Apa yang harus dilakukan sebagai seorang ibu

Bun, saya mau sedikit curhat mohon tanggapan nya ya.. Anak saya berusia 2 tahun 4 bulan.. d sini kmi hidup berdampingan dengan adik ipar. Anak adik ipar saya berusia 3.5 tahun .. saya selalu sbar ketika mainan anak saya di rebut, ketika makanan anak saya di ambil, saya selalu berusaha sabar ketika saat mereka bermain bersama apa yang di pegang anak saya selalu direbut dan di ambil. Dan tadi anak saya yang sedang duduk anteng di pangkuan saya di tampar sekuat tenaga sama anak adik ipar saya itu,,, sebagai orang tua ,sebagai seorang ibu tidak ada yg suka ataupun tega anaknya di perlakukan seperti itu .. lalu sikap apa yang harus saya ambil, biasa saja atu seperti apa ? Mohon pencerahannya bun, krna di sni kmi juga hidup berdampingan dengan mertua, .. jujur saya sudah terlanjur kesal krna anak saya di tampar sampai pipinya merah begitu .. 🙏

11 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

bunda bilang baik" ke anak ipar bunda , kalo maen ga boleh bgtu jgn mukul ntr ga ada temennya loh harus saling sayang ,, trus ntr di dlm bunda bilang ke anak bunda kalo di pukul pukul lagi ga boleh diem , di cubit cubit lagi yh , tp ga boleh pukul duluan ,, hahaha maaf yh kalo salah ga ush di denger itu aku ajarin ke ponakan aku , abis sebel liat ponakan di cubit bahkan di jorokin mau smpe jatoh , jd aku ajarin aja bgtu , bukan apa" bund biar dia ga di buly sama temen" nya nti di sekolah, biar dia jadi anak yg berani, tp kalo ponakan aku galak aku ga segen" sih bilangin dengan nada agak tinggi ,, dengan nasehat bgtu " kalo kamu nakal ntt kamu ga punya temen biarin aja mana ada yg mau nemenin anak yg nakal, blom lagi Allah itu ga suka loh sama anak nakal, ntr kalo Allah marah serem ante mah takut sih" lebih sering ampuh , cuma kadang ga ngaruh kalo lagi jelek adatnya hahah

Baca lagi

terbuka dengan seluruh keluarga yg tinggal seatap, buns.. perlu didiskusikan, sampaikan keluh kesah yg dirasakan bunda selama ini. Jika tidak diutarakan, maka bisa jadi ortu dari anak tersebut menganggap perilaku anaknya adalah suatu kewajaran. Bunda dan ipar harus saling kerja sama dalam menerapkan pola asuh anak, agar sama2 nyaman hidup tinggal satu atap..anggap anak ipar anak sendiri. begitu juga sebaliknya ipar anggap anak bunda anak sendiri. Sehingga antar anak dan orang tua bisa saling mengasihi, menghormati dan menghargai. Kecuali bunda kedepannya tidak selamanya tinggal disitu, karena asumsi saya bunda selamanya akan hidup 1 atap terus dengan ipar dan mertua. Maka harus ada kerja sama yg solid antara bunda dan ipar, utk menghindari konflik

Baca lagi

anak bunda udh 2 tahunan...itu artinya dia sudah mulai mengingat kejadian secara sadar bun. ada baiknya kalau anak bunda diperlakukan seperti itu sama anak iparnya, bunda bantu juga si kecil utk mempertahankan dirinya. anak bunda udh paham kalo ada apa2...dia akan mnta tolong bunda..khawatir anak bunda emosinya yg nggak stabil karena mencari perlindungan sama bunda tapi malah didiemin aja. anak iparnya juga udah cukup besar utk didisiplinkan... kalo ada kejadian sperti itu bunda tegur aja anak iparnya...terus bilang ke iparnya kalo tadi anaknya habis mukul anak bunda.. gimana respon ipar dan mertuanya pikirin aja belakangan...yg penting disini bunda juga menumbuhkan self-esteem anak bunda..

Baca lagi
3y ago

iya bun .. saya juga berusaha ngasih tau ke anak saya , ngasih pengertian ke anak saya.. tpi Alhamdulillah seprti nya respon anak saya cukup baik ya bun,, dia juga klo mainan nya di rebut sdh di pertahanin,, klo dulu selalu nangis .. bukan nya ngajarin yg gk bagus,, tpi sya ngasih pengertian apa yg di pertahan kan,, apa yg boleh dan gak boleh ..

ini sih udah keterlaluan mom. kasihan anakmu. ibu yg notabene tempat ternyaman, berlindung, menerima kita apa adanya.. lalu kamu biarkan itu anak boleh mengambil mainan anakmu dan menampar? tolong jangan cuma tanya disini. belajar ya mom, belajar bisa di YouTube dll. belajar efek jika direbut mainan apa dampaknya pada kepribadian anak, belajar kl terjadi kekerasan ke anak kita apa yg harus dilakukan. itu semua ada ilmunya. jangan engga enakan sama ipar, justru kamu harus tegas meluruskan yg salah, selain kasihan sama anak mu, kasihan juga sama anak iparmu, bisa aja dia engga dikasih nasehat sama ibunya jadinya merebut mainan dan kekerasan. semoga membantu.

Baca lagi
3y ago

iya mom, jauhin aja anak bandel gitu, semisal pas berbuat nakal ke anak kamu lg, kamu marahin itu anak saat itu juga mom, langsung dibilangin kl salah, itu bisa membuat anak kamu merasa "oh ada mama yg bisa melindungi". aku pernah kok diposisimu, semangat ya mom.

VIP Member

barbar bgt anak 3 thun nampar. bilangin klo msih ngga mempan marahin. klo msih ngga mempan juga praktekin tampar balik jgn kenceng², klo ngadu anaknya jgn biarin main bareng. anak pertama saya klo mukul adiknya, saya kasih tau. klo masih ngeyel saya praktekin. saya tanya sakit ngga kira² klo dipukul. anak jawab sakit. ya klo tau sakit jgn pukul ddek msih kecil ngga boleh gitu.

Baca lagi
3y ago

salah pola asuh. jgn biarin main bareng aja. atau minta pindah. duh mlah entar anaknya ikut kena dampak buruknya klo dibiarin bareng trus.

sm kya aku bun, aku malah anak mertua yg bgtu suka galak sm anak aku, tp ya kalau dia salah ttp aku omelin nasehatin walaupun dia gak ngerti jg ttp dibilangin gk boleh bgini gk boleh bgtu, soalnya nanti malah kebiasaan main sm siapa aja pasti bgtu. mau ada mertua jg aku mah masa bodo klo anaknya salah y ttp harus d tegasin toh buat kebaikan anaknya sendiri ini

Baca lagi

kalo ortunya gak bisa didik anaknya, seenggaknya bunda harus tegas membela anak. jangan takut sama ipar atau mertua. itu anak kita, siapa lagi yg melindunginya. anak 3 th juga udah bisa dikasih tau. kalo bunda tegas, sya rasa dia akan paham dan bisa ngikutin aturan yg bunda bikin, walaupun prosesnya panjang pasti.

Baca lagi
3y ago

saran saya harus tegas juga ke sepupunya bun kalo memang salah, jd anaknya gak ngrasa pilih kasih.

adik ipar kan ? jd stts lebih kecil dari suami. gx ad yg bisa bunda lakukan. yang bisa menyelesaikan semuanya ini ada suami bunda. Suami bunda harus bicara.. yang bisa melindungi bunda dan anak hanya suami. Percuma bunda tegas atau balik marah2 sama mereka yg ad hanya akan ada perkelahian. Ya 1 1 nya ketegasan suami. itu aja

Baca lagi
3y ago

sayang nya suami saya kurang respon bun,, kadang juga klo suami saya yg jagain anak mereka berantem di tegur biasa aja,, jgn nakal sama adik nya .. pling gitu aja yg keluar dari mulut suami saya.. makanya sya suka jengkel .

bicara sama ortunya jg dengan mertua, bicaranya dgn baik-baik pastinya . dannn selepasss ituhh ngontrak sendiri. karena aku jg ngalamin hal yg serupa😊 walaupun sebenernya ekonomi jg lagi dibawah tp saya lebih pilih tenang hati dan batin.

Bicarakan dengan orangtuanya dan mertua bun. Suami jg jangan ketinggalan.

3y ago

Langsung ke mertua bun