17 Tanggapan

Sepengalaman sya kalau di spog mmg jarang menyarankan tindakan suntik tt atau lab bun, kecuali bunda ada indikasi tertentu yg mengaharuskan bunda lab. Kaya aku kemarin Td sy cukup tinggi 130/90 sm dokternya srh cek lab urin lengkap. Tp sy jg rutin periksa di puskesmas , sm bidannya ditanyak mengenai TT dan lab juga, Tm 1 sy cek lab di puskesmas dan suntik TT ke 3 di puskesmas . Dan TM 3 ini jg udh cek lab keseluruhan urin dan darah alhamdulillah aman semua bun. Yg penting kalau sy Hb dan Td sy normal bun.

Kalo aku cek lab itu pas periksa ke Puskesmas bun. Dokter gak nyuruh cek lab, tp sama bidan di Puskesmas suruh cek lab, ya aku nurut aja. Aku udah 2 kali cek lab di TM1 sama TM2. TM3 ini belum periksa lagi. Kalau untuk suntik TT kayaknya tiap daerah beda² pendapat dokter dan bidannya. Di tempatku gak disuruh suntik TT bun. Katanya gak perlu. Soalnya sebelum nikah udah suntik TT. Dan peralatan medis jaman sekarang pasti sudah disteril dulu sebelum digunakan, jadi aman.

Kurang tau juga aku bun

klo lihat di buku KIA memang wajib cek lab 2x d tm1 dn tm 3 bun, klo suntik tt biasanya di usia 32 week keatas tp kata bidan q kmaren biasanya yg di sarankan untuk cek lab atau suntik TT buat bumil yg kurang sehat tp klo tdk ada gejala2 yg mencurigakan dn bunda rutin mengkonsumsi tablet tambah darah gk perlu cek lab juga gk masalah tp klo suntik TT itu terserah bunda mau atau nggak

kalo udah di klinik atau rs yg beneran (bukan lagi di tangani sama bidan) atau puskes yg fasilitasnya lengkap (ini juarang banget), udah ngga perlu lagi. sebab fasilitas sudah lebih baik dan lengkap dan steril dan mudah ditangani jika terjadi keburukan dalam upaya lahiran si kesayangan.

Aku dr awal hamil smpe skrg 7 bln periksa ke dokter di rs. Gapernah disuruh cek lab sama suntik Tt bun. Cuma pas itu aku inisiatif buat cek lab trus minta dibacakan dokternya katanya normal semua.

TapFluencer

saya dr spog suruh cek lab dan ditanyain udah TT blm sebelumnya bund, cek lab saya di TM2 kalo TT baru selasa kemarin. pake BPJS difaskes1 hamdallah murah utk cek lab habis 50rb kalo TT free.

kalo periksa sama dokter SPOG gak bakal di tanyain bun soal cek lab/suntik TT .. kalo sama bidan wajib .. soalnya temenku sama dokter gak ditanyain ,pas mau tindakan SC baru cek lab di RS

kalau di daerah sy namanya ANC terpadu bund.. di puskesmas . biasanya cek darah, Hb, gigi, gizi, gitu" lah . kira" sama gk ya kayak tes lab pada umumnya? atau harus di lakukan di Rs?

penting dong, SpOG gak semua nyaranin buat cek lab dan suntik TT ke puskesmas aja sendiri, bilang nau cek lab, kalo suntik TT masih bisa ya sekalian aja

VIP Member

Cek lab min 2 kali bund Tm1 sm tm3 Segera cek aja di puskesmas kalo ada bpjs gratis Kalo suntik TT aku ga disuruh Kalo lab iya nanti lab kedua di 35week

Kalo biaya tiap RS beda2 bund Mending tany2 dulu ke RS nya sebelum lahiran

Pertanyaan populer