nafkah

Bund mau nanya apakah nafkah yg diberi suami untuk kita itu uangnya dipakai untuk berdua atau untuk kita aja ya?? Semisal beli baju dan sgala macam selain untuk makan dirumah itu pakai uang yg di kasih ke kita jg ? Saya bingung mau marah gabisa, krna kalo pakai uang yg dikasih ke saya semua buat keperluan berdua ya mana cukup kan, suami gapernah ngerti keperluan istrinya? kalo saya beli keperluan untuk saya sendiri dibilang boros padahal itu kan hak saya ya Bund. Mungkin ada yg lebih tau tentang pembahasan nafkah ini?? Terimakasih bunda salam kenal

67 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kalo yang dikasih ke bunda udah semua uang yang suami punya, ya berarti semua uang itu dipakai berdua dong Bun.. mau cukup mau kurang ya sbg istri harus pinter" muterin duitnya.. Kalo uang yang dikasih ke bunda cuma sebagian dari uang suami, dan sebagian lagi dipegang suami ya berarti uang yang udah sama bunda dipake untuk keperluan bunda dan bulanan rumah tangga. Buat ongkos suami ya pake duit yang disuami.. bunda bebas pakai uang buat beli kebutuhan bunda selama urusan kaya makan listrik air gtu udah terpenuhi. Menurut aku sih gtu..

Baca lagi
5y ago

setuju bun

Kl saya karna tidak bekerja jd kebutuhan semua dr suami. Kami pegang berdua. Suami kasih jatah bulanan untuk makan& keperluan rumah tangga. Kl saya butuh untuk keperluan saya, saya minta ijin dlu ke suami dan diskusi mau pake uang bulanan yg dikasih ke saya atau dr dia. Alhamdulillah ga pernah cekcok masalah uang bun. Suami jg kl mau pake uang untuk keluarga dia (ortu&adiknya) ya terserah dia, saya ga pernah larang mau seberapa besarnya jg. Tp kl untuk keperluan keluarga saya (ortu saya) ya saya minta ijin.

Baca lagi

kalau saya gak mau puyeng bun, biar suami yg pegang uang bwt belanja sgala kebetulan baru punya bayi yg mpasi jd dya yg blanja smua tinggal saya list, gtu jg makan kebetulan saya gak bs masak jd order (drmh saya jauh k tmpat beli makanan🤭) minta isiin aja aplikasi nya dan kalau untuk kebutuhan saya, saya minta aja kalau udh pd abis dan kalau mau belanja, alhamdulillah selama lg ada pasti dibeliin.. tp ttp bun terbuka smua ttg keuangan dan emg biasanya saya yg dsuruh pegang mbanking nya 🤭

Baca lagi

Kalo suami saya ngikutin ajaran dari guru ngaji nya.. Nafkah istri itu untuk kebutuhan pribadi istri sedangkan untuk kebutuhan rumah tangga itu uang belanja.. Makanya setiap bulan uang belanja saya dikasih cash untuk keperluan dapur dan kebutuhan hidup ( urusan perut lah) Kalo uang untuk saya pribadi sih biasa di transfer karna saya udh ga kerja lagi ya itu itung" kaya tabungan saya kalo" saya pengen beli baju n kosmetik GT.. Tapi noted ya Bun,, kalo gaji suami cukup😁😁

Baca lagi

Bicarain aja bun baik2 sama suami. Toh yg penting kebutuham sehari2 tercukupi terus jangan lupa nabung bun, saya terus terang gapernah minta buat dijatah belanja keperluan saya sendiri. Cuma karena uang makan, nabung, kontrakan, bensin udah di bagi2 jadi sisanya buat keprluan lain2. Kalo emang saya butuh banget beli ya saya bilang ke suami mau beli itu boleh gak, terus tanya dulu uang lain2nya masih gak kalo emang gak mencukupi ya saya gak maksain.

Baca lagi

Buat komitmen bund. Uang itu perkara sensitif jadi harus saling terbuka dan perlu kerja sama untuk mengaturnya. Yg saya pelajari sie biasa laki2 ngejudge kita boros krn mereka jarang ikutan belanja bersama taunya cuma makanan itu sudah ada di depan mata. Trus yg kedua alasan gajinya nda dkasikan semua ke istri karena si suami juga punya kebutuhan d luar sana.. Jadi agak minder gtu kan kalau tiap mau beli ini itu harus minta sama istri dlu

Baca lagi
VIP Member

gaji suami saya gak besar bun, setiap gajian dikasi semua ke saya sama slipnya, itu harus dikurangin lagi buat cicilan yg gak bisa ditunda, sisanya ya saya nguras kepala sendiri buat keperluan sehari² bersama, kalau ada lebih ditabung. suami juga gak pernah minta, paling dia gunain uang seseran aja buat bensin dan jajan, itupun kadang dia masih bisa nabung sedikit². cukup atau tidak itu tergantung nominal dan gaya hidup aja bun.

Baca lagi
3y ago

iya bun, kita harus ngerti juga pencaharian suami gimana. kita nikah sama dia berarti kita siap dampingi suka dukanya, intinya harus bersyukur aja. semua suami pasti pengen ngebahagiain istrinya, memenuhi kebutuhan istrinya, tapi karna ekonomi yg tidak memadai, suami bisa apa? bisa kasi makan anak istrinya agar bisa bertahan hidup aja rasanya udah bersyukur banget, buktinya dia bertanggung jawab dan gak biarin kita kelaperan.

kl aq brapapun yg dibrikan suami ya untuk sgala macam kebutuhan bun.. krna sya g pnya pnghasilan sndiri.. cukup g cukup ya diem.. krna mang pnghasilan suami sgitu.. mlah skrg smua ATM suami dikasih ke aq smua smlem.. ktnya pusing ayah lma2 mikirin sndiri uang harian.. biar buat idupin kompor bunda yg atur, ayah tinggal mikir cicilan aj gtu.. yg pnting cukup g cukup syukuri bersma..

Baca lagi

Coba liat d youtube gt bund. Ceramah ustadz ttg pmbahasan nafkah. Kl aq si nafkah dr suami y kita pak sama2. Kl aq butuh ap2 buat kperluan q sndri. ky mau beli baju, tas, sepatu, dll. y minta k suami y pake nafkah itu td. Slm kbutuhan buat makan n buat bayar listrik air cukup ad sisa uang y sruh beli aj. Kl blm cukup y aq d sruh sabar nabung dikit2 buat beli kperluan q sndri.

Baca lagi

Harusnya di omongin bun.. kasian jg pak suami.. aplgi dgn gaji sgtu... Mungkin mksd pak suami bukan boros. Tp lebih utamakan kebutuhan dulu dri pda ke inginan 😁😁.. aplgi bunda sma pak suami kan lg kredit rumah 🤗🤗🤗... Krn sy ngerasain jg kayak gtu.. gaji pas2an.. jd uang yg suami ksih ya itu yg di pke sehari2.. buat makan dll 😊😊😊

Baca lagi