Bund, selametan untuk kehamilan bagusnya pas 4 bulanan atau 7 bulanan ya?

30 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Aku baru py 1 anak, ngadain acara 4 bulanan abs skitar 500rb an, seadanya yg penting niat untuk mendoakan, 7 bulanan jg ga nekoā€ cuma ngundang kyai aja sm bkin tumpeng budget ga nympe sejuta bund, idup d desa sbnernya bnyk omongan ga enak bund krn 7 bulanan anak pertama ga bikin rumahā€an buat mandi kembang. Krn emg dlm islam jg kan ga ada acara 7 bulanan terus jg aku ga tertarik sm acara begituan mending uangnya buat keperluan lahiran sm aqiqah yg jelasā€ wajib, dr pd harus ngutangā€ mending semampunya krn pas hamil awalā€ covid suami kerja kena efeknya n kebetulan aku ga kerja.

Baca lagi

Kalo 4 bulanan biasanya wajib untuk hamil anak pertama bun dan 7 bulanan juga. Kalo untuk hamil anak ke dua dan seterusnya, ga usah 4 bulanan, tapi langsung 7 bulanan aja. Kalo habis berapa Rupiahnya tergantung berapa orang yang di undang. Waktu tasyakuran 4 bulanan kemarin, Saya kirim nasi box 70 orang (40 Kepala Keluarga warga RT sekitar rumah mengadakan doa bersama habis magrib, sisanya 15 KK box untuk keluarga pihak suami, 15 KK box lagi untuk pihak keluarga istri yaitu keluarga saya, bayar pak kyai + rokok, snack piringan juga) total sekitar 4 juta.

Baca lagi
2y ago

oh gitu ya Bun makasih ya jawabnya šŸ™šŸ™

menurut aku wajib 4bulanan /120hari sih bun. soalnya kan janin dalam rahim kita itu pas waktu hitungan 120 hari /4 bulan pas dalamĀ ajaranĀ Islam, usia kehamilanĀ 4 bulanĀ adalah waktu dimana ruh telah ditiupkan keĀ dalamĀ janin. Maka dari itu, diperbolehkan jika ingin menggelar syukuran denganĀ caraĀ adatnya masing-masing. karna dri acara syukuran itu kita meminta yang terbaik untuk janin kita.. dan lebih bagusnya lagi acara syukuran lebih bagus sebelum 4 bulan .

Baca lagi
TapFluencer

Ga harus ngadain sih mbak. Krn ini hanya tradisi aja lagian disetiap agama juga ga diharuskan mengadakan acara tsb. Klo hanya untuk selametan/syukuran bisa dgn cara berdoa yg tulus ikhlas bersama keluarga, bagi makanan dan mohon doa restu di tetangga/anak yatim/org yga ga mampu. Ga harus besar juga, seadanya uang aja! Mending uangnya dipake untuk persiapan lahiran dan persiapan baby

Baca lagi
2y ago

Iya bener bgt sih. Krn sebenernya doa tulus dan iklas itu lbh penting

VIP Member

Tergantung kepercayaan bund ada yg bilang boleh pas 4 atau 7 bulan aja ada yg bilang 4 bulan aja. Klo aku dlu udah 4bulanan ga habis banyak cma sekitar 500rban karna yg diundang cma kerabat sama tetangga yg dket aja. Klo budget tergantung keputusan keluarga sih bund. Seharusnya jga bln ini 7 bulanan tp karena kmarin smpt opnam jadi gk ada 7 blnan karna uangnya sdh terpakai untuk perawatan

Baca lagi

Sebenernya gak wajib dalam agama, cuma karena saya masih ngikut tradisi turun-temurun jadi ngadain 4bulan dan 7bulan (wajib) pada kehamilan anak pertama. sekaligus ungkapan rasa syukur udah dikasih kepercayaan mengandung dan terselip doa untuk keselamatan dan kesehatan sampai melahirkan nanti. untuk biaya bulan Juli kemarin saya habis 700++ untuk 50 nasi box dan snack, dan amplop ustadzah.

Baca lagi
2y ago

betul banget bun, aku aja 4 bulananya pas usia 14week hehe. manut aja, pasti ada kebaikan atas semua itu

TapFluencer

ga bikin 4/7 bulanan karna lebih mentingin biaya anak setelah lahiršŸ¤§ Anak blm lahir aja beli perlengkapannya udh hampir 10 juta. Bukan karna ga sanggup bikin acara tapi skala prioritas, saya lebih mikirin aqiqah dan tabungan pendidikan anak kedepannya. Saya dan suami memang niat harus matang masalah perencanaan pendidikan, jangan sampe udah tua nanti kami pusing nyekolahin anak.

Baca lagi

saya anak ke 1-2 ga ngadain apa2 šŸ˜ bukan nya pelit tapi dana nya bisa dialokasikan buat aqiqah saja nanti kan bisa buat beli embe šŸ˜…, doa itu bisa dari mana saja, kalau niat sedekah bunda buat beberapa amplop aja bagikan ke anak yatim/janda dgn diniatkan semoga dilancarkan kehamilan dan persalinan nya, kalau juga ga apa2 šŸ™‚

Baca lagi

kalo aku gk ngadain 4 atau 7 bulanan bun. yg pnting memanjatkan doa sllu, mau tde jg baca doa biar dihindarkan dr halĀ² yg gk diinginkan. krna acara itu sbnrnya trgntung kprcyaan masingĀ² individu ya bun. dana nya bisa dipakai nnti setelah lahiran. semoga Allah sllu lindungi kita dmna pun berada.

Baca lagi

kalo aku kemarin ambil yang 4 bulanan bund... karena janin 4 bulan mulai ditiupkannya ruh jadi kami minta keselamatan agar dikasihkan ruh yang baik buat si bayi... tapi semua kembali ke pilihan masing2 sih... 7 bulanan juga sama aja intinya minta keselamatan