Curhat bun

Bun mau tanya, kalo seorang istri setiap minggu main ke rmh org tuanya apakah itu salah? Trs kalo seorang suami melarang istri yg mau silaturahmi ke rmh org tuanya apakah bisa dibenarkan? Saya baru menikah 2 bulan bun, dan saya type org yg sangat dekat dgn keluarga Dari awal pernikahan saya tinggal di rmh mertua Saya dan suami jarang ada waktu karna saya kerja pagi plg jam 5 sore dan hari sabtu minggu libur Sedangkan suami saya kerja dari jam 3 sore pulang jam 12 malam dan libur cuma tiap hari selasa Jadi kalo tiap saya libur itu kegiatan saya cuma diem di rmh mertua kumpul sama adik ipar juga karna suami kerja plg malem, kadang saya merasa jenuh karna blm terlalu dekat dengan mereka bun 😭 Skrg ini saya lgi kangen bgt sama keluarga saya, tapi tiap saya pergi ke rmh ortu saya pasti selalu jadi masalah sama suami 😭😭

7 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

saya pernah ngalamin bgini sampe suami marah besar. suami ga salah melarang, karna itu haknya. kita sebagai istri ga bisa keluar sembarangan dari rumah tanpa seizin suami. kalau suami melarang kita ketemu sama ortu, ya sudah ikuti. bunda tau kan dalam islam, setelah menikah pintu Ridho seorang istri adanya di Ridho Suami? Ridho Suami = Ridhonya Allah. Ridho Perempuan yg sudah bersuami, letaknya ada di Suami, bukan lagi di Orangtua. Tapi, suami sebaiknya memberikan izin pada istri untuk berbakti pada orangtuanya. karna Allah perintahkan langsung pada kita untuk berbakti kepada kedua orang tua. tapi kalau misal suami tidak memberikan izin, dengan bunda taat pada suami, bunda akan dapat pahala. coba adaptasikan dulu diri bunda dengan keluarga suami pelan2.. saya gitu bun, butuh waktu hampir 3 tahun buat adaptasi dan sampe skrg pun saya masih adaptasi loh.. susah? ya iyyyaa susaah.. selama kenal suami deketnya sama suami dan bumer. ga kenal dan deket sama adik2nya. tapi saya lakuin bun, supaya saya dapet ridho suami. kalo suami ridho tehadap kita, izin dari suami buat main sama ayah ibu dan adik2 kita juga jadi gampang. saya malah lebih parah bun, dulu ga anggap mertua sebagai ortu saya sendiri. ya cuma anggap sebagai mertua doang. tapi sejak saya ubah pandangan, mertua juga sama seperti ortu saya, kalau saya bisa menyayangi seperti ortu sendiri. rasanya beda aja gitu bun. tapi tentunya dengan adaptasi dan waktu lama. dan terakhir, coba komunikasikan apa keinginan bunda dari suami. karna yg namanya rumah tangga, kalo ada masalah solusinya komunikasi berdua. apalagi saya full IRT bun ga kerja. kebayang gimana jenuhnya sama rutinitas IRT dan ngurus Baby 1 taun.. main ke sama ortu itu adalah hiburan buat saya. dan suami cuma perlu kita bilang aja kalau kita mau pergi kemana-mana. jangan sampe kita melangkahkan kaki keluar rumah tanpa seizin suami, karna dosa besar kita keluar tanpa izin suami bun, sekalipun ke rumah ortu. semoga masalah bunda cepat selesai ya, semangat bun❀ inget ya komunikasikan baik2 dan minta izin suami utk keluar dari rumah. karna kini bunda adalah milik suami dan tanggung jawab suami 😊

Baca lagi
1y ago

oh, maaf terusannya belum saya baca semua. maka dari itu bun SS surga dan nerakanya Istri ada di suami itu betul. makanya di neraka kata rasulullah kebanyakan wanita. karna kufur thd kebaikan suami. intinya sih komunikasi, kalau mau ketemu ortu ya bilang dulu sama suami, gitu aja sih.

TapFluencer

Waktu sebelum menikah apakah pekerjaan bunda & suami sudah begini? Maksudnya memang ga pernah ketemu jadwal liburnya & jarang ketemu juga. Terus ketika mau menikah apakah ini udah dibicarakan? Kalo kalian ingin tinggal di rumah mertua? *Kalo misalkan udah bagaimana respon bunda saat bicarain itu. Yg dimana bunda memang Tau libur bunda & suami ga pernah ketemu & bunda dgn suami juga akan ikut tinggal dengan mertua* Karena kalo ini sudah dibicarain diawal bunda harusnya sudah siap kalo akan jauh dari keluarga (yg setiap hari ga akan ketemu) Waktu bunda ke rumah ortu apa bunda izin dulu dengan suami? Suami larangnya gimana? Apakah melarang istrinya untuk menemui orang tuanya (ga boleh silaturahmi) atau suami melarang untuk ga setiap minggu kesana? Sedangkan bunda libur setiap sabtu minggu, bunda blm dekat dengan keluarga suami. Untuk bunda bisa memahami & bisa dekat dengan keluarga suami bagaimana? Apakah harus mereka yg mendeketkan diri ke bunda? Ini baru 2 bln lohh bun, sebaiknya dikomunikasikan lagi sama suami baiknya bagaimana? Dalam berapa bln atau berapa minggu sekali bunda boleh main. Terus bagaimana cara bunda supaya bunda bisa beradaptasi sama keluarganya. Tapi kalo dari mereka sudah coba untuk mengenal bunda & menciba untuk deket. Tapi bundanya yg gamau karena setiap libur memilih ke rumah ortu bunda bagaimana nantinya bunda akan bisa deket dengan keluarga suami? Tapi kalo memungkinkan menurut saya lebih baik kalian ngontrak tinggal berdua bun. Supaya suami istri lebih saling memahami & mengenal satu sama lain. Supaya nanti kalo ada masalah bisa selesaikan berdua. Tanpa ada campur tangan keluarga baik dari keluarga suami ataupun istri. Kalo lagi ada masalah sebisa mungkin jangan curhat dulu sama orangtua ataupun mertua (selesaikan dulu di suami & istri).

Baca lagi

pernikahan kalian baru memasuki bulan ke dua, kalian masih dalam proses adaptasi, disini ego kalian masing masing masih tinggi gak ada yg mau ngalah sedangkan dalam pernikahan itu ada yg namanya seni mengalah. skrg suami kamu keberatan kalau kamu main tiap minggu ke rumah orang tua yasudah coba kamu kurangin waktu main nya jadi 2 minggu sekali, kalau masih keberatan jadi sebulan sekali. mgkin suami inginnya kamu adaptasi dlu ke keluarganya dia, selama keluarganya gak ada masalah dengan kamu (dalam artian baik ke kamu, gak pernah cari masalah sama kamu) ikutin aja dlu kemauan suami coba menjadi taat kepada suami. kalau kamu kangen bgt bgt bgt untuk sementara bisa berhubungan via video call dlu. sudah kamu komunikasikan kenapa dia larang kamu main? selama suami gak ngelarang tok (gak boleh silaturahmi sama sekali) kita turutin aja dlu keinginan dia sambil pelan pelan di komunikasikan ke suami, misal ajak dia untuk hidup mandiri pisah rumah agar dia tau perasaan kamu saat kamu jauh dari orang tua. memang rasanya berat ya tiba2 terpisah dari keluarga sendiri setelah menikah tapi disitu lah, bun, ketaatan seorang istri di uji. pokoknya selama suami gak melakukan hal yg buruk (kdrt, selingkuh, murtad (kalau bundanya muslim)) kita ikutin aja dlu. aku dlu juga gtu kok, bisa nangis nangis krn kangen rumah. tapi skrg tahun ke enam pernikahan dan hidup mandiri malah jadi jarang main malah lebih betah di rumah sendiri jadi kalau kangen vidcall aja udh cukup. main kalau ada hari besar atau memang ada acara aja πŸ˜….

Baca lagi

istri main ke rumah orang tua itu gak salah moms, Tapi suami tidak mengizinkan nahh ini yg jadi masalah. karena kita sudah jadi istri melangkahkan kaki keluar rumah pun harus dapat izin dari suami moms, agar dapat ridho suami.

ga salah, tapi memang perlu diskusi dan bikin kesepakatan aia kalau tiap xxx bunda mau pulang ke rumah buat tengok keluarga ya, kasihan kalau tidak ditengokin karena di rumah mertua terus. gitu aja bilangnya.

kalo menurut saya, kita berhak memilih mau tinggal dimna kita suka bu, suami ga berhak melarang kita, yg ada di harusnya tanggung jwb nyediain rumah yg nyaman buat kita.

VIP Member

suami belum tau dan merasakan apa yang ibu rasakan. coba di obrolin pelan-pelan

1y ago

belum cukup bu. suami belum ngerti. ini di faktor komunikasinya. bisa berjodoh berarti nyambung dan cocok, jadi tetap coba sampai suami ngerti. saya ga bisa kasih saran contoh nyata, karna setiap orang beda kondisi. tapi intinya sama, tetep dikomunikasi saya yakin nanti tercerahkan. cuma mungkin belum ketemu selanya