Harus pindah atau tetap di rumah mertua

Bun, saya ibu dr seorang balita usia 4th dan skrg sdg menunggu kelahiran baby kedua. Dr awal menikah sampai 5th perkawinan kami, saya tinggal di rumah mertua bersama kakak ipar dan istrinya. Pdhl sbnrnya kami sudah pny rumah sendiri, tp suami blm mau pindah dgn alasan kasihan ibunya tinggal sendiri (bapak mertua sudah almarhum dr sblm saya mengenal suami). Pdhl jelas2 ada kakak ipar saya disitu. Tp memang kakak ipar saya type yg ga bisa diandalkan. Dulu dia bekerja di perusahaan oil & gas dgn gaji besar, tp sekitar 4th lalu dia di phk. Dan sejak saat itu dia kebanyakan nganggur di rmh, nonton tv, tidur, main game. Sampe saya gedeg bgt liatnya. Kok laki2 ga ada tanggung jawab sama istrinya. Sampai2 istrinya pulang ke rumah org tuanya dan dia ga ada inisiatif utk menjemput atau gmn. Jadi ya gantung aja hubungan pernikahan mereka. Sepertinya kakak ipar saya ngandelin mertua saya, karna mertua masih ada uang pensiun. Pdhl uang pensiun brp sih? Kebanyakan pengeluaran di rumah itu saya dan suami yg menutupi. Selama ini saya dan suami bekerja, keuangan rumah tangga suami saya yg kelola. dan saya selalu menyetor 50% gaji saya utk keperluan rumah tangga kami seperti listrik (listrik rumah selalu diatas 1jt setiap bulan), cicilan rumah saya (kami KPR jangka waktu 5th dan bbrp bulan lg selesai), sekolah anak, bayar ART dll. Ya sbnrnya jatuhnya saya tidak dinafkahi suami, tp saya ga terlalu mempersalahkan hal itu. Karna sisa gaji saya sendiri masih cukup utk memenuhi kebutuhan pribadi saya dan bahkan mempunyai tabungan biarpun sedikit. Awal pernikahan saya sering minta pindah rumah sama suami saya, tp suami saya blg dulu sblm nikah saya sudah janji mau tinggal bareng sama ibunya. Ya tapi kan ibu doank, ga pake abang ipar jg. Dulu abang iparnya yg rencana mau keluar dr rumah itu. Bahkan dulu saking seringnya saya ngajak pindah rumah, suami saya sampe blg silahkan saya aja yg keluar dr rumah itu, dia ttp di rmh ibunya. Saya sbnrnya berani nerima tantangannya, tp saya jg mikirin perasaan org tua saya pasti hancur klw liat rumah tangga saya berantakan, jd saya memaksakan diri tinggal di rmh mertua sampai skrg. Dan skrg, bun... Mertua saya ngajakin keponakannya yg usia 40an dan blm menikah utk tinggal di rumah mertua. Aduh makin2 ga nyaman saya disitu. Tp suami saya ttp keukeuh kami tinggal disitu, tanpa mikirin saya bahagia atau tidak. Saya tau bgt klw saya minta pindah rumah lg, pasti suami saya akan ttp milih tinggal sama ibunya. Buat suami, ibu itu diatas segalanya. Pernah saya menegur ibunya karna pola asuh yg salah (mertua memakaikan diapers ke anak saya yg hampir 4th, mertua kebanyakan membelikan mainan ke anak saya, mertua nyetel tv seharian full utk anak saya), pdhl saya menegur baik2, bahkan ibunya aja menerima saya tegur, tp suami saya ga terima. Saya dimaki2, bun. Salah ga sih bun klw saya ngotot minta pindah rumah pdhl dulu saya sudah janji mau tinggal bareng mertua? Karna jujur bun, disini kebahagiaan saya cuman karna ada anak saya.

20 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

sm kaya suami ku bun tp kalo suami ku kebergantungan sm mamahku, kami tinggal bareng dirumah ortu ku buat ngejagain mamah krna aku brokenhome sejak remaja dan skrg udh nikah aku memutuskan untuk mengajak suami tinggal dirumah sekalian buat jaga mamah krna dari masing2 bnyk anak(kaka2ku) yg paling dekat dengan mamah ya cuma aku dan mamah gamau jauh dari aku. Semenjak tinggal bareng sm mamah, suami dan mamah ku kurang akur bun (mamah ga suka sm suami dan keluarga nya yg selalu semena2 ke aku) ya gitu deh bun aku pusingg ntar ada aja keluhan suami yg bilang mamahku begini begitu lah, yaudah akhirnya ku putuskan buat tinggal ngontrak aja deket2 rumah yg penting aku bisa sambil jagain mamah ehhhh tapi malah jadi suami yg gamau pindah bun mau nya ttp numpang ke mamahku (biaya hidup kita dibiayai mamahku huhu malu rasanya aku sm ortuku bun,ini juga penyebab mamahku ga suka sm suamiku. Setiap punya uang lebih suka ngasih jor jor an ke ortunya sendiri pdhl kita numpang hidup sm ortu ku, buat mikirin biaya makan,listrik atau apapun itu aja suamiku gamau mikirin bun maunya tinggal enak doang makanya aku ajak pindah biar mamahku gak terbebani eh suami malah gamau bun kaya takut gitu gabisa biayain hidup aku dan anak) dan juga sama bun aku juga punya kaka cowo dia suka nginep tinggal disini cuma buat leha2 aja enggak kerja enggak apa pdhl udh berumah tangga dan istri nya pun sama gamau krja malah ngandelin mamahku, gondok kebanget hatii kalo dirumah ada mereka semua ngumpul huhu kasian mamahku pdhl mamahku org baik tp selalu saja di manfaatin uang masa tua nya(uang pensiun)

Baca lagi
5y ago

Ini sih namanya gak tgg jawab ke istri bun. Sabar ya bun, smgaa mama bunda sll ridho

Coba bun ngmg sama suaminya di saat2 mau tidur. Biasanya saat2 seperti itu lg santai dan tukar pikiran juga enak. Ngomongnya jangan langsung nembak bilang ayo pindah rumah. Manja dlulah sama suami. Tanyakan sm suami klo kebahagiaan bunda penting gk utk dia. Baru keluarin uneg2 yg diposting ini ke suami bunda. Tp ttp harus dgn cara lembut dan ngmgnya pelan bgt. Baru klo sdh enak alur pembicaraan, bunda ajukan pindah dgn syarat bawa mertuanya aja. Klo suami model bgtu akan susah sekali bun utk dilawan apalagi diajakin debat. Ujungnya nanti kita sbg wanita yg rugi. Bnr2 harus cari celah kelemahan suami. Semangat ya. Semoga suaminya mau mengerti.

Baca lagi

Saya menikah dengan suami 3th, selama ini saya juga masih tinggal sama mertua, mom. 2th pertama, suami nurut sekali sama ibunya. selama itu saya juga tekanan batin, hal kecil dibesarkan, mertua saya sombong mom, setiap bicara nadanya merendahkan, beruntung mom bisa bekerja dan menghasilkan uang sendiri, 1th terakhir alhamdulillah suami mau mengerti dan mau pindah rumah, meskipun belum ada tabungan tapi sudah ada rencana. Kalau mom merasa tidak mampu, tinggal saja dirumah sendiri. Supaya suami introspeksi.

Baca lagi

Sma bun aku juga dulu gtu kalo udh nikah mau ikut sama suami, akhirnya nikah aku sama dia, ikut sama suami cuma beberapa bulan aja,karna gak tahan sama iparnya,aku lebih milih buat tinggal di rumah mamahku sama babyku, itu aja aku pergi gtu aja bun saking gatahanya, akhir nya dia nyamper kerumah mamahku, minta maaf sama aku bun kata dia sekarang terserah aku aja maunya di mana yg penting sehat2 aja di rumah mamahku,

Baca lagi

Ya mending pindah rumah lah ajak mertuanya. Biar ipar anda cr kerja. Klo polanya kaya gitu trus ya sampe kapanpun anda akan tetap dirumah mertua. Klo emg suami gamau juga ya saya mending tinggal dirumah baru. Lbh nyaman dan tenang. Drpd seumur hidup direpotin ipar kaya gitu..

Kan udh ada keponakannya bun yg 40 thn itu jd udh ada yg nemenin mertua ...mestinya sih suami bs berpikir bijak ...kasian juga bunda namanya rumah tangga kan pasti ingin bs hidup mandiri...cb dibicarakan lagi bun sm suami siapa tau suami tergerak hatinya

VIP Member

Pindah bun, hak istri kok itu bun. Berbakti sm ibu boleh, tp disana ada ipar laki2 yg bukan mahrom, bilang saja tdk nyaman. Berbaktinya jg bs dg cara lain, sering nengokin tiap minggu misalnya. Ya sayang aja bayar KPR tp rumah ga di tempatin bun...

VIP Member

Pindah rumah dan ajak mertua. Karena suami juga serba salah. Dalam islam memang ibu lebih tinggi derajatnya dr pada istri. Tp disisi lain suami juga wajib memberi nafkah lahir batin dan tempat tinggal yg nyaman untuk istri.

Ud bu pindah aja ajak mertua nyaa. Jgn diajak iyu keponakan sm kakak iparnya bukan mahrom . Kl bunda muslim, suami nya dgrin kajian RT aja bun emg tdk disarankan kan tinggal seatap sm yg gak se mahrom .

ajak mertua ke rumah yg KPR bareng suami dan anak anak. kakak ipar dan istrinya beserta keponakan 40th suruh hidup di rumah mertua, mikir sendiri makan apa. udah gede mereka harus bisa mikir sendiri bun