Curhat dan saran

Bun ceritanya dulu saya kerja dikantor yg cukup bonafit dengan gaji yg lumayan besar, teman2 saya pun termasuk orang2 yg kerja cuma buat ngisi waktu luang aja.. hampir setiap hari kita makannya g nanggung2 pergi ke cafe2.. klo ada barang baru atau makanan yg lg hits pasti rame2 beli.. (saya ikut2an aja karna wktu itu saya yg paling muda dan paling baru) selang 6 tahun saya memutuskan untuk resign karna ingin fokus punya anak.. teman2 yg lainpun 1 persatu resign (tp beda kondisi dengan saya yg lain suaminya rata2 berstatus manager atau wirausaha mapan sedangkan suami saya karyawan biasa). Kita ada group yg namanya ex adm PT xx.. setiap kali ada yg berulang tahun pastilah kita patungan dan transfer ke yg ultah untuk beli kado.. selanjutnya yg ultah nantinya mentlaktir makan anggota yg lain.. awalnya saya g keberatan bun selama saya masih bisa.. pendek cerita suami saya phk efek pandemi dan saya hamil anak pertama.. saya masih bisa mengikuti kegiatan mereka karna masih ada tabungan dan sedikit banyak saya dibantu mertua (mertua lumayan berada).. tp setelah anak lahir prioritas saya berubah punya uang berapapun saya utamakan untuk keperluan anak saya.. saya mulai bingung dengan ajakan2 meet up yg selalu di tempat hits.. alasan demi alesan saya sampaikan.. selang 1 tahun ternyata saya hamil lg bun padahal si kakak blm ada 1 tahun.. ekonomi makin menghimpit.. karna pengeluaran kami lebih bnyk sedangkan penghasilan semakin minim (itupun hanya mengandalkan bantuan dari mertua karna suami masih blm mendapatkan pekerjaan). Singkat cerita ya saya bercerita ttg keadaan saya saat ini.. mungkin diantara mereka hanya 1 atau 2 orang yg mengerti yg lain masa bodoh.. apakah saya salah bun jika saya berusaha menghindari mereka demi ketenangan pikiran.. karna saya merasa terbebani bertemen dengan mereka yg harus selalu ada uang yg lumayan disetiap kali meet up atau ada perayaan sesuatu dan pastinya ada rasa minder didiri saya.. saya pernah dibilang jgn memutus tali silaturahmi.. tp maksud saya bukan itu.. saya g mau membebani suami dengan hal2 yg g penting apalagi menghamburkan uang untuk sekedar makan.. sedangkan dirumah anak saya butuh sufor.. saya memberanikan diri untuk mundur dari acara2 patungan beli kado, arisan dll walopum rasanya malu sekali.. saya g tau apa yg mereka pikirkan ttng saya.. apakah saya dianggap sombong.. tidak mau bersilaturahmi atau mungkin pelit.. tp seenggaknya saya g harus mikirin drimana saya hrs dapat uang untuk patungan dan bayar acara ini itu dengan mereka, saya hanya mikirin gmn anak saya tetep bisa sufor dan gimana saya lahiran nanti.. menurut bunda2 apakah saya salah jika saya lebih memilih tidak bertemen dengan mereka bun? Atau saya harus gmn? Saya sudah jarang sekali komen d group.. tp kadang masih suka di WApri kalau saya g respon di group..#bantusharing

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

bunda sudah benar mnrut saya.. bedakan kehidupan sebelum dan sesudah menikah, kalau memang mereka teman yg baik harusny ngerti sih tntg keadaan bunda bila mreka org yg baik dan setia kawan mgkn meteka harusny mau membantu bunda. bukan malah gosipin bunda di blkang. mnrutku gitu sih..

ngapain berteman klo merugikan. jangan pikirin org lain. pikiran diri sendiri dan keluarga. asal ga ngerugiin mereka. biar aja dibilang gimana juga.