Mau tanya dong bun

Bunda² hamil ada yg rutin periksa ke dokter ga setiap bulan'a dan apakah disetiap 1bln sex periksa hrs USG atau hanya periksa sprti biasa kita kebidan sprti dgr djj nya? Dan apakah ikut posyandu itu diharuskan bagi ibu hamil

47 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Sebetulnya kt bs menyesuaikan dgn kemampuan finansial masing masing kok bun (menurutku ya). Misalkan ada dana buat usg tiap bulan ya lebih baik, terutama buat yg ada history kehamilan sebelumnya yaa. Kebetulan aku usia kepala 3, kehamilan pertama keguguran di tm 1 jadi saat hamil kedua ini aku sering usg apalagi di masa tm 1 karena itu waktu rawan menurutku. Denger djj itu tanda bayinya hidup dan sehat, tp makin banyak belajar jadi tau ga cuma djj aja tapi berat janin, panjang janin, kelengkapan organ kan baru bs di cek di tm 2. Jadi sebetulnya indikator kesehatan kehamilan agak banyak yaa. Biar hemat, setelah di resepin vit sm dokter aku lanjut beli online dr official apotek. Kalau ada keluhan aku ke spog di rs, tp kalo cm buat kontrol rutin aja aku ke klinik biasa meski dokter ga enak pokoknya bs usg. Posyandu ini cocok buat ibu hamil yg berdomisili tetap (kebetulan aku ngontrak jd ga ke posyandu karena lahirannya jg nanti ga di kota ini)

Baca lagi

saya sbagai new mom. awal hamil ke dokter bun usg+vitamin habis 500 ribu. bulan depan nya suruh balik lagi ama dr kandungan nya. saya balik lagi lah di usg lagi+vitamin. setelah ngobrol2 dngan yg berpengalaman. katanya ke dokter seperlunya aja kalo ada keluhan jangan tiap bulan kecuali uang kita banyak 😁 pas bulan ke 3 saya ke bidan aja cek dtak jantung dan vitamin cuma 50 rbu, bulan ke 4 saya di suruh ikutan posyandu gratiss periksa dan ttd, jadi skarang saya ke dokter paling tiap trimester aja bun. ke bidan juga ga tiap bulan.. kalo sekarang udah trimester 3 sebulan 2x cek ke bidan dan posyandu ga ada salahnya periksa gratiss.ke dokter paling nanti pas mau mendekati hpl untuk memastikan dan usg apakah bisa lahiran normal apakah plasenta dan ari2 tidak menghalangi jalan lahir.. skrng sya fokus yoga dan latihan nafas seminggu 1x di bidan bun.

Baca lagi
2y ago

oke makasih infonya mom, sehat selalu

VIP Member

Posyandu yg menyelenggarakan biasanya desa masing2 bund, ga harus dtg/ikut ke posyandu sih bund, tp lumayan klo ada posyandu, bisa ikut cek kehamilan gratis, apalagi klo ada bidan'nya.. Klo ke dokter sp kandungan yg rutin tiap bulan, bumil2 pd mau USG rutin tiap bulan krna emang penasaran pengin tau perkembangan janinnya, dan dokter spog juga ukur2 janin'nya via USG, termasuk untuk mendengarkan djj jg.. tp misal bunda ga mau USG tiap bulan jg gpp, yg penting selama kehamilan normal dan sehat dianjurkan minimal melakukan USG 4x bund.. Klo misal gamau USG tiap bulan, bunda selingi aja kontrol rutin tiap bulan ke bidan, dan klo mau USG kontrol ke dokter spog brpa bulan sekali gituu.. Tp klo mau lahiran di dokter spog ya mending kontrol tiap bulan k dokter bund. 🙂

Baca lagi
VIP Member

kalau bisa periksa kesemuanya bun. sebelum uk 12 minggu USG ke dokter untuk memastikan hamil (terlihat kantong kehamilan dan DJJ janin) pertama kali selanjutnya periksa ke bidan setiap bulan, jika ada posyandu setiap bulan ikutlah bunda kan lumayan gratis jika ingin mengetahui Jenis kelamin bayi bunda bisa USG di usia kehamilan 20minggu nanti menjelang lahiran USG lagi usia kehamilan 36 minggu jika sudah HPL namun belum lahir USG lagi bunda kedokter ga wajib sebulan sekali namun kita wajib periksa kehamilan sebulan sekali serta 2 minggu sekali menjelang persalinan. paling penting vitaminnya harus diminum setiap hari gitu bun. kalau saya pribadi sebulan sekali ke dokter juga kebidan jadi periksanya 2 minggu sekali.

Baca lagi
2y ago

saya 36w usg 4d udh gbs liat jelas bun, soalnya bayinya udh gedee, cmn bisa liat telinga sm sebelah muka aja

aku yg newmom dan kebetulan ekonomi pas²an awal hamil aku ke bidan bund buat mastiin hamil dan nggaknya, dikasih buku KIA juga dan vitamin seperlunya. bidan nyaranin USG dan aku USG ke dokter di trimester 1 untuk memastikan ada janin, alhamdulillah ada. karena aku minum folamil, jadi dokter ngasih obat lain. bulan depannya aku ke bidan lagi tapi bidan nyaranin mending ikut posyandu aja meskipun beda obat tapi pelayanan sama. jadi aku memutuskan tiap bulan posyandu bayar 5rb, dikasih ttd sama kalsium dan aku masih minum folamil genio. tm 2 aku usg lagi di usia 25w, dan tm 3 aku usg lagi di usia 35w. ke dokter cuma 3x bund, sisanya aku posyandu, kalo disini wajib.

Baca lagi
VIP Member

saya dari awal hamil slalu rutin sebulan skali priksa ke dokter kandungan bund. pertama priksa di usia kehamilan 7 minggu. dan di dokter kandungan itu kita otomatis di USG krn dokter memeriksa kondisi janin kita nyata secara visual, tidak hanya di raba sprti di bidan. sebenernya tidak harus sebulan sekali. bisa 2 bulan sekali juga. asal kalau ada keluhan langsung segera ke dokter, misal pendarahan. dan juga manfaatnya ke dokter kita bisa konsultasi soal kehamilan kita, sprti vitamin yg diperlukan itu apa, kita bisa beli sendiri di apotik. ke posyandu gak harus kok bund. yg penting itu malah ke dokter kandungan dan minum vitamin yg di resepkan dokter.

Baca lagi

Pengalaman anak pertama saya tiap bulan rutin kontrol kandungan, di tm 3 kontrol lebih sering 2 minggu sekali. Usg vitamin rutin ga pernah skip. Kalo posyandu saya cuma ikut sekali buat suntik TT diluar itu ga pernah samasekali. Buat saya pribadi sih kontrol rutin itu penting bu, kadang memang kita gak ngerasain keluhan apa2 tp ternyata ketuban kurang, bbj kurang dsb makanya rajin kontrol. Waktu itu pas puasa saya udah masuk 9 bulan gaada keluhan apa2 saya lanjut puasa tp pas kontrol ternyata bbj kurang dan diminta stop puasa dulu. Padahal gaada keluhan apa2. Itusih pentingnya kontrol menurut saya.

Baca lagi
VIP Member

Aku sendiri kontrol dokter (USG), ke posyandu ya ke puskemas jg bun.. USG TM 1 Uk 6w cek kantong, uk 10w cek ada janin+DJJ TM 2 : 1x cek organ+gender+plasenta+ketuban TM 3 : msh blm tau, tp dokter saranin 2x (awal & akhir TM 3) Aku ikut posyandu karna enaknya didata, jd sering ada kegiatan kelas ibu hamil, dpt vitamin gratis, cek DJJ+posisi janin tiap bulan🙏🏻 Boleh bantu isi kuisioner bun untuk penelitian suami🙏🏻 https://my.forms.app/form/637f012db200f15a82c38d70 Terima kasih banyak sebelumnya 🤗

Baca lagi

hamil 6bulan baru 2kali ke SPOG, itupun karena ada rujukan, masa rujukan habis ya gabisa ke Obgyn lagi, agak sedih sih gabisa liat debay di layar lagi, secara kalo USG mandiri biayanya lumayan sedangkan lg banyak pengeluaran & sepi pemasukan. Ga puas bgt periksa di bidan, karena pas diperiksa sakit bgt pas diraba nya 😟 Semoga aku bisa secepatnya USG lg ke Obgyn aamiin jd saranku sebaiknya jika emg keuangan nya ada, sebaiknya rutin USG bun agar keadaan baby, ketuban, plasenta dll bisa lebih terpantau bun :)

Baca lagi
2y ago

amiin smga kita semua yg sedang mengandung dsni sllu dilimpahkan rejeki SM allah

ga harus tiap bulan bund ke dokter kandungan, setidaknya 1 kali selama kehamilan. dan untuk USG jika menggunakan BPJS itu hanya 4 kali yaitu tm 1 dan 2 dan 2 kali tm 3 tapi jika bunda USG mandiri boleh di lakukan setiap bulan. saya selama kehamilan periksa ke dokter kandungan hanya 2 kali itupun di tm 3 saat menjelang persalinan untuk tau kondisi janin, ketuban dan placenta dan juga untuk konsultasi prosedur persalinan apa nantinya jadi ga kaget kalau misalkan harus operasi karena kondisi tertentu

Baca lagi