Balita sakit gigi

Bunda, gigi graham kakak (umur 3th8bln) berlubang dan kalau malam suka sakit. Kalau dicabut bahaya gak ya? #seriusnanya

15 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Untuk kasus ini hanya bisa di rawat dan di bersihkan bun tidak dicabut dulu, periksakan gigi ke dokter gigi ya bun, di puskesmas ada poli gigi jd untuk budget dokter ada solusi ya minim budget kalau ke puskesmas atau bs ke posyandu. Sakit gigi pemicu utamanya adl kebersihan gigi, gigi anak dpt berlubang karena gigi susu adl gigi sementara lapisan emanel gigi susu lebih tipis drpd gigi permanen. Maka yg ibu harus perhatikan selain kebersihan gigi adl asupan makanan, apa yg masuk kedalam mulut? Jgn berikan makanan kemasan, seperti permen, coklat, snack (ciki) 😌. Asupan gizinya bagaimana? Susu, keju, zat arang, sayuran, protein nya bagaimana? Jgn perkenalkan racun kepada anak (ciki, permen, makanan kemasan yg ada di warung) knp saya bilang racun nilai gizi tidak ada tp menyebabkan sakit iya. Seringkali denger anak saya ga mau makan sayur dok, lalu makan cimol di perkenalkan? Makan gulali dikasih? Balita itu tidak tau apapun dia kertas putih tanpa diperkenalkan tdk mgkn dia tau sendiri tanpa ada yg kasih ke dia. Sebagai ibu jgn memberi contoh jajan sembarangan ngemillah yg sehat krn anak adl peniru terhebat di dunia, dia adl cerminmu. Ibu yg tidak pernah jajan cimol, jajan seblak, jajan ciki anaknya jg ga akan makan seperti itu.

Baca lagi
VIP Member

Hallo bunda kebetulan saya dokter gigi Usia 3th 8bulan berarti masih gigi susu Dan biasanya berganti dg gigi permanen di usia 9-10 th Jadi masih lama masa pergantiannya bunda Utk penanganan awal jika sakit boleh diberi obat paracetamol sirup utk anak2 Utk tindakan selanjutnya sebaiknya dilakukan perawatan saluran akar utk anak2 Mesti dibawa k praktek dokter gigi tp haris di kasih tau dan eduksi anaknya dlu Karna pasti si anak bakal takut Jd utk awal pengenalan dlu d dokter gigi Klo udah nyaman dan si anak berani baru deh bisa tindakan

Baca lagi
2y ago

Ok bunda kontrol terus gigi anaknya ya bun

dulu anak saya umur 4thn jg berlubang dan sering sakit bun, ke dokter gigi gk boleh di cabut krn mskpn itu masih gigi susu dan akan tumbuh lg, tp masih lama bun tumbuhnya, nanti umur 7 ke atas jd katanya malah kasian, alhasil ya cuma di bersihkan lubangnya dan di kasih paracetamol aja, tp coba aja konsul dlu mngkn ada solusi lain, di tambal gitu misalkan..

Baca lagi

anak saya prnh sakit gigi usia sgtu, sampe bengkak pipi,, diminumin paracetalmol aja.. alhamdulillah.. gigi anak saya pada berlubang krn makan di emut plus sufor .. jd saya lbh cering cek giginya jgn smp ada makanan tersisa dan ada semprotan yg buat mengurangi bakteri mulut rasaa abggur gt..

2y ago

ini.. dipake abis sikat gigi

Post reply image
VIP Member

bantu jawab ya bun, biasanya untuk anak2 tidak dianjurkan untuk dicabut bun..krn anak2 msh dapat tahap belajar makan yg masih dibantu mengunyah dg gigi geraham. paling disuruh tambal aja bun, untuk treatmentnya harus sering gosok gigi apalagi sebelum tidur malam ya bun.

VIP Member

kalo masih dibawah 5thn gak boleh dicabut ya bund. bahaya katanya, kalo misal ke dokter langsung pun pasti tidak diperbolehkan. sering² aja sikat gini biar kumannya ilang dan selalu jaga pola makan supaya gigi gak sakit. biasanya yg bikin tambah sakit itu manis²an.

ditambal. nanti ga sakit. ke dokter gigi, biayanya sekitar 200-400rb tiap tindakan tambal. tapi anak jadi nyaman makan dan tidur

langsung konsul ke dokter gigi bun biar segera ditanganin. posisinya itu gigi susu jd kayaknya dicabut sih

yg bisa nentuin dokter gigi langsung bun. segera bawa aja dedenya

Duh kurang paham jg si bun, lngsung bawa ke dr.gigi aja bun