Sebel sama ipar

Bun, saya mau tanya.. Suami boleh memberi ke keluarganya setelah istri dan anak tercukupi.. Itu tercukupi gimana ya bun ? Saya risih dan jengkel sama ipar saya, dia cowok umur 23tahunan setahun lebuh muda dari saya.. udah dewasa kan bun ? Tp dia kerjanya cuman makan tidur main hp semalaman.. Bisa dibilang dia tinggal bareng kami tp gak serumah, bersebelahan gitu bun tp listrik ikut dikami.. Walaupun ya emang ini bukan rumah kami melainkan rumah mertua yg kami tempati tp sekarang yg bayar listrik sama makanan dll ini suami saya.. Nah ipar ini tinggal dirumah kecil sebelahan sama kami, itu bekas bengkel tp ada kamarnya.. Bangun siang cuman naik makan abis itu ketempatnya lagi, gitu aja terus bun.. Jujur sebenernya saya gak keberatan kalo gitu yah karena saya masak sekalianin aja.. Tapi yang bikin saya kesel sama ipar saya ini kenapa gak kerja gitu loh, minta uang sama kakaknya (suami saya) minta hospot sama suami saya dan saya.. Kadang jengkel, data kita mati matian iritin malah dihospot..๐Ÿ˜ก Gak ada segan segannya minta uang ke kakaknya depan aku istrinya.. Dan suamiku cuman ngasih aja, 100rb 50rb kadang 20rb.. Jengkel juga sama paksu, adiknya minta dikasih.. Iyaa kalo uang banyak, kalo pas pasan gini ? Saya mau tanya bun, kebutuhan makan kami terpenuhi, kami tetep bisa makan walau ngirit cuman makan tahu tempe, ikanpun kalo suami gak nyari gak makan ikan kita.. Jajanpun aku mikir mikir bun, kalo udah diatas 10ribu buat aku pribadi pasti mikir banget.. Jajan juga udah jarang banget.. Kita juga gak ada tabungan sama sekali... Malah ngasih ngasih uang ke adiknya sementara kita aja keuangan masih sulit..๐Ÿ˜ž Udah gak pakein anak popok, perlengkapan anak udah mulai abis, kb ku ganti dari suntik 25/30ribu jadi kb pil yg harga 7ribuan.. Apa selama kita bisa makan itu udah terpenuhi bun kebutuhannya dan suami boleh ngasih ke keluarganya..? Mertuaku aja jarang kami kasih uang, itupun kalo lagi emang bener bener kita banyak uang baru ngasih kemertua.. Kan bakti suami ke ibunya, emang bakti suami juga ke saudaranya ya bun ? Apalagi ini laki laki loh sehat walafiat, tp gak mau kerja..๐Ÿ˜ก Malah minta minta uang terus sama ibunya.. Pernah sih bun, entah ipar kerja apa tp penghasilannya banyak karena sering banget notif transfer uang masuk dihpku, yg kebetulan ipar pake rekeningku kalo ada yg mau transfer uang.. Dan uang yg masuk terbilang banyak, ada 1juta lebih, 800ribu lebih.. Tp entah kemana semua itu uangnya.. Sekarang selalu minta kekami, data juga ngospot..

12 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

laki2 klo sudah baligh 15 thn sbnrnya sudah tdk wajib di nafkahi org tuanya, tp namanya ortu pasti dikasi sampe dia lulus pendidikan. lah ini malah ke kakak nya... ya tambah gk ada wajibnya, kecuali adik atau kk perempuan belum nikah dan gk punya bapak.

3y ago

itu yg bikin saya jengkel bun, gak ada rasa segannya minta depanku bun..๐Ÿ˜ž suami juga, udah tau keadaan lagi susah gini, istrinya ngirit setengah mampus masih aja ngasih 20,50,100..

Bukan Tanggung jawab Dan Kewajiban suami memberi nafkah ke ipar,apalagi bunda aja mau beli ini itu mikir dulu... diomongin Bun ke suami klw prioritaskan isteri dlu baru yg lain... Soalnya memenuhi kebutuhan isteri itu wajib

3y ago

Nggak Dzolim Bun,karna kita tidak mengambil hak orang lain.bukan kewajiban suami ngasih uang ke ipar klw sekali 2x sih gk papa itupun klw urgent klw untuk nongkrong atau santai2 aja sih mending ga usah dikasi... jujur ya suami saya dlu loyal banget sama keluarganya sebelum nikah sama saya,sampe2 sepupunya minta kirimin uang terus untuk kebutuhan pribadi kyak skincare gtu,karna kita ta'aruf saya gk tau gmana suami saya dlu2nya mertua yg cerita klw suami itu gk pelit siapa aj keluarga yg minta uang pasti dikasi,terus udh nikah mertua nasehatin suami saya,klw udh ad isteri jngan lagi suka ngasih2 uang ke sepupu nanti ketagihan terus,klw lagi kesusahan belum tentu sepupu itu bisa bantu. terus setelah saya tau suami punya sifat begitu saya bilang ke suami "adek gk ad niat ngajarin abg pelit,tapi klw udh beristeri nafkah lahir dan batin isteri harus dipenuhi karna itu wajib dosa klw nggak,Terus Harus Prioritaskan anak isteri bahagiakan anak isteri dlu baru orang lain,kalau anak isteri abg gk

Bun doain aja ya smoga adik iparnya rajin dan bisa dpt kerja..soalnya adik sy persis seperti ini tapi Alhamdulillah setelah kerja loyal sekali..

3y ago

Aamiin.. iyaa bun, kadang juga saya pikirin ipar udah dewasa tp gak mau kerja, walaupun emang mertua bilang ipar saya gak bisa kerja angkat berat karena fisik dia sama suamiku beda, tp bukan berarti dia gak bisa kerja.. kadang mikir sampai kapan dia mau kayak gitu, semoga aja ada hidayah yg bisa membuka pikirannya..

VIP Member

kasih pengertian ke suami bund biar mengerti unek2 bunda...kita disini cm bisa bantu doa

3y ago

iya bun, udah saya obrolin kesuami lewat chat, abis kalo ngomong langsung takutnya kedengeran sama ipar.. suami cuman iya iya aja dichat, udah kujelasin panjang lebar cuman balasnya iya iyaa aja.. tp semoga suamiku ngerti bun, klo ngasih liat keadaan dulu..

baiknya di diskusiin deh sama suami.. baru nanti biar suami yg bilang ke adeknya

udh ngomong ke suami belom masalah ini? kalo udah,tanggapan suami gmna?

3y ago

udah bun, tadi cuman lewat chat aja takut kedengeran tp pas ipar pergi baru deh ngomong langsung kesuami, kasih dia pengertian.. kalo boleh memberi kalo keuangan kita udah bagus, bisa dibilang lebih dari cukup.. alhamdulillahnya suami mengerti setelah dijelasin cukup panjang..๐Ÿ™‚ awalnya rada takut, takut suami kesinggung karena yg dibahas saudaranya cuman mo gimana lagi.. milih diem suami gak bakalan ngerti..

sudah coba disampaikan keluhannya ke suami dan adiknya bun?

3y ago

mikir juga aku bun sampe kesana, gimana nanti kalo semakin bertambah umurnya dia kek gitu terus.. selalu ngandelin ortu, saudara.. bumer pakmer udah diem aja liat anaknya gitu, gak pernah kulihat dinasehatin soal umur soal kerja..

coba didiskusikan sama suamimu buk

3y ago

entahlah bun, pernah suami nyuruh adiknya ikut kerja sama dia tp gak ditanggepin karena mungkin pekerjaan suamiku berat dan dia gak bisa kerja berat.. mertua juga sekarang kayak "udahlah" ngeliat anaknya begitu, karena dinasehatipun gak di tanggepin..๐Ÿ˜ž

upp

upp