Cara menabung kalian

bun kalian kalau nabung itu caranya gimana? di pisahkan rekeningnya kah, atau gimana? aku susah banget nabung ☹️ #ingintahu #bantu_infomoms #seriusnanya #menabung

43 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

aku pake bank digital yang bisa misah-misahin uang bun, jadi satu rekening bisa beberapa tabungan/simpenan/pos dalam satu aplikasi dan mudah dipindah2 uangnya antar pos. tapi tetep punya bank konvensional. (penting) tiap gajian uang sudah dipisah2, di sendirikan per pos pengeluaran & tabungan. pengeluaran wajib kan bisa dirinci dengan pasti, untuk yg tidak menentu bisa kita sesuaikan. pos tabungan langsung aku setor, topup nya lewat e-wallet nanti di TF ke bank digital nya (malas setor ke bank) ? enak nya bank digital itu gratis TF ke bank lain dg kuota tertentu dan ada tabungan yang bisa kita kunci, jadi semacam deposito, kita sendiri yang mengatur kapan bisa kita buka kunci nya, mau seminggu, sebulan, setahun. aku pengguna aktif e-wallet apa aja jadi memudahkan pake mobile banking gini. nabung emas juga, kalau bisa ada tabungan uang dulu kekumpul nominal tertentu buat jaga2, baru fokus ke emas / LM dengan target. nanti jika sudah bisa disambi 2.2nya. Tips nabung itu punya tujuan nabung nya buat apa bun, dan kalau bisa ada terget nominal. nanti kita semangat. kalau ga biasa mungkin memang susah awalanya, hanya perlu konsisten, uang yang sudah di jatah kan per pos ya harus cukup. jangan memakai lebih dari perkiraan pos jika tidak darurat. (sedia uang cadangan juga, itu yang dipakai kalau ada pengeluaran tak terduga. jajan bisa di hemat jika memang ada target tujuan menabung, nanti jika sudah goal target tabungan nya, bisa istirahat lagi dari hemat, tp jangan keterusan) kalau tangan nya gatel suka nyonot tabungan, coba ke arisan. ikut nya juga disesuaikan kemampuan jangka panjang / selesai arisan nya. ??

Baca lagi

saya kerja dan suami kerja. penghasilan 11-12. kami ada 3 atm, atm saya utk kebutuhan sehari" atm saya yg lain untuk tabungan jangka pendek (utk dana darurat atau kalau butuh beli sesuatu) atm dia utk tabungan jangka panjang (bangun rumah, beli aset, dll). setiap saya gajian, 50% gaji saya lgsg masukkan tabungan jangka pendek. ketika suami gajian, dia sisihkan utk ortu dan bayar tagihan, sisanya 30% masuk atm harian, 70% masuk tabungan jangka panjang. tabungan harian utk bayar beban bulanan (air listrik iuran dan belanja bulanan) lebih hemat kalau belanja sayur di pasar/kang sayur drpd beli jadi. fokus d atm harian, gimana caranya uang d situ harus cukup sampai gajian selanjutnya. jangan diinget" tabungan d atm lain ada berapa. pokoknya tiap ada pemasukan lain dlm sebulan, lgsg masukkan ke tabungan jangka pendek (kalau jumlahnya ga seberapa banyak), atau tabungan jangka panjang (kalau jumlahnya besar). kalau tabungan jangka panjang sudah di angka tertentu, lgsg masukkan deposito, atau belikan logam mulia buat investasi. belanja sopi toped dll pakai tbungan harian, jangan pakai tabungan yg lain. pokoknya selain hal darurat jgn pakai tabungan jangka pendek dan selain utk hal" seperti beli rumah, tanah, dll, jangan pakai tabungan jangka panjang

Baca lagi

bener bun rekeningnya di pisah akan lbh baik ? kalo saya tiap bulan saya ambil 20% dr gaji suami utk saya simpan di lemari trs taro di dompet khusus yg suamiku gatau itu ada isinya krn dompet anak" ? . Tiap 3 bulan sekali aku setor ke bank bun ? kalo mager ya kadang semauku brp bulan sekali yg penting di dompet udh kekumpul ? btw , suamiku gatau kalo ak ada tabungan ini krn kalo tau tar doi kalo kepepet gada uang selalu nanya ke saya "ada uang gak?" ? . Dulu jg sama kok agak susah nabung krn ga dipisah atmnya dan yg megang suamiku pula ? pdhl kalo di pikir harusny udh kekumpul bnyk krn suamiku yg pegang dahlah gabisa berkata kata krn suamiku emg seboros itu. Misalpun dia tau ak ada rek simpanan mungkin doi diem" jg atau pura pura gatau krn dia sgt dukung sekali ak utk menabung krn dia sadar seboros itu. btw saya jg nabung uang koin 1000 & 500an di celengan bun dan uang kertas 1000 sm 2000an ? kalo ak liat suamiku ambil ak ngamok wkwk . Mulai nabung dr yg kecil dulu kalo saya blh saran sih, krn semua hal yg berawal dr kecil nnt berujung besar jg dan akan semakin memotivasi kita utk menabung dg uang yg lbh besar nominalnya krn mnrt saya menabung sm kek panen gituloh bun ?

Baca lagi

Kalau saya menabung nyimpan di dalam tas saya, ‘Bun. Di kantong belakang di bagian dalam tas. ? Supaya gampang nabung, tanamkan mindset gini aja, ‘Bun.. “Kalau aku punya tabungan uang sendiri, dikit–dikit aja dulu, ‘toh nanti jadi makin banyak yang penting aku tetap simpan utuh uang yang sudah di tabung. Kalau tabungan aku sudah banyak duit nya, sebagian nya tetap aku simpan jadi tabungan..., dan sebagian lagi aku shopping ???” Saya sih nanemkan mindset di otak saya begitu, ‘Bun. Alhamdulillah uit tabungan saya terus jalan, meski kapan² kalo udah kekumpul banyak saya ambil sitik buat belanja. ? Hahahaaa Kalo soal urusan bank..., justru saya gak suka urusan duit pakai bank. Tapi dulu ketika saya masih gadis dan jaman sekolah, orangtua saya sering nyuruh saya ngambil uang di atm; entah dari atm Ayah saya dan atm dari Ibu saya. Sekarang pun saya sudah menikah, saya masih malas ngurus rekening bank. ? Saya ngurus duit saya, saya simpen sendiri dalam tas saya, nabung pun saya simpan di tas saya juga. Jadi saya sekarang narik— transfer dan transaksi pakai kartu suami saya aja. ?

Baca lagi

Balik lagi ke pribadi masing-masing kalau menurutku. Seberapa sadar terhadap keinginan dan kebutuhan. Karena keinginan dan kebutuhan itu beda. Karena kalau gak pernah sadar akan hal ini susah. Soalnya tetanggaku ada yang dia berusaha nabung setiap habis gajian beli emas, tapi akhir bulan udah dijual lagi karena terlalu royal belum lagi pinjem sana sini. Beli baju tiap bulan, belum lagi jalan-jalan dan jajan yang mahal. Gak masalah kalau gak keseringan, kalau keseringan ya pastinya tabungan selalu bobol. Dan yang kaya gini kan keinginan bukan kebutuhan. Kalau mau nabung baiknya puasa (Puasa mata) Lihat orang lain pakai sesuatu yang bagus, tahan keinginan dan pura-pura gak lihat. Puasa untuk gak banyak buka market place. dan lainnya yang bisa mengacaukan keuangan kita. Kalau saya pribadi ada rekening yang tanpa ATM atau aplikasi. Itu khusus nyimpen, dan pastikan nyimpen di awal gajian, bukan menyisakan di akhir.

Baca lagi

kalau aku pakai rekening beda bun. kebetulan aku juga kerja. jdi kalau gajian masuk ke rekening "A", nanti ku ambil seperlunya dipindah ke rekening "B". jdi gaji yg di rekening "A" tidak terusik. plus yg rekening "A" jangan ada m-bankingnya resiko buat belanja online soalnya. kalau uang dri suami kupakai untuk keperluan rumah tangga, kasih ortu atau keluarga lain yg butuh, sama untuk keperluan lain-lain. suami juga sama ada 2 rekening yg khusus untuk tabungan dan keperluan pribadi dia. sama usahakan ada deposito atau tabungan sekolah anak kedepannya bun. sekarang mau buka deposito gk harus uang puluhan atau ratusan bun. mulai dri jutaan juga udah bisa. sama kalau aku meminimalisir uang cash di dompet, karena kalau pergi2 suka gk tahan pengen beli2 barang yg kadang gk dibutuhkan. jdi bunda juga harus tau dulu kelemahan bunda dan cara antisipasinya.

Baca lagi
TapFluencer

susah nabung kalau menurutku karena 2 faktor bun. 1. ada uangnya tapi memang tidak bisa nabung, caranya ya begitu gajian langsung pisahin, senyamanya bunda aja, bisa di celengan, masukin bank, ke reksadana, ataupun di arisan. kalau aku intinya membangun habit menabung dulu, nyobain setahun nyisihin duit. dan juga, bikin target mau punya duit berapa, biar semangat nabungnya. 2. emang ga ada duitnya bun, alias pemasukan kurang. kalau kaya gini yauda tambah penghasilan, karena sama aja boong, niat nabung tp uangnya uda ada post masing-masing. bahkan mungkin malah kurang buat lainnya. kalau pemasukan kurang dan masih pengen nabung, yauda kurangin apa yg bisa dikurangin, lalu sisihin buat tabungan. misal, sisa uang belanja 50rb ya jangan dianggep rejeki trus buat jajan beli makanan, tapi langsung ditabung aja. intinya ya harus menahan diri bun.

Baca lagi

dulu bisa banget nabung bun tp sekarang smenjak punya anak susah banget, aku baru aja punya anak usianya 8bulnn dan aku sekarang full irt, jd cuma ngandelin gaji suami. karena puny anak lg aktip2nya bun, hampir apa2 beli termasuk makan, aku cuma masak nasi aja. dlu sllu masak tp pas puny anak susah bener ngatur waktu, mau nabung tp sllu aja ada kebutuhan aplgi masalah anak gabisa d ganggu gugat klo apa lngsung beli, jd jujur susah buat nabung bner2 dari nol lg. dulu tabungan Alhamdulillah lumyan bnyak bun, tp dari hamil lahiran ternyata lumyan btuh banyak aplgi ini anak pertama.

Baca lagi
VIP Member

kalau aku pake blu bund soalnya nabungnya bisa dipisah-pisah gitu (nabung untuk anak, untuk beli abc) tapi satu akun, terus bisa nambah anggota jadi bisa saling mgontrol juga sama suami. sama aku nabung harian juga, kalau baru gajian nabungnya 100-200, kalau tanggal tua nabungnya 5000 juga gak masalah. sama bikin rekening lain buat nabung dana darurat. kalau susah nabung lebih baik tiap ada pemasukan atau uang lebih dibeliin emas antam aja. pelan pelan aja bund sedikit sedikit tapi jangan pake uang sisa soalnya pasti gak akan nabung nabung

Baca lagi

tabungan ada brp jenis. bentuk deposito sama saving biasa. klo hbs blnja ada kembalian 1000 logam ga prnh d pake.. lgsg msuk kaleng.. tabungan anak sama suami istri beda. jd ud d bagi2 dr pas suami gajian.. klo bntuk persentase nya mgkn : tabungan anak 25%, tabungan kami 25%, uang blnja 15% ngasih ortu 15% jajan dy 5% jajan ku 5% byr listrik air dll 8% cadangan 2% tapi kdg klo suami ga hbs tu 5% dan cadangan ga kepake... d msukin ke tabungan bln dpnnya lagi. cicilan O. alias ga punya. cuman tiap org beda2 ya.. ?

Baca lagi
1y ago

makan ber 2 ckup soalnya masak. klo makaan d luar, lain lagi jatah nya.. soalnya seminggu aku blnja syuran dan bumbu dapur klo hbs keknya 120-150k seminggu.. klo daging mood2an.. ke supermarket mood2 jg.. kdg sbln 2x habis ga nentu juga.. ? aku jarang klo ke alfa/indo... k sana klo promo JSM nya menarik ? ke supermarket jg sama.. klo kyk sabun mandi aku beli merk jasmy itu 900ml 2pax jd 58k bisa buat berbulan2 soalnya pake ber 2..dan aku type mandi 1x shri ?kalo 2x mndi, 1x ga paake sabun.. bkn krn menghemat tp ku percaya sabun bkin kering kulit... ? sampo juga beli refil... ku keramas 2hr skli.. krn d rmh aja.. rmbut jg bkn type minyak... sabun cuci baju m piring beli pass promo ? rata2 50% lebih dr gaji smua msuk tabungan..