Suntik tetanus

Bunda... Udah pada suntik tetanus saat hamil ga? Itu berapa kali dan di usia kehamilan berapa ya bun suntik tetanusnya?

15 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kalau Saya dulu suntik TT dari 1 bulan sebelum nikah, terus lanjut setelah nikah, sekitar 1 minggu setelah nikah (agak telat dari yang dijadwalkan). Dan waktu itu belum hamil. Dijadwalkan lagi 6 bulan berikutnya. Tepatnya pas di bulan Maret dan usia kehamilan kurang lebih 27 weeks, Bun.

2y ago

Saya suntik TT di Puskesmas, Bun. Kalau Saya karena memang dari awal menikah sudah dianjurkan untuk suntik TT jadi tinggal melanjutkan, Bun. Nah kalau wajib atau enggaknya Saya juga kurang tau, Bun. Cuma memang kalau bidan di sini biasanya pas awal cek kehamilan ditanya dulu sudah suntik TT atau belumnya. Lebih baik begitu sepertinya, Bun. Biar pasti dan gak was-was lagi langsung nanti ditanyakan ke dokter kandungannya. Takutnya memang lupa atau bagaimana gitu, Bun.

Saya suntik TT pas sebelum nikah, setahun setelah suntik TT yg pertama saya suntik TT yg kedua dalam kondisi belum hamil.. setelah suntik TT yg kedua saya tanya ke bidan apa perlu suntik TT lagi ketika hamil jawabnya tidak usah bund 😅 obgyn juga ngga nyuruh sih 😅

2y ago

ada bunda yg bilang kalo lahiran di RS emang ga disuruh suntik TT katanya bun. saya sabtu jadwal kontrol, mau saya tanyain deh. apa memang krna saya mau lahiran di RS makanya ga perlu suntik TT.

Sy udah 2x, 1x sebelum nikah, setelah itu sebulan setelah TT 1 kalau ga salah inget, pokoknya belum tau hamil, nanti mungkin lanjut lagi aja sampe 5x TT soalnya biar aman selain dg alat2 saat melahirkan, keinjek paku dll kan jadi ga worry

2y ago

iya bun. aku udah tanya dokter kandunganku juga. katanya suntik TT itu bisa bikin demam. sementara bumil demam itu bahaya buat janinnya. toh juga lahiran nanti di RS. peralatan medis kebersihannya udah memenuhi standart. ntar aja suntik TT kalo udah lahiran. tapi kalo mau suntik sekarang juga boleh, asal jangan kaget kalo nanti demam. katanya gitu bun. jadi aku memutuskan ga suntik TT aja deh kalo gitu bun.

VIP Member

Saya sebelum nikah sudah suntik TT sekali yang kedua kalinya gak dilakuin saya nya lupa sampe sekarang usia kehamilan 19week belom suntik juga 🤦🏻‍♀️ insyaAllah senin mau suntik

2y ago

Suntik TT sendiri itu tidak wajib ya mam sebenarnya, Karna kalau dari awal emang mau lahirannya di RS pasti dokter spog tidak menyarankan/ tidak suntik tt tidak apa2, karena alat2 di RS udah terjamin steril dan aman yaa alat2nya.. kecuali kalau mau lahiran di bidan/puskesmas pasti diwajibkan suntik tt karna alat2 disana ditakutkan kurang steril dan masih seadanya sehingga ditakutkan akan terpapar tetanus, tapi balik lagi ke masing2 bumil yaa..

saya waktu nikah ga suntik tt bun krna ga tau 🤭 jdi suntik tt pertama pas usia kandungan 14w ,dan nnti tggal 22 des ini usia kndungan 19w jdwal suntik tt k 2 bun.

q waktu hamil anak ke 2,rutin di dr.obsgin,dr.obsgin gak nyuruh,nah pas ke bidan disuntik TT lupa waktu itu berapa week,yg hamil ini blm suntik TT

2y ago

Oalah,ok mom

TapFluencer

aku suntik tt sebelum nikah bun, pas hamil pertama suntik lagi pas 5bln, hamil yg skrg nda perlu lagi katanya.. kalau lahirannya di rs biasanya nda wajib sih..

2y ago

pas lab ada ditanyain ga bun sama org puskesmasnya? biasanya ditanyain pernah suntik tt ga pas masi kecil, kebetulan kyknya kita semua pas sd pasti dapat suntik tt lengkap, dan kdg2 ga disarankan lagi (ini kyknya dicatat jg sama petugasnya di buku pink) , kalau dokter emang jrg bgt nyuruh2 , disuru teslab aja sukur2 keknya ma spog 🤣 kalau di rs lahiran pasti ga disuru, alat mereka kan pasti steril, kec mau lahiran dipuskesmas atau bidan keknya..

saya hamil 15 minggu, dokter blm nyaranin suntik tetanus. kmrn baru cek lab aja, gatau nih kontrol bulan depan disuruh suntik apa engga.

2y ago

iya bun, kayaknya kalo di dokter emang gitu yah.

saya pas uk 4 bulan tt 1 nanti pas 5blan suntik lagi soalnya kata bidan anak pertama udh 3 taun lebih

2y ago

oke samasama bun

saya suntik tetanus waktu menuhin syarat kua untuk minta surat keterangan dokter buat menikah bun

2y ago

saya ga usah suntik tetanus juga gpp bun kata dokter kandungan saya. jadi ga risau 😁