akte kelahiran tanpa surat nikah

Bunda2 minta tolong infonya, disini ada yg pernah ngurus akte tanpa surat nikah kah? Itu apa bisa ya, anaknya skrg udah 16bulan blm punya akte. Jangan di bully ya bun , makasih buat yg mau bantu jawab 🙏🙏

33 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Mnding nikah scra negara ja dlu bun bru bkin kk n akte y krn skrg yg nikah sirih trs hmil mlhirkan dan kdua ortu y blom nikah scra hukum ith nanti otomatis tgl dr nikah negara dan tgl. Lhir ank psti lbih tua tgl. Lhir ank dan nnti di akte y hnya trlampir ank dr seorg IBU gk. Ada nma ayah y, ksian ank y bun klo sdh besar rzeki y bgus mau msuk. Kuliah or kpolisiaan kta y gk di trima krn dikira hmil dluan, sya tau bgni krn ketua KUA y paman saya, klopun bunda mau tgl nikah y ssuai pas tgl. Waktu nikah sirih ith ribet hrus sidang isbat bolak balik ke pngadilan agama 🙏

Baca lagi
2y ago

Iya bun. , Saya cuma bantu ponakan bun . Kakak saya (cowo)emang batu dibilanginnya. Nurutin ego doang tp ga mikir masa depan si jabang bayi gimana. Si cewenya juga susah dibilangin, mana jauh orang aceh si ceweknya ini. Dulu pas ke jawa alesannya diusir sama ibunya gr2 masalah sama suaminya. Dia udah nikah tapi blm ngurus cerai, trus pacaran sama kakakku. Awalnya lewat kenal fb katanya. Trus Katanya di aceh juga ga ada yg bantu urus surat2. Kami pun juga bukan orang mampu, susah juga kalo mau bolak balik aceh uang gak sedikit. Skrg cuma bisa berdoa biar dikasih jalan terang sama yg maha Kuasa. Maap ya bun morat marit nulisnya, soalnya saya bingung mau mulai crita darimana, cuma kasian sama ponakan.

Bismillah, bisa bun, sy ngurusi punya sepupu sy nikah siri pgn punya akte anaknya. Pakai KK keluarga dan surat ket lahir dr bidan yg ada cap kaki nya. Lalu diurus ke kecamatan. Sebelumnya minta suket dulu ke RT. Oya tapi ga ada nama ayah nya ya bun, jd status nya kepala keluarga juga nt bunda sendiri sambil buat KK baru. Karena statusnya sudah janda.

Baca lagi

Coba caritauu cara bikin SPTJM perkawinan bun itu syarat syaratnya bikin akteu nya + sertai SPTJM nya bunda coba caritau bikin surat sptjm itu oke soalnya td aku liat di apk disduk capil daerah ku buat anak yang "orgtuanya ga lengkap" bsa bikin akteu cmn nnti di akteu nya gaakn ada nama ayahnya paling cmn nama ibunya sajaa :) semangat bundaa

Baca lagi
Post reply image
VIP Member

BISA bu tapi jadi AKTE IBU yaaa jadi tidak ada nama bapak, modelannya sama persis kok🥰 tenang aja, capil gak galak kok sama ibu tunggal. Mereka bisa bantu❤ bisa di googling syarat2nua atau hub. Capil terdekat yaa Sebaiknya diurus cepat karena bakalan butuh buat urusan birokrasi. Seperti KK, KIA, kalau mau asuransi dll 💪

Baca lagi
2y ago

Makasih banyak bunda2 yg udah bantu jawab , sending virtual hug buat bunda2 yg baik2 hatinya 🤗🤗❤️

Setau saya bisa. Tp nanti gaada nama bapaknya di akte. Cuman saya gatau caranya, karena yang urus paksu.. maapkuen kurang membantu🙏 Tapi yang pasti butuh surat keterangan lahir dari rs/bidan deh kayaknya. Soalnya anak ku pas bikin akte butuh surat keterangan lahir, kk ortu, surat nikah

Baca lagi
VIP Member

klo waktu dulu saya bun pas ngurus akte tanpa surat nikah. soalnya pas ortu cerai surat nikahnya di minta sma penguhulu klo dlu namanya lebe nah ortu main kasih" aja pdhl akunya blm punya akte. tapi pas mo bikin akte alhamdulillah bisa bun. nama ortu jga tercantum semua.

Anak tiri saya, udah 5 tahun baru mau bikin akte. Soalnya dulu nikah sama suami saya cuma siri. Terus mantan istri suami saya minta fotokopi ktp suami saya. Katanya buat bikin akte. Ga tau deh kelanjutannya gimana. Saya juga penasaran. Ada nama ayahnya ga di akte itu.

Tetangga saya bahkan hampir semua di kampung saya menikah dini dan ngurus akte anak pas nanti sudah masuk usia nikah terus nikah di KUA. Baru bikin akte. Tapi gak tau ya proses selanjutnya gimana. Ada sih yg pake jasa gitu istilahnya nembak

Saya kemarin buat akte harus ada surat lahir dari rumah sakit, kartu keluarga juga, buku nikah juga di foto kopi. Gatau kalau ga ada mah bun. Kalau single mungkin bisa dipermudah, kalau ada suami tp ga ada surat nikah gatau tuh bun

Baca lagi
VIP Member

Bisa bund, syarat utamanya 1. surat keterangan lahir dr bidan atau RS pas lahiran 2. KK bawa FC dan Aslinya 3. KTP ibu bawa semua yg asli beserta FC Jika masih dalam masa divorce bilang di kelurahan

Baca lagi