Share pengalaman SC nya dong bund 🙏🏻

Bunda2 yg pernah lahiran SC boleh sharing pengalamannya gak ya? kyk sakit apa gak pas disuntik punggungnya, pasang kateter dll. Trus ada tips tips gak kalo mau SC harus ngapain dll? Lgi overthinking bgt soal lahiran, pengen lahiran normal tapi punya ambien lumayan besar dan ortu sm suami nyuruh SC eracs aja #pleasehelp #ingintahu #firstmom #shareinfo

52 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

SC pertama sakit senud² banget dalam 24 jam pertama miring kiri kanan + duduk besoknya suruh jalan, besoknya lagi langsung urus berkas buat pulang enakan pas 2 minggu, walaupun kalo buat jalan / ketawa perutnya serasa kosong gimana gitu 😅 SC kedua, baru 2 bulan lalu bisa dikatakan bener² gak kerasa sama sekali, pdhl bukan eracs jadi bekas SC'nya sama sekali gak sakit, tapi tiap berapa menit sekali bekasnya sakit kayak kram gitu, paling semenit doang, habis itu ilang biasa lagi gak sakit, terus selang berapa menit kram lagi gitu selesai SC masuk ke ruangan jam 18.10 jam 22.00an aku udah miring kanan kiri, paginya bisa angkat pantat geser² 😅 jam 8.20 pagi udah bisa duduk krn bosen rebahan terus tulang ekornya pegel, nah pas visit dokter berhubung dia liat aku udah duduk aja langsung hari itu suruh lepas catheter + infus jam 14.30 copot selang catheter + infus jam 17.00an udah jalan ke kamar mandi malah udah jalan sendiri tanpa harus dipegangin jujur saya juga heran yah dua kali SC pake BPJS semua, cuma sakitnya beda jauh, lebih enak yg kedua ohya, mbak untuk pasang selang pipis mending pas udah dibius aja, saya request begitu,, alhamdulillah bisa 😆 jangan sampe deh pasang selang pipisnya sebelum di bius, rasanya gak enak banget, bikin trauma

Baca lagi

nggak sesakit yg digambarkan orang-orang kok bun . bagiku yg paling sakit tuh malah waktu suntik tes alergi yg di lengan , beeeehhh . gausah takut bun , aku SC juga dengan pasang kateter sebelum bius , rasanya kaya anyang-anyangan , apalagi pas pasang tuh aku sebenernya kebelet pipis , ga sakit sebenernya cuma risih aja , kalo dikeluarin pipisnya bocor , jadi ditahan biar ngalir sendiri ke selangnya dan itu rasanya kaya kita ngempet pipis yg udah kebelet banget . suntik bius di punggung juga ga sakit banget kok , karena udah bercampur rasa ga nyaman karena selang kateter , perut kontraksi karena sempet induksi 2 kali . yg PR sebenernya pemulihan pasca SC , kalo ga bener dari segi makan dan aktifitas bisa berujung infeksi kaya akuu . huhuuu dan itu sakiiitt banget , apalagi pas masukin suntik antibiotiknya , itu sakit banget di tangan sampe mau jerit tiap kali di suntik , 1 hari 3 kali dan ada 2 macam antibiotik , yg suntik diinfus dan yg kantong masuk lewat infus juga .

Baca lagi

kl sy sih lebih sakit pasang infus sm kl lg macet waduh sakit bngt it bun d banding suntik anastesi. pengalaman kmren abis suntik anastesi sdah mulai kerja sc sdah mulai berjalan kepala sy pusing awal ny depan pindah ke belakang smpe jd pusing semua smpe op selesai mash pusing smpe pindah ke ruang perawatan msh pusing gak bs gerakin kepala bun, kl noleh kiri atw kanan aj langsung mual muntah op jam 13an br bs gerak pagi jam 6an sbelm ny cm bs baring gak bs belajar miring kiri kanan, besok pagi ny alhamdulilah sdah bisa jlan tnpa belajar miring kiri kanan tp kateter blom lepas krna sy msh pusing bun. kaki jd bengkak awal ny gak smpe pulang kerumah msh bengkak kemeng. abis lepas kateter mau pipis sakit bun awal2 keluar gak eh pas akhir ad terasa sakit ny, it lmyan lama hilang smpe kontrol seminggu msh blm ilang kt dokter normal tp emng lama2 ilang. trus kl bersin batuk lmayan mengganggu y bun d bekas op ny kyak nyeri gtu.

Baca lagi

awalnya aku mikir suntik biys tuh sakit banget ktanya smpe ke tulang, tapi setelah saya menjalani sendiri ya ternyata gak sesakit yg orang" cerita, kaya semacam suntik imunisasi dulu wktu masih sekolah. cuma ya sakitnya pas pasang kateter aja sih sakitnya emang bener" sakit krna pasangnya sebelum kita di anestesi, kalo udah masuk ruang OP jantung udah mulai dag dig dug krna suami gak boleh masuk nemenin jadi murni cuma ada saya dan petugas OP aja, badan cuma terbalut selembar kain dg suhu ruang yang super dingin bikin menggigil bun. tapi setelah denger tangisan dede bayi rasanya semua sakit nya hilang tumbuhlah bahagia.. dramanya justru dimulai setelah SC, ketika udah disuruh belajar miring kanan kiri, belajar duduk dan belajar jalan itu kerasa banget sakitnya, tapi gapp bun buat pengalaman yang penting kitanya nurut rutin minum obat.. semangat yaa bunda, semoga proses SC nya nanti lancar dan dede bayinya sehat

Baca lagi

saya nov lalu SC jg bun.. awalnya jg saya kepikiran terus menjelang lahiran, tp sampai hari h semuanya berjalan gtu aja.. hilang rasa takutnya dan suntik punggung itu tidak semenakutkan yg diceritain orng2 bun aku jg awalnya mikirin suntikan punggung itu sakitnya luar biasa karna banyak dengar cerita orng2.. pas dijalanin aman sentosa.. tidak merasakan apa2.. dan untuk kateter sya dipasang sebelom anastesi.. itu sakitnya luar biasa bun.. itu saya sampai mau nangis dan awal2 mau pipis gk bisa ya ngerasa ganjel, dan itu yg dimasukin lumayan panjang, btw selangnya agak gede dari pd selang infusan ya 😂dan pas lepas kateter jg lumayanlah ya kerasanya wkwk awal2 pipis ke kamar mandi sakitnya minta ampun gk berani pipis rasanya.. kyk ketahan gt pipisnya dan saya setiap pipis sampe mau nangis 😂 tp semua terbayarkan ya kalo udah liat muka anak

Baca lagi

sy 2x sc tp alhamdulillahnya ya menurut sy sc ga semenyeramkan yg selama ini beredar kok. sy pas lahiran pertama krn udh ngerasain sampai pembukaan 10 dan akhirnya harus di sc jd ga berasa sakit gimana2 krn udh kebal kali ya sakit kontraksi sampe pembukaan 10 sampe abis tenaga 😅 baru berasanya ya pas efek biusnya habis. tp pemulihan yg pertama jg ga terlalu lama kok yg penting asal dokter udh bilang boleh begini boleh bgitu ya kita paksain aja banyakin gerak. pas lahiran kedua yg lmyn berasa entah krn pakai bpjs atau gimana ya wkwkwk tp lebih terasa sakitnya pas pemulihan,tp yah alhamdulillah ttp ga semenyeramkan cerita2 yg beredar kok bun. relaks aja.... dan kalau pas suntik spinal mmng sakit tp yaa ky suntik biasa lah cekit pas lg di injeksinya aja,ga sesakit suntik cek alergi yg di bawah permukaan kulit itu loh

Baca lagi

aku sc anak kedua, menurutku tergantung rumah sakit deh, anak pertama sc di RSUD jaman covid nah luar biasa bgt itu stressnya dan jrg dikasih tau kl hrs ini itu, kl sc kedua ku di RS Sil*am simatupang sumpah enjoooy bgt ya kl sakit tergantung kadar tiap org bs nerima sakitnya ky apa.. selama suntik bius aku fine, kateter pun ga berasa, pasang infus pun sekali tusuk kl dulu mah ya Allah 8x uji coba tusuk sana sini, trs epidural awalnya aja si ky digigit semut merah kynya ya, ku ga kedinginan karna dikasih penghangat di tangan kanan kirinya, selama op ku karaokean dan ngbrol bareng sm dokternya, after sc luar biasa hari pertama ku udh bs duduk pdhl bukan eracs, hari kedua udh bs jalan wkwk kl anak pertama br bs duduk hari kedua yaa beda rs beda pengobatan si pokoknya the best bgt lah ga bikin parno

Baca lagi

klo dibyangin ma ngeri Bun, tkut. tp klo udh wktunya mnjelang SC, y udh psrah, dd bayinya jg kn udh MW kluar, ywdh bismillah ajaa.. berani dgn sndrinya bund. kynya sih PS suntik ya biasa aja, cuma udhannya sih yg sakit bngeeetttttt😅 apalagi prtma dbuat miring. msyaallah luar biasa,, MW jln pun bungkuk.. sy hbis SC K2, sy pikir mw meninggal bund, skitnya luar biasa, smpe pucet trs, mnggigil trs, krna pendarahan juga mungkin, hbis lhiran itu pendrahan sy bun cma dkternya gk ngsih tau, dksih tau pas MW plg. tpi alhamdulilah msih dksih hdup smpe skrg🤲 tpi ya sudah bund nikmati aja krna mmang lhiran kn prtruhannya hidup dan mati. gtw klo yg eracs skrg, msih nnti bln april.. semngat Bun... bgaimanapun proses melahirkannya ttep ibu yg hebat..

Baca lagi
3mo ago

apalagi mau batuk sama bersin behhhh mantepp bgt sakit nyaa

Sakitnya pas pasang kateter bun. Waktu itu saya gatau kalo pasang kateter bisa pas uda dibius huff jd ga request. Kalo suntik biusnya menurut aku ga sakit. Pas hbs disuntik area suntikannya di pegang sm dokter anastesi berasa kesetrum,tp g sakit. Disuruh itung 1-10, di hitungan ke 7 atau 8an uda mati rasa gabisa angkt kaki. Pas sc ak puasa cmn 3 jaman. Jd pas operasi berlangsung agak mual. Akhirnya ditidurin sm dokter anastesinya, jd ak cmn liat anak ak keluar dr perut. Setelah itu ak tidur sampe operasinya selesai. Bangun grgr di pindah dr meja operasi ke kasur pemulihan. Diruang pemulihan tidur sejaman. Trs kalo dah bisa gerak ke kanan kiri dipindahin ke ruang rawat inap. Ak pake eracs, pemulihannya cepet. Lepas kateternya jg cepet.

Baca lagi
VIP Member

Aku sc udah 2x & aku selalu mngatakan kediriku untuk jgn diingat & lupakan rasa sakitnya.Kalau kita mengikuti sesuai instruksi perawat & dokter yg mulai memasang kateter,infus,antastesi sampai tindakan sc selesia.Kita akan meringakan rasa sakit itu sendiri.Walaupun batas rasa sakit org beragam namun kita sebagai wanita yg melahirkan mw normal/sc tetap merasakan rasa sakit itu. Pesan ibuku saat pertama x sc jgn pernah bayangkan rasa sakit & pemulihannya.Yg melewati masa2 sprt ini bukan kita saja semua wanita mengalaminya.Kalaupun kita takut dgn rasa sakitnya namun kita tdk pernah takut untuk hami lg.Nikmati prosesnya & bersyukur krn berhasil melawatinya.

Baca lagi