanya 150-200 udah plus cetak. Untuk obat bunda bisa kontrol di puskesmas biar ngurangin biaya, soalnya saya gitu hehehe ke SPOG buat USG aja obatnya dr bidan / puskesmas. Kalau masalah periksa di tanyai punya BPJS apa nggak menurut saya itu buat nanti pas lahiran bun biar kita bisa pilih mau lahiran dimana dan akhirnya BPJS nya bisa di gunain deh.

Baca lagi

Saya pakai BPJS kok bun selama kontrol kehamilan di usia 35 weeks ke atas dan bisa USG cuma gak di cetak. Tapi tiap kontrol di USG. Ini saran aja ya: Pilih faskes 1-nya yang Dr Pribadi atau Klinik pratama yang gak ada dr kandungannya jangan puskesmas (download mobile JKN di sana bisa pindah faskes 1, 3 bulan sekali) jadi kalau hamil bakalan di rujuk ke faskes tingkat 2-nya ke dr. spog. Biasanya ke dr Spog udah pasti di USG sih sepengalaman saya.

Baca lagi
3y ago

iya bun...mksih suportnyaaa...mudah2n ntr dicek hbnya udah noemal..aminn..

Bisa bund. Saya dari awal tespek positif, langsung datang ke faskes 1. Lalu dibuatkan rujukan ke RS untuk kontrol kandungan rutin dgn dr. Spog. Surat rujukan tsb berlaku untuk 3 bulan dan kalau sudah habis harus minta lagi ke faskes 1. Hanya saja hasil usg tidak dicetak dan obat2an hanya sebagian yang di cover (asam folat hanya utk 1 mggu, obat penguat kandungan tdk di cover). Sampai saya lahiran juga di cover oleh BPJS kesehatan.

Baca lagi
VIP Member

aq yg bpjs tenaga kerja dr bapak aja dipersulit minta rujukan, pdhal dah parah kondisi telinga adik ku, pas q yg nemenin cek ga dikasih smpe 2x ksna, terakhir bapak ku sndri yg nemenin cek br dkasih dan sama dokter tht dkash tau ada benjolan ditelinga dll, buat umum aja susah aplg buat hamil bun aplg ga uregent. kembali lgi tiap wilayah sih berbeda* tergantung wilayah bunda...

Baca lagi
VIP Member

bisa asal ada rujukan faskes1.. nah, faskes1 nih yg karakter oknumnya beda2.. ada yg mau2 aja langsung kasih.. ada yg harus konsul kesekian kali baru d kasih.. ada yg harus punya indikasi darurat baru dikasih rujukan.. hanya usg 2d, dan standartnya ga dapet hasil print, karena hasil print untuk arsip bpjs.. tapi ada dokter yg mau ngasih hasil print tambahan..

Baca lagi
3y ago

bethulll

saya dulu dapat rujukan dari puskesmas dan tidak pakai bpjs/kis bund ,jadi ambil no antrian pas di RS nya trus nunggu dipanggil habis itu daftar dan nyerahin surat rujukannya dan lansung ke ruangan tempat usg ,diasana banyak ibu2 hamil juga . setelah di usg dan di cek data sgala macem disuruh antri obat ,stelah antri obat langsung pulang ..

Baca lagi
3y ago

kok bisa y bun,,tnp bpjs cmn diksih rujukn g byar...klau ditmpt qw itu pkenya umum☺

biasanya kan dari faskesnya di kasih pilihan,mau lahiran dimana,kalo lahiran di RS di kasih rujukan buat USG,jadi klo ada malah di khmlan bisa langsung ke RS,aku kmren di kasih pilihan,aku milih di RS,jadi mulai hamil 33 week udh USG di RS dpt obat sebulan gratis,trs kembali lagi kontrol bln depan di Rs lagi,

Baca lagi
2y ago

bun aq juga sma di kasi rujukan ke rs dr fakses satu itu berlaku nya cuma 3 kali..nti pas mau lahiran minta rujukan lg apa pakai yg dikasi 3kali itu bun ???

bisa bun, apalagi udh trimester 3 bias wajib tu USg, cba bunda liat diKisnya faskes terdekat bunda dipuskesmas mna, ntr bunda priksa dlu dipuskes bilng z mau USg kRs mnta rujukan bwt ditujukn kRS,ntr mreka buat sesuai rujukn KRs mna bun.. semangt bwt bunda2 yg dh deket HPlnya... ??