potong kuku bikin lahir prematur

bun #seriusnanya, saya lagi hamil dan tinggal di rumah ibu mertua... saya sama sekali gak boleh potong kuku. padahal saya terbiasa rutin potong kuku & merawat kuku (kadang pakai kuteks juga)... gak betah banget bun, sampai sedih banget. semua gunting kuku diumpetin, pernah saya beli sendiri dan ketauan langsung dimarahin (bahkan ibu mertua sampai nangis2). katanya dulu dia kehilangan bayinya karena lahir prematur... karena sering potong kuku saat hamil 😭 apa bener ya bun 😭😭😭😭 belum hal2 lainnya kyk mitos gitu, contohnya: gak boleh potong rambut, malam gak boleh keluar, harus bawa bawang putih sama jarum kemana-mana 😭😭😭😭 plis jawab bun kalau potong kuku apa benar bahaya buat janin?

82 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Mitos bun, gak ada penelitiannya apalagi hubungan medisnya. Kuku gak dipotong 2 minggu aja udah gak nyaman, apalagi misal selama hamil, mau kaya kuku mak lampir apa gimana. Ditambah kuku panjang lebih riskan nempel bakteri atau kotoran, misal kamu mau makan udah cuci tangan ya bisa aja missed di bagian kuku belum kena saking panjangnya. Dari bakteri kuku ikut kemakan apa gak lebih ngeri lagi. Coba kalau kamu ke obgyn, kamu tanya sama obgyn mu, ajak mertua sekalian biar tau penjelasannya, misal mertua gak mau ikut, izin videoin dokternya jelasin, sampe rumah kasih liat mertua mu. Lahir premature dll itu sudah ketetapan Allah bun, saya kehamilan sebelumnya keguguran ya udah ketetapan Allah, masa saya mau nyalahin gara2 keluar gak bawa bawang putih dan jarum kemana mana, yang ada diketawain dokter bun, bingung juga dokter dia udah sekolah lama dan mahal, masih tetep kalah sama mitos, makin susah aja dokter sekarang edukasi orang2 tentang mitos2 itu.

Baca lagi

ya ampun mertua lagi,mertua lagi pliss deh benci banget sama yg namanya mertua meskipun baeeekk😂 . bun jangan dengerin yaa itu ga bener sumpah,dia kalo ngomong begitu di depan obgyn pasti diketawain tuh mertua ibu🤣ajaran dari mana coba hamil ga boleh potong kuku,terus ntar lahiran kukunya kaya macan dibiarin aja gitu? helloowww mertua kuku tuh tempat nyarang nya setan,penyakit iissshh gemash banget deh pen nampol mertua ibu 😆kalo mertua ibu pernah kehilangan bayinya yaa itu udah rencana Allah kali jangan sangkut pautkan ke potong kuku dan potong rambut duuhh🤣. saya nih ya bu pribadi selama hamil potong kuku rajin bat dari pagi sampe malem kadang kalo rasa kuku gaenak potong . ini aja udah saya udah potong rambut dari hamil 8bulan ga ada hubungannya itu mah nyiksa orang hamil namanya ga boleh ini itu ,kita hamil bukan sakit😆tau ah suka sebel kalo ada orang jadul tuh.

Baca lagi
2mo ago

Hahaha iya juga ya dia nga mau. Cucunya dihinggapi setan tapi malah buat ibunya yg mengandung mengalami kuku setan krn dilarang potong🤣

beri saja pengertian.. agama islam aja mengajarkan untuk memotong kuku setiap seminggu sekali.. kebayang gak klo selama hamil 9 blan gak potong kuku.. klo semacam bawa jarum atau. gunting mungkin sebagian besar masih pake adat itu namun itu berlaku kalau kita tinggal daerah pedalaman seperti didesa misal kan banyak pohon² besar dan hutan.. klo dikota insya Allah aman² saja. contoh saya: klo ke desa suami hrus bawa bawang merah tunggal, dan sejenisnya.. ada juga yg bilang kalau bepergian jauh haris diolesin perutnya pake kapur karna aroma badan org hamil itu wangi sehingga mahluk halus suka mengikuti.. saya tinggal dan besar dikota, namun saya juga pernah dulu wktu kecil sering kekampung nene jdi belajar banyak hal perbedaan lingkungan dikota dan didesa serta adap²nya

Baca lagi

gak ada hubungan.y bun cuman mitos. saya tinggal ma mertua tapi udah hamil 2× ini pun gak pernah di larang" mau ngapain, mau makan apa aja. cuman dulu pas hamil anak pertama gak boleh makan trllu pedas. sedangkan saya gak bisa makan kalo gak pedas. cuman di larang 1 itu aja, tapi saya langgar😅 hamil anak ke 2 ini saya gak suka pedas. jadi bumer gak pernah bilang apa" kemaren makan nanas bumer bilang (lah) saya jawab dikit 1 aja paling kecil😂 dia diam. apalagi habis lahirah wuih semua di suruh makan ama bumer. pedas, jengkol, Pete, udang, ikan, semua jenis sayur. katanya biar perut anak.y gak kaget. padahal kalo saya di rumah ortu saya. saya yakin habis lahiran pasti cuman boleh makan krupuk dan tahu rebus yg cuman di kasih garam 🤣

Baca lagi

Aku aja prnah bund pas lahiran gabole potong kuku n sampoan sma mertua.. Coba bayangin 40hari ga sampoan rambut udh cem mana n kuku pun gtu :(( aku ngmong aja ke suami n suami untungnya bilangin “udh sampoan aja gpp” n kalo kuku kan ksian anaku masih bayi takut kegores kuku panjang 😅 apalagi bunda kalo lagi hamil gabole potong kuku apa kabarnya 9bulan panjangnya 😭 , kalo yg gabole potong rambut dlu juga aku ma tante2ku gabole, akhirnya aku siasatin aja potong rambut pendek n gapkai conditioner lagi krna rambutku cpet panjang klo pkai conditioner 😅 tapi alhamdulillahnya rambutku wktu hamil bagus2 aja bund, giliran udh lahiran menyusui udh hamsyong kalo gapakai conditioner 😭

Baca lagi

ih sebel bgt dengernyaa, kek gapunya agama aja ibu mertuanya😭 ya engga lah bun mitos bgt, malah baru denger kl ibu hamil jg gabole motong kuku. itumah bukan mitos deh tp bumernya aja yg ngadi2 cocoklogi dr pengalaman dia dulu. ttp gunting kuku aja diem2, diluar rumah kl perlu. ga kebayang 9bulan ga gunting kuku tu gmn cobaa. trs siap2 angkat kaki aja bun dr sana, kerumah ortu kek atau ngontrak sm suami. bisa gila kamu kl nnti lahiran dan besarin newborn dirumah org kolot begitu, alamat baby blues dan asi seret gara2 mertua😭😭 run bestie, run💪🏻

Baca lagi
2mo ago

Astagaaa masih jadul banget mertuanya moms 😭😭 yaang sabar ya moms. Padahal potong kuku setiap jumat itu sunnah dan sama sekali ga ada hubungannya sama prematur. Yang ada nanti malah jadi sarang penyakit karena ga potong kuku sampe 9bulan, apalagi tangan kan juga dipake buat makan dsb takutnya ada kuman dan bakteri nantinya ikut masuk ke badang dan malah jadi penyakit 😭😭

Mungkin itu cuma kepercayaan setempat aja sih bund kalau ngaruh enggaknya gunting kuku sama potong rambut di aku alhamdulillah enggak. Aku hamil 25weeks potong rambut saat usia 16weeks rajin potong kuku juga sampai sekarang alhamdulillah si adek tumbuh kembangnya sesuai dan normal . Mungkin bunda bisa diam diam aja potongnya jangan bilang sama bumer atau pas bumer keluar . Bisa dibicarakan sama suami soalnya kalau potong kuku kan juga termasuk menjaga kebersihan, bayangin aja bund 9bulan ga potong kuku panjang banget dong . Bunda juga boleh bilang sama bumer disuruh dokternya potong kuku atau udah nanya ke siapa gitu boleh biar percaya bumernya.

Baca lagi

mitos bun, apa hubungannya coba potong kuku sama janin.. aku sampe hamil 9bln juga masih keluar malem kok tp pas ada perlu aja.. kalo kemana² harus selalu bawa jarum sama bwg putih bilang aja ke mertua bun jatuhnya syirik karna ga percaya sama Allah, kan bisa doa atau dzikir. bun please, do what you love, jangan lakuin apa yg bikin kamu stress dan pusing cukup dengerin abis itu ya udah kya ga pernah denger aja.. aku soalnya gitu bumer ngmong ini itu yg ga masuk akal dan mitos ckup aku dengerin iya²in trus udah ga tak lakuin.. kalo mau potong kuku cari aman mending pas bunda keluar rumah aja.

Baca lagi
VIP Member

Nggak dong maa, itu mitos sja. Mgkn dlu ada penyebab lain yg membuat bumer keguguran, tp yg disalahin potong kuku. Potong kuku kan bagian dr kebersihan diri😊 kasih pengertian ke bumer ya, kl bumer nangis ya ditenangin bilang k beliau doa yg baik² bu, kl bumernya muslim blg lg "bu kita disarankan loh sma Rasulullah SAW utk rutin potong kuku tiap hari jumat dan maksimal 40 hari sebaiknya potong kuku". Minta bantuan suami mama utk menjelaskan. Kl msh susah, ya beli ptong kuku lg maa, potong kuku ngumpet² aja dlu. Alatnya disimpen ditempat yg bner² aman dr bumer maa🙏

Baca lagi

Naudzubillah.. dlm islam kuku panjang aja sarangnya setan, kok malah ada mitos begini, bayangin kuku gak dipotong seminggu aja risih apalagi 9 bulan.. kuku panjang membuat kotoran-kotoran akan terkumpul di bawahnya, bumil hrs lbh sering jaga kebersihan kebersihan itu sebagian dr iman, salah satunya kebersihkan kuku kita. kalo soal jarum, gunting itu bisa jd adat tiap daerah beda-beda. kalo potong kuku bikin keguguran, maap nih gak smpe di akal pikiranku. intinya apapun yg mau dilakukan yg masih bisa dicerna sm logika, jangan lupa Bismillah aja.. beres , no debat.

Baca lagi