Bingung

Bun minggu lalu aku cek di bidan detak jantung janinq (djj) dan sdh bisa kedengaran tp usia kandungan aq baru 14 minggu dan bidan bilang usia kandunganq bukan begitu krn usia 16 minggu baru bisa kedengaran djj jadi bidan menyimpulkan bahwa usia kandungan aq sdh 16 minggu tp seingatq si hplq bulan februari tgl 15 bun .. Mana suami balik dri kerja jauh wktu awal bulan februari jg Tp bidan hitung hplq dr bulan januari Aq takut sampai suami nanti salah paham ?

27 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

“Usia kehamilan yang melebihi usia pernikahan ini adalah hal yang biasa terjadi. Hal ini dikarenakan penentuan usia kehamilan dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Bila Anda menikah disekitar waktu pembuahan/ovulasi/keluarnya sel telur, maka kemungkinan Anda akan dapat langsung hamil. Pada kondisi ini, perhitungan usia kehamilan tetap ditentukan dari hari pertama haid terakhir Anda yang terjadi sebelum pernikahan. Sehingga tentunya baik dari perhitungan manual berdasarkan HPHT maupun dari USG akan didapatkan usia kehamilan yang melebihi usia pernikahan. Adapun penentuan usia kehamilan berdasarkan USG pada trimester pertama kehamilan biasanya memiliki akurasi/ketepatan yang tinggi. Biasanya angka kesalahan USG hanya beberapa hari-1 minggu. Semoga dapat membantu”

Baca lagi

Saya 13w udh bisa didengarkan djj-nya kok bun. Kalo mau yg akurat lebih baik usg bun, karna kalo bidan kan lebih banyak metode manual. Jadi kadang pake perkiraan. Dan jika hasil usg tdk sesuai (usia kandungan lebih besar daripda perhitungan) itu wajar banget ya bun karna faktor perkembangan janin..

5y ago

Usg bun.. karna kalo alatnya bidan kurang sensitive bun makanya baru bisa denger djj saat 16w. Kalo 16w di usg babyny udh jumpalitan bun. Malah udh bisa keliatan jenis kelamin kok bun..

VIP Member

Kalau aku usia 13w sudah terdengar.. Pas kontrol bidanku bilang "wah sudah 13w ya, kita cek yuk.. semoga djjnya sudah teddengar ya.." Eh Alhamdulillah pas dicek langsung terdengar.. Jadi sebenarnya mulai 12w djj sudah bisa dideteksi dgn doppler kata bidanku..

Baca lagi

Rata2 klo bidan gitu deh gk selalu bnr mlah kadang nakut"in. Dulu saya malah 18w belum kedengeran bun katanya masih samar saya was" dong akhirnya saya ke dokter usg al hasil udh kedengeran jelas dari situ saya udah gak mau ke bidan lebih pasti ke dokter

Hpht kita gak jauh bun, aku hpht 17 feb loh, usia kandungan 14w. Aku denger detak jantung janinku waktu USG usia 8w udh kedengeran kok bun. Salah perhitungan itu bidannya, harusnya d htung dr hpht nya.

Ko bidan bisa nyimpulin gitu bun hpht nya januari? Kan hpht kita yang tau. Sya jga hpht 13 februari skarang terhitung 14w. Bidan nya slah bun, sya jga usg 10w udah kedengeran.

5y ago

Kalau usg usia 8 minggu sdh bisa kedengaran bun krn sdh pakai alat canggih tp bidan katanya saat usia 16 minggu biasa br bisa di di dgar karna pakai alat biasa

VIP Member

Saya sih nggak pernah ke bidan ya jd kurang tau sistem bidan kek gimana Ini usg saya pas 6weeks 6days Detak jantung sudah terdengar jelas Skrng UK 18weeks 5days

Baca lagi
Post reply image

14w sih bun harusnya kalo sesuai hpth. Saya dlu juga gitu ngitungnya, tp dulu bidan aku cek djj pas 16w. Jadi pas 14w cuma ditensi sama diraba perutnya.

Dicek sendiri aja dari tgl haid terakhir... Bidan jga bisa salah... Kl bidannya ngotot ganti bidan aja bun... Bikin kepikiran aja...

saya cek sbelum 12 minggu udh kuat jantung nya bun,,, tapi ya memang msih sgitu gak hrus 16 minggu bru terasa,,