Pisang pada bayi new born

bun..pendapat kalian tentang bayi baru lahir diberikan sedikit asupan buah pisang (dikerik pakai sendok kecil), biar pup bayi bagus. pengen tahu pro kontra dari bunda² disini. yang pernah saya baca di artikel, itu ga boleh ya, tapi menurut orang dulu kadang masih turun temurun dilakukan. Memang ada yg gak papa bayi sehat, tp ternyata ada juga kasus yg memprihatinkan. kalau bunda² nantinya mau pilih option yg mana?

6 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

terkadang apa yg kita berikan ke anak saat ini, efeknya tidak langsung terasa tapi bisa saat di kemudian hari, saat anak tumbuh dewasa. ada masalah pencernaan atau lain sbg nya. padahal org jaman dulu ngerasa pas bayi nya gpp. mengikuti aturan yang sudah ada saja. baru dikasih mpasi kalo sudah 6 bulan, kecuali ada indikasi tertentu dan ada anjuran dari dsa. untuk newborn fokus aja mengasihi, bagaimana caranya memberikan asi yg berkualitas ke anak, jika terkendala bisa konsul ke konselor laktasi, atau kalo memang sufor, ya pilih yg terbaik, jangan tambah selingan makanan apapun. anak tidak punya kuasa atas dirinya, semua tanggung jawab orangtua nya, maka kita diharuskan jd ortu yg cerdas memberikan yg terbaik. bahasa anak bayi ya nangis, dan nangis nya belum tentu minta makan, makannya anak sebelum 6bulan ya asi/sufor. kalo pup bayi bermasalah ya silahkan konsul ke dsa, banyak faktor, dan solusi nya bukan diberi pisang kerok. kalo dibanding2in sama jaman dulu ya gk akan ada akhirnya bun.

Baca lagi
VIP Member

saya akan memberikan yg terbaik untuk anak saya dng tidak memberikan MPASI dini.. pemberian MPASI dini (tanpa ada indikasi medis dan pengawasan dr dokter) atau kasih makan pisang atau bubur ke bayi di bawah usia 6 bulan, cukuplah itu dilakukan org2 dulu.. ilmu kedokteran sekarang berkembang pesat, banyak penelitian ilmiah yg membuktikan bahaya/dampak negatif MPASI dini.. "ah, dulu si A dikasih pisang umur 15 hari smpe sekarang baik² aja", cukuplah pikiran seperti itu berhenti di ortu atau kakek nenek kita.. zaman dulu, ilmu kedokteran belum berkembang seperti saat ini.. angka kematian bayi bs jadi lebih besar tapi hanya tidak terekspos aja.. anak adalah amanah dari Allaah Yang Mahakuasa, maka kita jaga amanah itu sebaik mungkin.. kita ikuti saran para ahli, dalam hal ini adalah dokter spesialis anak..

Baca lagi
TapFluencer

Full asi sampai 6 bulan, kalau sudah boleh mpasi mulai dr tekstur paling mendekati asi dan naik tekstur perlahan. Kecuali ada permasalahan pada asi dan dibolehkan tambahan tapi bukan pisang dikerik juga. Percaya ke artikel valid dan saran dokter anak yang kompeten aja sih bun. “Orang dulu nggak papa bayinya makan pisang dikerok” = itu dulu waktu ilmu masih terbatas tdk bs diakses semudah sekarang. Jaman dulu kalau ada yg kenapa napa pun jg kita nggak tau karena nggak semua jadi berita. Alhamdulillah kita jadi ibu di jaman skrg di mana belajar itu gratis asal tepat cari tempat belajar

Baca lagi

hah ya gaboleh lah bun. anak itu baru mpasi pas 6 bulan, itu gabisa diganggu gugat KECUALI emang dokter spesialis anaknya menyarankan mpasi lebih cepet. itupun paling pas usia 5 bulanan. kalo newborn itu belum kuat makan apa apa selain asi, minum asi aja cuma brp ml kuatnya dalam sekali nyusu. janganlah dikasih aneh2 kalo gamau pencernaan anaknya malah bermasalah. inget kasus terparahnya bayi bisa meninggal. jd kalo ada yg nyuruh ngasih makan anu ke newborn/bayi di bawah 6 bulan, tolak aja. mau itu orangtua, sodara yg lebih tua, bodoamat, tolak aja mentah mentah.

Baca lagi

Kalau Saya Pribadi BIG NO !!! Lebih baik menunggu Usia tepat Dimana bayi seharusnya di beri makan / MPASI yaitu usia 6 bulan., karena bayi Saya hidup di zaman yg sudah Upgrade Ilmu tentang Tumbuh kembang Bayi ., Sebagai Ibu saya berkewajiban memberikan yg terbaik utk bayi saya, dan saya TDK mau mengambil resiko panjang pendek Utk bayi Saya .,

Baca lagi

jgn dlu bun. nunggu pencernaanya siap kisaran 6 bln

2y ago

prnah baca artikel jg kalau mpasi terlalu dini salah satunya bisa menyebabkan anak pnya gerd wktu dewasanya