Asupan nutrisi bayi untuk meningkatkan berat badan

Bun, mau nanyak dong bayi usia 17 bulan dengan BB hanya 10 kg apakah normal? anak saya tidak termasuk GTM, tapi kayak tidak bisa gendut gitu? Tolong kasih saran untuk baby saya dong, sebaiknya diberikan asupan nutrisi atau tambahan vitamin apa saja? anak saya asi bukan sufor..

197 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Mohon maaf mom.. anak usia 0-24bulan itu tidak dipengaruhi genetik ya.. artinya bb harus naik trs. Kalau makan banyak tp tidak naik2 bb nya harus ke dsa untuk di cek apa yg salah.. apa asupannya, takaranya, nutrisi nya. Jd gak ada istilah "keturunan"🙂. Stunting jg banyak yg gizi baik loh.. lbh baik di cek kalau 2 bulan berturut2 tdk naik bb.. diatas setahun tdk masalah tdk minum susu, kandungan susu bisa didapatkan dr keju dll.. dan tdk ada kaitan dengan anak aktif yah. Anak aktif jg bb harus naik minimal 200gr/1-2kg setahun.

Baca lagi
3y ago

Maaf mom patokanya bukan di garis hijau. Tapi plot kurva setiap bulan nya apakah naik atau melandai. Garus hijau itu range rata2. Kalaupun di garis kuning tp dia ttp naik itu termasuk naik. Mau di garis hijau kalau melandai (seret terus2an) itu udh jadi penanda kalau weight flatering.. gitu

Halo bun,coba cek plot grafik pertumbuhannya yah bun. Dilihat trennya apakah naik tetap sesuai KBM atau pernah seret selama 2 bulan berturut2,karena kalau sudah seret selama 2 bulan berturut2 harus sudah dibawa ke dokter. Nah,cek juga grafiknya apakah selalu naik trennya,pernah turun,atau pernah mendatar. Kalau dari tren grafiknya aman harusnya gpp bund. Sambil konsul ke dokter,sambil coba perbaiki nutrisi makannya dengan perbanyak lemak hewani atau bisa dobel prohe juga boleh,lemak bisa di dapat dari butter,keju,minyak zaitun,canola atau apapun

Baca lagi

Normal atau tidaknya tergantung dari pertumbuhan baby-nya tiap bulan bun.. Bunda bisa cek grafik pertumbuhan panjang & beratnya sejak lahir sesuai standar WHO, di situ keliatan berat & panjang ideal sesuai usianya Kalau memang hasilnya ternyata kurang, bunda langsung konsultasi aja dengan dokter spesialis anak, jadi kalau memang butuh tambahan vitamin bisa diresepkan Belum tentu suplemen makanan / vitamin yang dipakai baby lain sesuai dengan kebutuhan anak kita kan.. semoga sehat selalu ya baby-nya

Baca lagi
VIP Member

bunda, tiap bulan posyandu, ada tuh KMS kan. dilihat dari situ, kalau misal masih ada di garis warna hijau, masih aman, kecuali sudah masuk garis kuning/merah. dia gk bisa gendut krna memang aktiftasnya makin bnyak bunda, jngan dikira anak gendut itu bagus,, bnyak juga sisi negatifnya. saran sih bun, selama anaknya sehat2 aja, BBnya juga normal sesuai KMS gak perlu khawatr kok, apalagi itu nasih nyusu, aman banget. bun..

Baca lagi
2y ago

samaaa bund...anak saya jg 18bln BB 8.6kg bund. kmren smpet nnya pas sklian imunisasi tambahan yg 18bln, gpp masih aman. cuma harus diusahakan sesuai dengan usianya. harusnya 10kg lbh. anakku termasuk mood nya berubah" tiap harinya. klo lagi nafsu makan, lancar. klo lagi susah makan kudu dirayu bgt dah. trs udh coba sufor apa ajja blm mau.

bun. anakku 19bln atau 1thn 5bulan. sudah lincah brjln dan berlari2 alhm.sgt aktiv. tapi aku heran klo anak main sndri dan tba2 mrh misal ada benda gak bisa ditarik atau di jatuhkan spt wadah yg ckp berat contohx galon bila dilantai😩, anak sy emosional. benda didekatx di hamburr dan susah di diamkan jk nangis . bun ada ngk ngelami spt nak sy? dan apa solusinya, apkh normal . 🙏🙏

Baca lagi
4y ago

ada.... byrkn sja bund. dy lg tahap blajar dn mngenal emosi. anak sy jg gtu. marah2 sndiri klo gk bsa tutup botol sndiri, dri usia setahun udh gt. tp sy biarkn sja. klo dy udh agak tenang, baru sy tunjukkn carax. skrg dy sdh bisa lbh mngontrol emosi klo ada yg blm dy bsa lakukan, dn sdh bsa mnta tlong atau mnta dtunjukkn carax spy dy bsa mniru.

bunda msih bersyukur bb ank 10,anku cuma 8,5 ntr naik pling 9 kg bun,pdhl ngemil doyan pa pun tu,mkan ya nmny ank kdng doyan kdng susah,madu ,vit,minyk ikan dh q ksih tp bdan gk gmuk2 mpek stres sedih sndri ,coba bun da rekomen ksih pa gt biar gemuk,tp scra prtumbuhan mnurut q normal,bhkan ank aktif,ktika kita ngjarin sesuatu mnrut q lngsung tanggap,dh mulai bnyak omong mski hnya belkang za,mkan jg sndri,sufor gk mw bun,klo da yg rekomen bun ksih asupan pa saja?

Baca lagi
3y ago

anakku udah lahir. disapihnya pas lahir moms hehe. ngga tega soalnya. pas hamil anaku usia 11 bulan

masih normal bun.. anak sy jg berat ny 10 kg bun. besok tgl 8 pas 17 bulan. di TAP berat badan ny msh masuk rata2, antara 9,9 - 10,3 kg.. di buku pink pun, msh di grafik hijau tua. jd msh aman2 sj bun.. kecuali bunda pengen anakny gemoy bgt. setiap bulan ajak anak ke bidan bun,, jd bs kepantau grafik pertumbuhan ny. bunda pun merasa tenang. atau bunda timbang sndri di rumah lalu bunda catat di buku pink jd bs liat grafik ny

Baca lagi
Post reply image

udah di cek TB anak berapa bun? bisa jadi larinya ke tinggi si anak. faktor keturunan keluarga juga bisa kalu di keluarga badannya pada sedeng2 aja. makin besar anak jg aktifitasnya makin banyak termasuk bermain, jd usahakan jgn besar pasak drpd tiang. maksudnya, kalu anak aktif bgt coba ditambahkan lagi asupan makanannya yg biasa makan hanya 3x sehari bisa jd 4x sehari + 2x cemilan (di luar asi).

Baca lagi

Seharusnya msh normal ya Bunda. Seperti halnya manusia dewasa, bayi kita jg memiliki size masing2 tergantung keturunannya. Selama anaknya sehat dan aktiv, kita gak perlu terlalu khawatir dgn BB anak. Yang penting ada kenaikan BB (walaupun hanya sedikit) dlm jangka wkt tertentu ya. Oiya, boleh coba dikasih minum broth secara teratur, ini bisa membantu utk menambah BB bayi.

Baca lagi
VIP Member

Diatas setahun, Setiap bulan harus naik bun minimal 200g/ bulan atau 1-2kg/tahun.. kalau berat stagnan lebih baik di cek.. tidak ada asumsi"yg penting sehat dan aktif" itu salah yah. Yg namanya bb harus naik trs tdk boleh stagnan kecuali memang sdg sakit, dan bisa di cek pertumbuhannya di KMS atau di aplikasi primaku..

Baca lagi
5y ago

Betulll.. masih gemes kalo ada yg bilang "yg penting anak sehat aktif"