Bun aku mau cerita

Bun gimana perasaan bunda2 kalo ada yg bilang: “Kenapa pake sufor? Kan darah daging kita bukan darah daging sapi” “Badannya gemuk masa ga keluar air tetenya, kan biasanya subur” “Aturan makan yg banyak, makan sayuran biar air tete nya banyak” “Usaha dulu, kasian anaknya ga kenyang kalo ga minum ASI” Kok aku sedih ya, apa aku yg lg baper ? Ngadu ke suami, suami malah nganggapnya itu bercandaan??? tp jujur sakit bgt, seribu cara aku udh usahain supaya ASI.

83 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

mengasihi memang butuh prjuangan bunda.. sy aja yg pnya anak 2 mengakuinya.. ank prtama masih newbie bgt.. pasca melahirkn asi kluar tp dikit.. sy gk imd krna abs melahirkn sy diare.. smpai rumah sy bljr mengasihi.. tp baby bingung puting, puting sy jg datar.. sm bu bidan suruh tempeli pucuk dot.. akhirnya baby bs nyusu.. bb bayi naiknya seret karna baby blm bs pelekatan yg benar saat menyusu.. sm bu bidan dilatih lg akhirnya baby bisa menyusu langsung.. tp puting sy lecet dan berdarah krna plekatnnya msh slh.. akhirnya sy searching di youtube cra pelekatan menyusu yg benar.. alhamdulillah brhasil dan puting sy tdk lecet lg tiap menyusui..ank kedua sy imd.. asi kluar dikit bgt abis lahirn.. tiap baby nangis mnta asi sy susui trs.. smbil dipencet2 putingnya lumayan kluar dikit2 biar di kecap2 bayi.. tp baby blm puas.. alhasil baby nangis trs.. tp gk sy kasih sufor sma sekali cm sy telateni.. dlm mindset sy baby msh bs bertahan smpai 3hari tnpa mnum asi yg banyak.. di hari ke 3 asi sy mulai banyak krna terangsang oleh mulut bayi yg bljr mnyusu..puting sy masih datar lo bund.. baby kadang gk sbr krna bingung puting tp sy telateni sy usaha trs smpe baby bs menyusu.. alhamdulillah brhasil.. klo bunda stress asi mkin gk mau kluar.. smakin dilatih baby akn pintar menyusu.. smkin dikecap bayi putingnya akn merangsang hormon oksitosin dlm tubuh yg berperan dlm produksi asi..tp bunda hrs kuat denger bayi nangis dan suara2 org2 yg gak tahan denger suara bayi nangis pas nyusu.. kbnyakan akn menyarankan utk udh kasih sufor aja ksihan bla bla..

Baca lagi

hai bunda.. lagi berjuang jadi busui ya? tos dulu.. kita sama nih ? bund, kunci air asi banyak itu adalah happy nya seorang ibu. happy sebagai ibu baru, happy sebagai wanita yang udah berjuang hidup mati, happy bisa punya bayi yang sehat dan lucu, happy sebagai istri yang bisa bikin suami senang juga. aku juga rasai yg sama kaya bunda. Aku juga sempet kena baby blues saking tertekan nya di bulan pertama setelah lahiran. Alhamdulillah, aku bisa bangkit. aku ciptakan mindset positif, Aku ibu sehat, anak ku sehat. aku ibu happy anak ku happy, aku harus kuat biar anak ku juga kuat. aku selalu bilang ini ke diri aku. aku cari posisi paling nyaman buat nyusuin, buat tidur, bahkan sekedar duduk sambil pangku anak pun aku buat senyaman mungkin. aku scroll hp utk sekedar me time sejenak kalo anak mulai tidur, ga lama cuma 15 menitan dan setelahnya aku ikut tidur. aku pesen makanan kesukaan biar aku seneng. hal hal simpel ini yg bikin aku seneng ditengah ocehan yang nyelekit itu. semoga bunda juga kuat dan makin happy supaya asi nya banyak ya bunda.. semangat mengASIhi ya bunda???

Baca lagi

iyain aja bund.. aku udah ngalamin pas lahiran anak ku yg pertama, kan anak ku sufor juga nah sama tu di bilangin kayak gitu.. tapi mereka tu cuma "anget" di awal aja.. dari mulai mereka pulang sehabis jenguk anak ku dan komentarin aku ini itu ga ada lagi tuh nanya kabar apa gimana ttg anak ku.. kesimpulannya ngga usah di dengerin mulut panas2 tai ayam kek gitu.. (orang yang bilang anak ku anak sapi nihhh anakku udah umur 3 tahun sehat dan lucu.. pada kemana loooo skrg haaaah ?? yang bilang "eh kok bayi baru lahir pake pempess? males banget nih emaknya.. nanti pantat anaknya luka2 baru tau rasa" siniiii liat pantat anak gw lebih mulus dari muka looo. Mon maap kesel?) entahlah ya entah perasaan ku aja atau gimana tapi aku ngerasa ibu2 yg baru lahiran ini rasanya kayak samsak empuk yg bisa di jadiin sasaran untuk di komentarin ini itu.. jadi keep strong dengan cara tutup kuping.. iyain aja kalo ada yg komen.. masuk kuping kanan keluar kuping kanan alias gausah di dengerin.. kecuali emang komentarnya membangun untuk diri kita sendiri.. semangat bund..

Baca lagi

aku malah sebaliknya bun.. bayi nb baru sejam kebangun "aduh kenapa kebangun terus, gak kenyang ya?" langsung diomongin diluar kamar "pasti gak kenyang, harusnyab70% sufor, 30% asi". itu bapak ibu mertua lho yg ngomong, bukan orang lain. bayi udah 4 bulan mertua ngomong lg pas kita nginep dirumah mertua "tetangga mah ibu nya lg ke luar kota sampe sore blm pulang, bayi nya ditinggal dirumah minum sufor". "kamu kenapa gak mau sufor? padahal sufor bikin sehat dan gemuk lho". meski gak gemuk tapi bb nya diatas garis kuning-hijau itu. meski becanda tetep aja sakit hati dikatain gak sehat. bayi aku dulu juga sempet dibantu sufor kurleb 1,5bulan. lepas itu bingung dot, bahkan empeng aja gak mau. aku jadi suka males kalo ngomong ama mertua atau nginep lg. keinget terus, suami gk tau ibu bapaknya ngomong gitu. mau becanda pun, gak layak buat judge anak dan kehidupan kita. kalo sama orang lain aku berani nyentak lg, entah kasar atau apapun. kalo sama keluarga suami entah gak bisa, entah takut suami gk berpihak ke aku atau emg udah males ladenin.. hmm

Baca lagi
1y ago

bener bgt Bun, kenapa ya yg rata2 toxic itu dari keluarga suami?

ga usah stress bund,ga usah dipaksain klo emang asi ga keluar,klo masih ada nyolot,ceritain aja kisah Rasulullah yg mana ibu Aminah,ibunda Rasullullah ga bs menyusui krn asi nya ga kluar yg pada waktu itu Rasullullah harus minum asi dari ibunda Aminah akan tetapi akhirnya Rasullullah pun harus mendapatkan asi dari ibu persusuan untuk mendpatkan asi,dmn pada wktu zaman Rasullullah blm ada yg mana nya susu formula buat bayi..nah klo udh bgitu,klo udh ada masih nyinyir n nyolot bs tau dari kisah dari Rasullullah,bahwasanya klo ada ibu yg ga bs mengAsihi itu bukan suatu kesalahan tapi emang suatu keadaan si ibu yg memang tidak dpt untuk mengAsihi anaknya..sabar aja y bund,tetap semngat berikan yg terbaik buat dedek bayi untuk trs sehat n tumbuh dg kuat,yg perjuangan kita sbgai ibu untuk trs membuat anak kita untuk bs bertumbuh kembang dg sehat..semangat untuk saya dan ibu2 semua apupun itu brikan yg terbaik untuk anak kita entah kita bs mengAsihi atau dg bantuan sufor yg penting dedek bayi ank kita bs sehat ?

Baca lagi

diiyain aja tapi tetep di nenen in bun, kalo gak ada kendala medis, misal bundanya konsumsi obat jangka panjang dan pengaruhi asi 20 menit kanan 20 menit kiri(mo ada ato gak ada asinya) baru kasih sufor dulu saya tetep rajin nenen in walo cuma di kempeng aja, tetep pake sufor bun dah konsul dokter emang kurang asinya sampe tetep keluar tanda dehidrasi.... tetep tak nenen in bun setelah 3 bulan, Alhamdulillah keluar lumayan, walo lagi lagi gak.bisa lepas sufor karna tanda dehidrasi muncul lagi..... paling gak ada asi tu enak, ringkes dan bisa deket ma anak lebih dalem lah, saya rasain sendiri paling ampuh mo makan ini itu obat murah ampe muahal udah tak coba, yang paling bener cuma di nenenin langsung..... secara teratur, gak.boleh males karna udah pake sufor.... itu pengalaman saya bun

Baca lagi

Bunda sayang, kita dikeadaan yang sama ? aku malah sampe mertuaku loh yg ngomong begitu hehe.. sakit hati wajar bunda, tapi kewarasan bunda yg utama. adakalanya kita perlu pasang tembok ketelinga kita dari komenan ga bermutu sperti itu. Bunda sudah melahirkan anak saja itu adalh sebuah kebanggan, bisa mengorbankan diri utk merawat baby new born itu juga suatu kebanggaan. bunda perlu apresiasi diri bunda sendiri ya. kita ga memberi asi bukan berarti kita ibu yg jahat kok bun. Sufor atau asi itu adalah bukti bunda berusaha memberi kehidupan di bayi bunda, ini bukan soal kandungannya ya tapi ini soal bunda yg sudah berusaha sebaik mungkin menjadi seorang ibu. Peluk jauh dari aku, jangan stress, bayi bunda cuma membutuhkan bunda jadi pastikan bunda baik baik sj dan bahagia terus ?

Baca lagi

subhanallah yah bundaaa,yang sabarrrr kalo bunda habis ngelahirin Mungkin memang itu godaanya + kalo udh ngelahirin memang S ibu Lgi dalam masaa baper²nya dan ini wajarrr,,Temen saya juga gitu Bun ,Bahkan temen saya si anak nya malah di susu in ke orang lain ,saya aja denger nya sakit hati, padahal itu bayi 1 bulan aja blom . dan skrg bayinya gamau minum asi dari ibu nyaa,..Akhirnya pake suforr,padahal Asi nya normal,asi nya banyak,tapi kata keluarga mertua dan sodara² mertua sering di katain Asi nya dikit ... sabar yah Bun jangan sampe setres juga ini bisa ngaruh ke diri kitaaa,Bodo amat ,jangan d pikirin yah Bun,meskipun sakit nya nambah karna suami juga malah nganggap enteng ,ttp semangaat yah??

Baca lagi

Bunda yg sabar ya, ada beberapa tipe manusia yg memiliki mulut tanpa pemikiran. Tidak semua manusia yg bersekolah menjadi manusia yg berpendidikan. Tidak semua warga bumi yg memiliki empati walau sering beribadah. Banyak dr warga bumi begitu cepat berkomentar tapi tak cepat dalam berpikir ?. Asi adalah anugerah yg mahakuasa jika memang belum di kasih ya gpp, yg penting kita syukuri saja bun. Jd ibu itu harus bahagia bun, hempaskan semua komentar negatif nah si komentator yg negatifnya juga kalau boleh di hindari duluagar bunda bs menata hati. Bunda jgn kecewa sama suami ya karena suami makhluk mars (ini istilah dari buku venus vs mars) Maksud suami untuk dianggap candaan agar bunda ga ambil ke hati.

Baca lagi

aku juga lagi berada di posisi bunda,asi ku keluar tapi anak ku gak mau netek mau nya sufor,,orang sekitar terutama ibu mertua nyalahin aku yg gak pandai netekin ,yg gak sabar,gak sayang sama anak. disitu aku langsung nangis cuma masih bisa di tutupin takut mertua tersinggung...tapi makin lama makin sering bahas asi apalagi tetangga kalau berkunjung selalu tanya asi dan selalu mertua yg jawab ini itu nyalahin aku di tambah lagi omongan tetangga yang ngomporin cerita dulu mereka makan ini itu intinya cerita bahwa mereka wanita yg paling sempurna lah ..aku mah diam aja.btw aku masih satu rumah sama mertua? sekarang cuma bisa yaudah lah dengerin aja sampai mereka capek sendiri

Baca lagi