Ketahanan ASI

Bunda-bunda cantik... Saya mau tanya, saya kan sering pumping karena mau mengajari anak saya untuk minum lewat botol ketika nanti saya bekerja. Nah, pertanyaan saya, saya cuma punya kulkas 1 pintu, dan ASI hasil pumping saya, saya taruh di bawah freezer (karena freezer isinya daging dan ikan), serta keadaannya tidak bisa beku sepenuhnya, kira-kira bisa tahan berapa lama ya bun? Bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan ASI? Soalnya saya sudah beberapa kali membuang ASI (hampir 2 liter) ?? karena mama bilang sudah basi, padahal baru 1 minggu ??

9 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Bun, klo produksi asi’nya lancar dan banyak baiknya sewa freezer aja jd asip bisa tahan smp 1thn. Klo di kulkas dgn suhu 0-4 derajat bs tahan 3-8hr tp simpannya di bagian belakang kulkas yg paling dingin. Usahakan jgn simpan bersama makanan lain sperti daging2an. Klo simpan di freezer kulkas 2 pintu, bs tahan smp 3bln. Tp freezernya khusus asip aja y, jgn campur makanan lain.

Baca lagi
6y ago

Ada yg 4 rak bun, klo sy punya yg 6 rak. Bnyak merek, bisa sewa atau bli yg second skitar 1,5jt utk freezer 4 rak.

sebaiknya menggunakan kulkas 2 pintu, yg atas khusus utk asi (jangan dicampur daging/yg berbau), tujuannya agar tidak buka tutup pintu shg ketahanan asi beku tetap terjaga. diturunkan kalau mau dipakai.

kalau dibawah freezer cuma sampai 3 sampai 4 hr bunda. itu jg nyimpennya usahain diwadah khus ASIP ya bun. bunda bisa googling utk ASIP bun.

Lbh lengkapnya, bunda bisa liat panduan ini.

Post reply image

Terima kasih atas jawabannya bunda bunda cantikk semuanya ❤️❤️❤️

5y ago

Sewa freezer aj bun khusus asi.. Skrg byk ko.. Cari d ig

kalo dikulkas itu maks 2hari mom. frezer kurleb 5-6bln

kalau di bawah frezer hanya 5 hari bun..

VIP Member

kalau tdk di freezer tahan 4hari mom

ngak bs lama2 kl dbawah