puting susu gak keluar

bun mau tanya dong, aku kan punya bayi, trus puting susuku gak keluar, payudara saya jadi bengkak keras dan sakit, ada para bunda yg prnh ngalamin gak ? bisa mnta solusi ?

8 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

hi Mom.. puting susu ga keluar sebenernya ga masalah dalam proses menyusui, karna bayi menyusu pada areola, bukan pada puting.. sakit payudara yang Mommy rasakan sekarang, penyebabnya beragam, misalnya karna payudara terlalu penuh, payudara bengkak, sumbatan ASI, mastitis, atau abses payudara.. saran saya segera ke konselor menyusui untuk dilihat dan diatasi masalahnya, Mom.. Mommy domisili dimana, siapa tau ada rekomendasi konselor untuk Mommy.. untuk sekarang kalo memang terasa sakit sekali, dikompres dulu payudaranya.. bisa menggunakan kompres hangat atau dingin, tergantung nyamannya Mommy aja.. ASInya diperah juga, biar payudaranya ga terlalu sakit..

Baca lagi
5y ago

di RSPI Kapuk ada dr. Jeanne Roos Tikoalu, SpA, IBCLC, Bunda.. atau ke Klinik Laktasi RSAB Harapan Kita juga bisa..

saya juga bun... sampai dia hari pakai sufor... baru hari ke tiga nenen. ternyata yg saya baca.. yg mengeluarkan ASI itu buka fokus di puting bun... tapi lingkaran hitam jika disedot kuat akan keluar ASI. anak saya pernah sedot diluar puting. keluar ASI. jadi akhir cerita, saya kenekan dua jari jempol dan telunjuk agar puting bisa dimasuk ke mulut bayi. hampir saya kena baby blus pas anak nangis tapi ASI blum ada. (puting pendek)

Baca lagi

Pembendungan ASI itu bun klo kata bidan yg aq pernah periksa, solusinya bisa di pumping bund sebelum di pumping bisa di kompres air hangat+pijet searah jarum jam dlu, setelah sls pumping bisa di bilas dg air dingin...bisa ngurangin sakit di PD dan jg bisa buat Nipple keluar. selamat mencoba bund

saya jg awal menyusui gt, hampir 2 minggu saya baru bisa manyusui normal. itu jg tiap awal sedol berasa sakit putingnya blm sempurna keluarnya

sering" disusuin ke bayi bun dan di pumping juga, saya juga awalnya datar kok bun

klo d kampung ku biasa nya cba pijit k paraji Bun yg biasa ngurut ibu hamil ..

VIP Member

kalau di sy pumping dulu utk bikin puting keluar mom sebelum sy menyusui

Mint pijat aja k pk suamix inshaAllah bs keluar tp yg srg