gimana menurut bunda?

Bun sblmnya suami saya kerja di indo dg gaji pas2an cuma 5jt, ibu mertua selalu minta jatah 1jt perbulan. Pdhl sy sm suami punya cicilan 2jt. Sisanya untuk hidup sebulan, jarang bgt bisa nabung karna nganten baru, dan baru punya anak juga jd kebutuhan sdg banyak2nya. Nahh skrg suami saya kerja di korea dg gaji 20-25jt. Mertua dikasi 3jt saya di kasi 8jt, dan mertua tau saya dikasi segitu. Sy seneng donk skrg dh pegang uang lumayan bnyk jd bisa nabung buat anak kalo ntar sekolah. Tp mertua gk terima cm dikasi segitu katanya suami saya gajinya bnyk masa ibu cm dikasi 3jt. Pengen nya dikasi 5jt dan itu mintanya ke saya, gk mau minta anaknya. Gimana ceritanyaaa??? Mau marah kok segan, gak marah kok kebangetan. Saya gk mau ngurus suami sy disana pegang uang brp karna dia jg bayar angsuran ke agency dan biyaya hidup dia disana pastilah tdk murah. Apa harus saya relakan uang yg dr suami sy ini sy bagi ke mertua?? Gimana sbaiknya. Tolong beri saya nasihat Oiya, mertua saya itu utangnya dimana2, gak punya rumah. Jd ngontrak sana sini. Tp gaya hidupnya mewah. Beli apa2 kudu bagus, kudu baruu.

151 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

suami dari kapan bun kerja dikorea? suami aku masi blajar basa korea dan masi nunggu tes yang di undur2 terus.. sebelumnya kerja di jepang, dulu slalu kasi duit ke mertua tapi ga banyak, aku slalu nambahin sedikit dr duit jajan aku buat mertua karna aku ga tega cuma dikasi sedikit sama suami, malah aku beliin sabun sama kebutuhan pokonya.. suami gatau kalo aku sering nambahin pas pulang dr jepang om nya maen bilang kalo sebagai anak laki2 jangan takut ama istri harus ada ketegasan harus sayang ama orang tua punya duit banyak jangan lupa sama orang tua.. ngomong didepan aku. dr situ aku simpulin kalo slama ini mungkin mertua cerita ga dikasi duit sama anaknya sampe2 om cerita begitu disitu juga ada mertua denger om ngomong begitu.. aku ga tahan aku dihina , suami aku bilang tau om saya tau ilmunya.. pas suami aku mau ngomong lagi aku potong aku bilang.. "slama ini tuh aa(panggilan aku k suami) cuma ngasi duit buat orang tuanya segini, aku ga tega aku tambahin pake duit jajan aku malah aku beliin sabun sama kebutuhan pokonya .. slama ini aku ga ngomong sama aa, aa taunya duit aku abis terus.. untungnya dia ga pernah marah duit jajan aku abis.. baru disini nih aku ceritain, aa mah bukan takut istri tapi sayang istri dia mah" aku gituin aja didepan mertua om sama anak2nya.. abis itu mertua langsung ganti topik.. mau baik gemana juga ttp gabakal keliatan baik kalo prasangka mereka dah buruk aja.. makanya skr aku cuek , super duper cuek apa2 ceplas ceplos aja, biar pada ga prasangka buruk mulu sama aku.. sabar aja lahh

Baca lagi

Jangan bund . Mohon maaf sebelumnya, suami bunda memberi segitu berarti udah dipikirkan matang matang , pembagian yg adil menurut suami, Bukan kah istri harus bisa menjaga harta suami???? Wajar bunda lebih banyak, karena bunda ada anak, anak harus punya masa depan, harus banyak tabungan, kalau ga ada tabungan mau sampai kapan suami kerja jauh seperti itu? Uang suami ada di istri insyaAllah larinya ke suami juga ,menikmati bersama . Kalau udah di kasih ke mertua artinya ya jd hak milik sepenuhnya mertua (memang apa yg di kasih ga boleh di minta ) tapi maksudnya sewaktu waktu perlu, semua di anggap hutang . Paham kan bund? Jangan sampai kaya pengalaman org lain, saat sekarang nurutin itu ini, udahannya ga punya hasil kerja karena uang larinya kemana mana , mau ga mau lanjut kontrak kerja jauh terus, yg kasian siapa? Ya istri dan anak . Itu sih pendapat saya bund .

Baca lagi

komunikasi sm suami bun. beri pengertian kalo kalian harus punya tabungan. karena kerja di korea pasti pake kontrak dan akan berakhir. jgn ntar nyesel di akhirnya pas suami pulang ga ada tabungan bun. kalo suami bunda setuju, kompakin supaya suami yg tlpon ibunya dan bilang kalo skrg perbulan bunda dijatah 4 juta dan ibunya 3jt. sisanya bilang aja buat bayar agensi atau apa deh, pokoknya jan bilang duitnya ada. di pinjem atau apalah terserah pinter2nya alasan bunda dan suami aja. ntar suami juga transfer aja 2x. yg pertama 4 juta sbg bukti kalo bunda emg dijatah segitu. yg 4 juta lagi bukti trnsfrannya simpen sendiri bun. saran sy, mulailah bunda berinvestasi logam mulia spt emas 24k. tidak akan rugi karena nilai emas akan terus naik. tp jangan beritahu siapapun selain suami, krna dlm pikiran org, menabung emas hnya utk org kaya, pdhl menabung emas justru agar bisa kaya.

Baca lagi
VIP Member

Menurutku jangan deh bun , tp coba bicarain lagi ke suami. Aq sering liat2 vlog juga katanya cuma potong rambut aja kalo di korea 200rb padahal di tukang cukur sini 5rb'n bisa. Jadi kebayang kan kalo misal kita ngomong ke suami terus jadi beban buat kita, di korea sana emang sih KATANYA rata2 gajinya 20jt tp kan biaya hidup ga murah juga bun. Nah bunda di kasih 8jt itu kira2 cukup ga ? Berembuk aja sama bumernya , dia cicilan utangnya berapa ? Kalo misal sebulan besarnya 1jt dan njenengan ridho coba bunda bayar yg cicilan, dan yg 3jt biarin terserah mau di buat apa sama bumernya , tapi harus di wanti2 kalo sampe mertua nglunjak hutangnya beranak bunda harus lepas tangan. Sebelumnya kan di kasih 1jt adem ayem aja kan bumernya ? Seharusnya itu 3jt kalo ga nurutin gengsi udah cukup itu buat hidup sendiri.

Baca lagi
VIP Member

Jgn diladenin bun. Itu mertua sampai kapan pun bakalan sama sifat nya. Mana tau gaji anak gede jadi mau diperah nya. Ibarat emang sudah dikasih jatah segitu, yakin dah blm ada sbln dah habis krn gali lobang tutup lobang hutang. Dan kalo km layanin bun, ngasih uang jatahmu, km yg rugi. Tidak ada tabungan samsek. Pastinya keuangan mu juga berkurang krn musti berbagi lagi dgn mertua yg serakah. Aku ngalamin sendiri krn mami aku yg begitu. Bukan nya kita jadi anak pelit ya bun. Kalo aku tak tegasin, pokoknya sudah dikasih jatah segitu ya disyukurin. Syukur masih bisa kerja anaknya. Lah kalo nda kerja, apa nda dimaki maki krn nda bisa ngasih duit. Sementara kalo kerja gaji banyak, minta jatah terus terusan gitu? Hmmm 😌😌😌

Baca lagi

Hmmmm... Seharusnya klo jadi ibu itu "tidak boleh mengharapkan apa apa dari anak, sesukses apapun anaknya, ibaratnya kita harus ikhlas dengan apa yg sudah kita lakukan buat besarin dia." Toh nntinya seorang anak juga akan faham sendiri, gimana rasa bakti yg begitu dalam kepada ibunya. Tpi klo ibunya yg kayak begini.. jadi kesannya gimana yah...?? Emang sulit klo apa apa yg kita di kasih sama suami, terus ibu mertua tau. "Itu akan menyebabkan ada perasaan cemburu". Saya pernah dengar kajian, ustd Syafiq Basalamah judulnya "antara ibumu dan istri mu" kata beliau.. "apa yg telah engkau berikan ke istri, ibumu tidak harus tau,(jngan kasih tau) ".

Baca lagi

Gausah dikasih,bun kerja dikorea kn gak selamanya paling2 5th balik, lah kalo duit dikasih ke mertua semua dan tabungan bunda cuma seuprit nyar pas suami pulang dari korea gimana? Kn gak langsung dapet kerja lagi. Mending di manage yg bener, ditabung, invest sedini mungkin, ngumpulin buat modal usaha trs buka usaha buat jaga2 nanti kalo si suami udh pulang, syukur2 usaha jalan lancar sebelum suami oulang, jd tinggal diterusin dan dikembangin usahanya..jangan melulu nurutin apa yg diminta mertua, kalau diturutin suka gak ada abisnya, gak akan ada puasnya pasti bakal minta lebih lebih dan lebih

Baca lagi

Bun menurut saya bunda cerita sma suami bunda .. Punya mslh itu jgn d pkir sndr .. Lebih baik perbaiki komunikasi dgn suami . . Lagi pula mamer itu ga berhak nuntut minta uang ke anaknya apa lg klo udh nikah urusany udah beda ..kecuali anakny belum menikah .. Klo ortu saya alhamdulilah ngerti semua mamer juga di ksh uang sma suami saya dia terima klo ngga ya ya udah krna dia maklum krna anakny udh ngga sendiri apa lg udh ada tanggung jwab ngrusin anak orang sma anakny sndr ..

Baca lagi

Kasian suaminya yg punya ibu dan istri ga ada ngerti cara bersyukur, Gaji suami 5jt dibilang gaji suaminya pas” an ga bisa nabung, gaji suami saya 5jt jga tp saya setiap bln bisa nabung 2.5jt an n saya tetap bersama suami,, Sekarang suami rela pisah dgn org tua, ank istri demi ngejar gaji segede itu tp masih aj di bawa pusing oleh istri n ibunya,,, Kalo ga ada bersyukur akan selalu merasa kekurangan walau brapapun gaji suami, kasian suaminya dikejar angka,,,

Baca lagi
3mo ago

5jt di bagi2, 1jt ibunya, 2jt cicilan, sisa 2jt buat hidup sebulan dan mereka udh punya anak.. blm lagi kalo ada keadaan darurat semisal sakit dll jangan menghakimi orang terlalu cepat kak, kebutuhan setiap rumah tangga itu beda2.. enteng ngomong kayak kakak gitu, tapi KK ga tau kondisi mereka berusaha sebisa mungkin buat ngatur uang segitu biar cukup untuk sampai ketemu gajian lagi.. ga ada istri yg mau liat suaminya terbebani, tapi pasti suami keluh kesah juga ke istri.. istrinya berusaha buat ngatur sebisa mungkin supaya suaminya tenang, tapi kalo banyak faktor eksternal juga ga akan bener2 mau segimanapun memanage keuangan tuh.

Hmm sabar ya punya mertua yang gak bersyukur. Susah memang tapi ngasih uang ke mertua itu bukan kewajiban seorang istri. Jadi kalo mom gak ngasihpun gak papa. Mertua mom yg salah, kalo kurang uangnya ya minta sama anaknya jangan sm menantu. Lagian wajar kok suami kasih uang yang lebih besar ke istri. Memang itu kewajiban utama suami. Harusnya mertua mom bersyukur anaknya setelah berkeluarga masih menyanggupi biaya yang tidak sedikit untuk ibunya :))

Baca lagi