Seputar kelahiran

Bunda² mau tanya dong, saya insya allah hpl awal maret. Selama ini hanya kontrol di faskes 1 puskesmas, tp ingin melahirkan di rs ( rs hermina banyumanik, semarang). Kebetulan saya tinggal di Kab Semarang (ungaran) & Rs itu di Kota Semarang, jd beda wilayah. Nah katanya bidan di faskes, kl sdh pembukaan 5 baru bs ke igd. Kebetulan saya pakai bpjs kelas 3, saya msh takut kl nti di suruh ada tambahan biaya di rs (krn saya blm prnh sama sekali periksa di rs itu, terkendala biaya). Ada yg punya pengalaman sama kyk saya nggak bun? Sharing2 boleh doong.

8 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

pertama-tama.. semoga lancar persalinannya ya bun.. sehat slamet ibu dan bayinya.. aamiin kedua.. semoga Allah mudahkan rejeki kita semua, rejeki yg berkah n cukup. aamiin ketiga.. seinget saya penambahan biaya paling yg buat printilan.. misal kendi, jarik, dll bun.. tahun 2020 n 2022 dlu saya biaya printilan 100rb kalo ga salah. tergantung RSnya sih.. gatau di RS lain gimana. tp kalo bunda udh prepare sendiri ya inshaAllah gada tambahan, sy dulu dua2nya mendadak jd blm prepare apapun. saran saya, bunda ttp aja bawa beberapa uang untuk jaga2 ada biaya tambahan. biasanya gak akan besar kok bun kalo ada pengeluaran, paling buat printilan. krn yg biaya2 besar2 Alhamdulillah sdh ditanggung BPJS.

Baca lagi
5mo ago

aamiin yaAllah.. semangat bun.. samasama ya, saling mendoakan 🥰😇

mohon maaf bun, lahiran di rsnya mau normal kan yah? perjalanan dari rumah ke rs nya brpa lama? itu juga perlu diperhitungkan.. soalny kalau masih pembukaan dibawah 5 biasany sama rs dsruh pulang lagi, kebayang ga bunda masih pembukaan 3 udh mulai kerasa mules2 trus dsruh bolak balik. kecuali kalau dri rumah udh KPD mgkn itu bisa ditangani di rs. apalagi kalau bundany belum sama sekali prnah kontrol ke rs yg dituju. mnrut hemat saya bunda melahirkan ditmpat terdekat aja, misal diklinik bidan atau puskesmas terdekat.

Baca lagi
5mo ago

insya allah lahiran normal bun, milih rs itu krn dekat dg rumah org tua saya (btw saya tinggal sama mertua, pgn bgt lahiran di temenin saya ibu). kayaknya di daerah saya klinik&puskesmas nya kl mau lahiran nggak tercover bpjs bun. doakan aja semoga bs lahiran normal & lancar.

saya jga nnti lahiran di Hermina Banyumanik bun, kata bidan saya klo mau lahiran di rumah sakit cover BPJS pembukaannya hrus diatas 4 dulu baru bisa masuk IGD. klo dibawah itu pasti disuruh pulang dulu. lahiran di Hermina bisa tanpa rujukan Bun, yg penting BPJSnya aktif dan gk ada masalah diBPJSnya. klo bisa kontrol dulu pertma kali ke Hermina, biar data bunda sudah ada di sana. jdi pas lahiran nnti gk ribet ngurus2 data. setau saya sekali kontrol USG tanpa cetak bayarnya 200rb, tpi klo ada rujukan gratis

Baca lagi
4mo ago

tapi klo untuk priksa2 di RS gk bisa tanpa rujukan, kecuali lahiran bsa kecover BPJS

Haloo bund.. Waktu menjelang sehari hpl aku rembes trus periksa ke puskesmas dan disuruh emergency ke RS yg dituju(Aku milih Hermina). Setelah sampai di hermina keesokan harinya jam 7 pagi di SC . Dan jam 6 sore rawat inap. Selama di hermina Solo (bawa baju bayi, popok, dan minyak telon, tisu dll) 3 hari 4 malam. Bayar 130rb (bayar buku + cek pendengaran bayi) . Aku bpjs kelas 2 beda faskes. Tapi ada surat rujuk dari puskes jadi emergency.

Baca lagi
5mo ago

terimakasih banyak yaaa bunda sdh sharing, semoga bs lahiran normal dan lancar semuanyaa

saya ini tinggal di ungaran jg mbak, rencana lahiran di rsup kariadi atas rekomendasi dokter obgyn yg biasa saya kontrol, kebetulan beliau kerja nya disana .. kata dokter saya tdk ada biaya sih yaa, semua full bpjs dan tdk ada juga disuruh upgrade kelas dll kecuali kemauan kita .. coba bunda dtg dlu ke rs hermina trus tanya² di bagian pendaftaran gmna alurnya, supaya nanti ada gambaran ..

Baca lagi
4mo ago

InsyaAllah normal mbak

tanya dulu mam ke RS nya,apa mengcover lahiran normal apa engga soalnya dtmpat sy,klo lahiran normal walwapn msuk igd ga bs dcover bpjs jd mnding pastiin dulu trus enaknya sih pernah cek ke obgyn di RS tsb,jd ada rekam medik nya dan tau mw sm dokter siapa pas ditanya saat di igd semoga lancar persalinannya ya

Baca lagi

kan udah dicover sama bpjs bun mungkin biaya tambahn cuma beli kendi buat tempat plasenta aja bun sama underpad

Ga ada biaya tambahan selama ga ada tindakan tambahan atau naik kelas.