cara untuk anak belajar jalan

bun.. anakku udah mau 13 bulan, tapi blm bisa berdiri sendiri, blm mau juga jalan sendiri.. setiap di titah, anak selalu meluk kaki ibunya.. kira2 cara ngatasinnya gimana ya biar anak mau belajar jalan?

6 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Share pengalaman saya ya bun... Anak jangan di titah, biarkan dia melantai beri dia media untuk belajar berdiri sendiri dan jalan. Kalau belum mau melangkah jangan kasih push walker karna bahaya bisa kepleset, kasih saja dulu seperti kursi dsb untuk latihan berdiri. Setelah lancar berdiri kasih push walker. Kemarin waktu belajar jalan, anak saya sering saya ajak interaksi dengan anak2 diluar yang sudah bisa jalan bahkan lari2. Supaya dia bisa lihat teman2 nya jalan, jadi termotivasi. Sering juga saya biarkan latihan di atas pasir, tanah atau rumput tanpa alas kaki. alhamdulillah membantu banget buat anak saya belajar jalan. Jangan sering gendong, jangan titah, jangan kasih baby walker, awasi saja, kasih media belajar, pastikan lingkungan sekitar aman..

Baca lagi
1y ago

Iya bun Alhamdulillah cepet ya.. anak saya baru satu tapi ya kira2 begitulah pengalaman saya melatih anak

VIP Member

pngalaman anakku blajar jalan pake push walker bun.. dari umur 9 bulanan aku kenalin pushwalker.. kan ada mainannya jd di mainin smbil bdiri" rambatan gtu (rodanya dikunci biar ga jalan) pas uda bisa pake sambil dorong".. aku ajakin jalan di luar rumah sambil nyeker.. jatoh jga prnah jd tetep dipantau aja.. jaraang bgd titah.. jd kalo ada meja pendek, coba kasi mainan/makanan/benda menarik biar anaknya mau bdiri rambatan dulu bun.. atau bisa tempelin bola bola/mainan di tembok, suruh anaknya ambil.. klo ga punya pushwalker bisa pake kursi plastik/galon diisi air pegangin dri belakang

Baca lagi

stimulasi buat berdiri sendiri dlu bun. kalau anak saya dlu. saya kasih double tip di tembok terus saya tempel kan bola" kecil. anak tertarik untuk coba berdiri dan ambil itu bola nya. lama" dia pelan" rambatan di tembok. nanti kalau sudah kuat, baru di stimulasi untuk jalan dengan cara mendorong sesuatu misal kursi, galon atau yg lain.

Baca lagi

pengalaman anakku juga minta di titah terus bund , tapi aku gak membenarkan anak di titah Yaa.... Jadi anakku tetap aku stimulasi buat berdiri dan jalan sendiri, aku kasih dia galon , kursi plastik. lama2 dia bisa berdiri sendiri dan pelan2 jalan kaki meskipun baru 1-2 langkah. anakku lancar jalan kaki pas 14bulan.

Baca lagi

dorong2 keranjang baju, kursi, atau galon. terus distimulaai bun, cekyutub.

VIP Member

jgn dipaksa bun, biar merambat dulu, pancing mainan biar mau merambat