Pemeriksaan Laboratorium

Bund, apakah pada awal kehamilan harus melalui pemeriksaan laboratorium misal pemeriksaan golongan darah dan resus, pemeriksaan TORCH, dll? Apakah sebagai ibu hamil yang meminta pemeriksaan laboratorium atau dokter obyg/bidan yang menyarankan? Selama ini saya ke dokter obyg tapi tak ada saran untuk pemeriksaan laboratorium sejak awal kehamilan. Saya belum pernah ke bidan sama sekali sejak awal kehamilan. UK sekarang 14minggu. Baiknya pemeriksaan laboratorium di UK berapa ya bund? Saya kebingungan sekarang. Kurang arahan.

21 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sy waktu periksa pertama dikasih tau bun apa2 aja yg harus dilakukan, salah satunya cek lab. Nah kebetulan sm faskes 1, sy diminta ke puskesmas jg. Di puskesmas, sy lgsg dikasih paketan pemeriksaan (ada konsul dokter, gizi, gigi dan termasuk cek darah-urine). Sy pertama cek darah-urine as 13w. Di cek awal krn utk screening awal, cek darah-urine nya lengkap bun (ada test HIV, Sipilis, Hepatitis, dll). Smp skrg sy diminta rutin utk cek, tiap 2 bln sekali. Tp yg skrg cek nya cm fokus ke Hb, kadar gula & protein, sama utk memantau ada infeksi/bakteri atau tdk...semoga membantu ya bun..

Baca lagi
5y ago

Iya bun..kebetulan di faskes 1 sy bnyk bidannya bun, jd mungkin mrk lbh care sama bumil..

Biasanya di sarankan periksa oleh dokter kandungan nya bun. Saya tapi pilih perikasanya di puskesmas. Ketika tau awal hamil saya perikasanya di puskesmas. Hasilnya langsung di tulis di buku KIA dan di jepret di bukunya. Cuman ketika Trimester ke 2 dokter kandungan minta saya untuk tes lab lagi karena saya ada riwayat diabetes. Saya tes kedua kalinya juga di puskesmas sekalian pemeriksaan ANC Terpadu (tes lab, konsultasi gizi, periksa bidan, periksa dokter, dan sekaligus periksa gigi). Pemeriksaan lengkap pada ibu hamil namanya ANC Terpadu.

Baca lagi
5y ago

Terimakasih bun masukannya. Ya Allah semoga saya gak telat, atau baik baik aja dedenya :(

Klo untuk tes TORCH biasanya obgyn menyarankan bila bunda memiliki riwayat keguguran berulang bun. Klo tdak mmiliki riwayat itu obgyn jrang menyarankan untuk tes torch. Dan memang mahal untuk biaya tes nya. Tp klo untuk tes urin dan darah untuk pemeriksaan HIV, sifilis, hepatitis, dll itu memang program pemerintah yg memang penting dilakukan ibu hamil dan bisa dilakukan di puskesmas sj.

Baca lagi
5y ago

Klo keguguran yg krna BO atau janin tdak brkembang bun yg biasa disarankan untuk tes TORCH. Iya bun baiknya tes ANC saja di puskesmas biayanya murah dibawah 100rb klo tdak pake bpjd. Tp klo bunda penasaran dan biayanya ada untuk tes TORCH pun ga masalah. Soalnya TORCH klo di lab swasta atau lab RS swasta mahal bisa 3-4jt. Klo di RS pemerintah 1,5-2jt bun..

Yg di wajibkan oleh pemerintah yg biasanya di lakukan ke puskesmas itu ANC terpadu bunda... Tes nya brupa hb.hepatitis.gol darah.hiv.sipilis... protein dan leukosist dlm urin... Itu gratis di puskesmas... Tp klw bunda mengiinkan tes lengkap ANC di tambah tes toxcos n rubella harus ke laboratorium rumahsakit atau laborat swasta lumayan jg bunda biaya nya sampai 3.5jt...

Baca lagi
5y ago

Klw untuk toxcos.n rubella gak di cover bunda... Yg di cover cuman anc terpadu aja... Seperti yg saya bilang di atas.... Sbnarnya sama bun... Saya sempat pingsan pas pengambilan darah karena memang takut sekali sama jarum suntik... Dan petugas nya kayak gk gertiin gtu udah saya ketakutan akibat nya aliran darah nya bisa di ambil di paksa trus ... Sampek 4 kali suntikan baru darah kluar... Akhirnya saya pinsan.. tp mau gmna lg bun... Emang di anjurin tes nya di puskesmas ... Lumayan jg klw tes di laborat pkek biaya umum... Klw di puskes mas gratis bunda... Ini mungkin tes lab lg pas tm 3....

Sy dr awal hamil juga ke dokter bun. Dan gak diarahin apa2. Kirain ke dokter mah bisa lebih terjamin ya dr bidan. Ini mah engga. Jd usia kandungan 29 minggu sy coba ke bidan dan lgsg disuruh buat tes darah dan tes urine krn penting untuk tau HB dll. Sampe agak dipertanyakan sm bidan knp udh 29 minggu blm pernah cek. Akhirnya dicek deh dan alhamdulilah hasilnya bagus.

Baca lagi
5y ago

Nah ini. Jadi dokter obgyn saya 11 12 juga gak ada arahan apa apa, cuma jaga pola makan dan istirahat yg cukup. Insyaallah mulai besok mau periksa ke bidan aja. Ntar kalau disaranin ANC yg wajib ke puskesmas ya langsung cek lab. Ya Allah kok saya jadi agak kesel yaa. Semoga semua baik baik aja hasil tes nya.

VIP Member

Kalau saran saya sih sebaiknya lab aja bun, karena memang penting untuk antisipasi kalau ada permasalahan kehamilan..untuk rhesus golongan darah harus positif bun..kmrn saya usia 6w sudah diberi rujukan untuk lab..tp saya baru lab di usia kandungan 10w..minta aja ke obgyn nya bun untuk diberi rujukan lab..

Baca lagi

Sekarang wajib bun bumil tes lab soalnya itu juga penting biar kita tahu kita punya penyakit apa tidak, biasanya 3x tes labnya bun pertama uk 3bulan terus 7bulan sama 8bulan.. Kalo yg uk 7 itu cek HB nya yg paling penting Saya juga udah 2x bun ini mau cek lagi soalnya kemarin HB kurang

5y ago

Oke bund. :)

VIP Member

periksa TORCH wajib ya mom, kalau mmg terdeteksi ada toxo/rubella bisa diatasi dengan minum obat. kalau ga diobati malah bayi bisa lahir cacat. dulu aku cek nya malah sebelum berencana hamil. coba dicek aja mom ke lab walopun ga disuruh sm obgynnya

5y ago

aku cek 2 tahun yg lalu itu 800ribu mom, tapi di lab biasa ya, bukan lab besar ky pramita/prodia 😁 kalo pramita tes pra-nikah lengkap udah termasuk TORCH itu 4jutaan.

Sbnr nya cek lab mmg penting bun. Cek HB. Positif atw negatif nya ada penyakit menular kan d tubuh qt. Jd cpt bs d tangani. Apalagi kl hepatitis. Swbagian dokter mmg ga nyaranin. Tp sebaiknya d lakukan

Baca lagi
5y ago

Sama bun. Hamil pertama sy jg gt. Apalagi saya masih bkerja waktu itu. Jd informasi dr posyandu ga ada. Hamil k2 saya resign. Mw fokus. Baru deh tau smw. Apalagi saya sempat ikut kelas ibu hamil :)

Saya masuk TM2 disaranin cek lab sama spog. Kemarin cek darah lengkap, urine lengkap, HIV, sifilis sama Hepatitis Bun. Biasanya sih emang disarankan cek lab biar tahu kondisi keseluruhan ibunya.

5y ago

Siap bund :'( minggu ini harus cek dan konsul lagi.