Cara mencegah dan Cara Mengatasi Baby Blues

Bunda mungkin sudah tidak asing dengan istilah sindrom baby blues, ya. Sindrom ini biasanya menyebabkan gangguan suasana hati pada seorang ibu yang baru saja melahirkan. Sindrom baby blues biasanya menyebabkan seorang ibu baru merasa gampang sedih, gelisah, marah, lelah, hingga sulit berkonsentrasi. Biasanya kondisi ini dirasakan dalam dua hingga tiga hari pertama setelah melahirkan, atau bahkan berlangsung hingga berminggu-minggu setelah melahirkan. Penyebab baby blues umumnya adalah perubahan hormon dan kondisi setelah melahirkan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ciri-ciri, gejala, penyebab, cara mencegah dan cara mengatasi baby blues, kita bisa diskusi lebih lanjut pada sesi Tanya Pakar kali ini ya, Bun! Bunda meninggalkan pertanyaan yang berkaitan dengan baby blues di kolom komentar!

Cara mencegah dan Cara Mengatasi Baby Blues
14 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Dok saya mau tanya, apakah kalo kita tiba2 merasa sedih, tak becus rasanya ngurus anak dan suka sedih kalo dia rewel nangis2 gitu apakah termasuk baby blues? ini terjadi saat saya baru lahiran 5 hari udah harus jauh dari suami. sebelumnya ada suami saya biasa saja, tapi setelah LDR sama suami saya jadi melow dan sensitif dok. tolong di jelaskan yaa dok, terimakasih.

Baca lagi

pokonya nanti stlh lahiran . cara merawat dan mengasuh bayi semua gmna aku. mereka sah sah aja ksh saran tp tdk memaksakan . dulu aku minim ilmu paranting. minim ilmu merawat bayi. memahami bayi . smntra byk omongan2 larangan2 pantangan2 yg justru toxic bikin aku baby blues. aku gamau itu smua tjadi lagi.

Baca lagi
VIP Member

anak saya usia 6 bulan .. setiap mertua mengasuh anak saya , hati saya seperti gak ikhlas. krna gara2 dulu setelah melahirkan ada berbagai omongan yg bikin sakit hati .. apa itu saya masih baby blues sampe skrg ???

2y ago

Dear bunda Dian Terima kasih pertanyaannya Pertama tama, saya doakan semoga bunda diberikan kesabaran dan kelapangan hati ya bun.. Salah satu pemicu terjadinya baby blues adalah kurangnya dukungan dari keluarga, termasuk mertua. Baby blues biasanya terjadi sejak hari awal pasca kelahiran bayi dan dapat berlangsung sampai sekitar dua minggu. Pada kasus bunda, kondisi ini sdh terjadi selama enam bulan. Apabila mengganggu kondisi sehari hari bunda, dan menghambat fungsi maternal, maka dapat mengarah ke post partum depression. Bila terjadi hal tersebut, disarankan bunda berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Bunda juga dapat bercerita kepada suami bunda mengenai hal ini, agar suami bunda dapat menjadi penengah antara bunda dan mertua. Semangat ya bunda

berapa lama baby blues terjadi? aku selalu merasa melow, pikiran negatif lalu nangis, karena ketakutan dan rasa panik yg berlebihan soal kesehatan anak. ketakutan tidak bisa menjadi ibu yg baik dalam mengurus anak. bagaimana mengatasinya?

2y ago

Dear newmom Terima kasih atas pertanyaannya Baby blues terjadi sampai sekitar dua minggu pasca kelahiran, namun bisa berkelanjutan sampai berbulan bulan dan dikhawatirkan dapat terjadi depresi post partum. Penyebabnya dapat berbagai macam faktor. Ada berbagai cara untuk mengatasinya, misalnya ikut tidur ketika bayi tertidur sehingga bunda ada waktu untuk beristirahat, makan makanan yang sehat dan bernutrisi, bercerita kepada orang terdekat bunda, berdoa dan memohon bantuan Tuhan, namun apabila bunda merasa tidak mendapatkan dukungan fisik atau moral yang cukup, maka disarankan agar berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk penanganan yang optimal Semangat ya bunda

Kalau kita merasa jengkel dgn omongan mertua, tp bkn membenci anak kita apa disebut baby blues? Saya tdk merasa kesal dgn baby, namun omongan mertua kdg bikin saya down. Saya ibu baru, wajar kan kalau masi gelagapan ngasuh anak?

2y ago

Thx dok, saya masih belajar bgt ttg ilmu parenting skrg ini

TapFluencer

berapa lama baby blues terjadi setelah melahirkan? jika kita di kritik atau di tegur tentang cara mengasuhnya oleh seseorang lalu merasa kesal sama bayinya bukan sama orang yg mengkritik , apa termasuk baby blues?

2y ago

Dear bunbun Terima kasih pertanyaannya Baby blues dapat terjadi sejak hari hari awal setelah melahirkan sampai beberapa minggu setelahnya. Mungkin bunda merasa kesal kepada bayi karena sering menangis, mengompol, bunda menjadi kelelahan dan kurang tidur, dsb. Hal tersebut dapat memicu terjadinya baby blues. Sebaiknya bunda bercerita tentang kondisi ini kepada suami, keluarga, teman, ataupun saudara yang bunda percaya dapat membantu. Karena apabila didiamkan, khawatir perasaan kesal tersebut dapat memberi pengaruh yang kurang baik bagi bunda dan bayi. Apabila bunda tak dapat menghilangkan perasaan tersebut dan semakin memburuk, bunda dapat mencari pertolongan medis yang lebih kompeten. Semangat ya bunda

kalau gejala baby blues dirasa muncul, kemana saya harus minta pertolongan? saya ga punya biaya buat konsul ke RS, & sebab lingkungan saya sngat awam & kurang support

2y ago

Dear Bunda, Terima kasih pertanyaannya Bunda dapat bicara dengan teman atau saudara yang memiliki pandangan positif, memberikan semangat, dan bukan menjatuhkan. Apabila hendak konsultasi, maka dapat ke psikolog atau dokter psikiatri, bunda dapat mencari rumah sakit yang menerima bpjs sehingga barangkali lebih terjangkau dari segi biaya. Semoga membantu ya bunda.

bagaimana cara menghadapi baby blues terlebih jika dapat omongan2 dari keluarga terdekat atau pemikiran orang tua yang masih membawa2 mitos?

2y ago

Dear bunda Wiwin Terima kasih pertanyaannya Sabar ya bunda, memang rasanya campur aduk kalo mendengar omongan yang kurang enak dari orang terdekat ya. Mitos mitos juga seringkali dibicarakan oleh orangtua dan menyuruh kita untuk mengikutinya. Bunda dapat membaca ilmu ilmu parenting terbaru, misal dari Asian Parent, lalu bertukar pikiran dengan ibu ibu lain, atau bertanya kepada dokter yang Bunda percaya. Terkadang dengan memberikan info terbaru kepada orangtua, mereka dapat lebih menerimanya Semoga membantu ya Bunda

aku sering sedih tiba" nangis pemikiran jadi sering negatif dan makin introfert sampe gaboleh siapapun ada yg megang baby ku .apa itu termasuk baby blues ???

2y ago

Dear bunda Zakiyah Terima kasih pertanyaannya Bunda apabila merasa sering menangis, sedih, pikiran negatif, perubahan suasana hati, mungkin saja bunda sedang mengalami kondisi baby blues. Selain perasaan tersebut, bunda mungkin merasa cemas, tegang, mudah marah, ataupun kelelahan terus menerus. Hal tersebut sering dialami pada ibu yang baru melahirkan, misalnya karena hormon yang belum stabil, kurang tidur, kurangnya dukungan fisik dan moral, dsb. Bunda perlu mencari info mengenai hal ini agar dapat membantu mengatasinya, misal minta bantuan suami dan orang terdekat, usahakan tidur saat bayi tertidur, makan makanan yg bergizi, ataupun bila perlu konsultasi dengan psikolog atau psikiater agar mendapatkan penanganan yang tepat Semoga membantu ya bunda

saya dapet gejala sperti baby blues tapi terjadi setelah anak berumur 4 bln. smp rasa sedihnya membuat sy overthinking,itu msih termasuk baby blues bkn dok?

2y ago

terima kasih dok atas penjelasan nya🙏