aqikah

Bun mau nanya dong yang udah berpengalaman... Aqikah itu hukumnya wajib atau hanyya orang sudah mampu menjalankanya?

35 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Semua bayi tergadaikan dengan aqiqah-nya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama, dan dicukur rambutnya.”[Shahih, HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan lain-lainnya]. Hukum aqiqah menurut pendapat yang terkuat adalah sunnah muakkadah yang merupakan pendapat jumhur ulama berdasarkan hadits, ada juga ulama yang memberikan penjelasan jika aqiqah adalah penebus yang artinya aqiqah menjadi pertanda terlepasnya dari kekangan jin yang ada bersama bayi sewaktu lahir. Ada sebagian muslim yang mewajibkan amalan aqiqah ini sebab menyambut kehadiran anak adalah sesuatu hal yang sangat penting khususnya bagi mereka yang mampu dalam segi finansialnya maka sangat diutamakan untuk melaksanakan aqiqah. Aisyah berkata jika Rasulullah bersabda, “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” [Shahih, Hadits Riwayat Ahmad (2/31, 158, 251), Tirmidzi (1513), Ibnu Majah (3163), dengan sanad hasan].

Baca lagi

Hukum aqiqah untuk anak menurut jumhur ulama adalah sunnah muakkad (mendekati wajib) bun.... Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Semua bayi tergadaikan dengan aqiqah-nya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama, dan dicukur rambutnya.” [Shahih, HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan lain-lainnya]. Sebagian ulama berpendapat bahwa aqiqah adalah suatu proses pelepasan bayi dari jeratan syaitan bun, makanya disunnahkan pda hari ke tujuh... Tpi kalau ortunya blm mampu, boleh diganti hari lain, asal seblm baligh... Kalau semisal sampai sudh baligh dan sudh mampu membiayai diri sndiri, boleh meng aqiqahi diri sendiri.... Ortu saya juga begitu bun, jaman dulu kan hidup sush, simbah gak bisa aqiqahi, jdi bapak saya aqiqahi sndiri...

Baca lagi

Sunnah bun, kalo sekiranya mampu lebih baik aqiqah. Pada dasarnya aqiqah tanggung jawab orang tua untuk anak sebelum baligh, semisal anak meninggal dunia sebelum baligh nanti diakhirat dipertanggung jawabkan. Kalo sudah baligh tapi kondisinya belum mampu aqiqah gapapa. Islam penuh toleransi, kalo hukum aqiqah wajib gimana nasib fakir miskin yg ga mampu aqiqah, apakah dia berdosa? kurang lebih seperti itu bun hukum aqiqah, aku juga tau dari ustad pas aku bilang mau aqiqah, semoga bermanfaat 😊😁

Baca lagi

Bunda koreksi jika saya salah. Akikah itu tidak wajib hukumnya atau sunnah yg seperti haji, jika mampu lakukan tp jika tidak ya ga apa. Dalam 7 hari setelah debay lahir jika mampu maka laksanakan segera, tp jika dalam 7 hari memang belum mampu dan berencana ingin akikah lewat dr 7 hari, maka itungannya adalah acara syukuran biasa. Karna akikah itu terhitung dimasa 7 hari anak setelah lahir. Ga apa ko bun jika belum mampu jgn dipaksakan, insyaa Allah, Allah maha tahu yg terbaik untuk umatnya.

Baca lagi

Aqiqoh itu hukumnya Wajib tp untuk melaksanakannya semampunya maksudnya gg harus usia anak berapa.. Klau misal baru bisa punya uang saat anak udah besar juga gg apa. Yg perting harus dijalankan.. Kalau² misal bunda sendiri udah setua ini trus tnya ke org tua trnyata blom aqiqah. Ya skrg di aqiqahkn gg apa.

Baca lagi

Wajib bagi yang mampu,,, klo sekarang belum mampu y tdk apa2 bisa nanti sebelum anak balegh msh jd hutang ortu... Tp klo sudah bisa cari uang sendiri qt bsa menshodaqohin diri qt sendiri... Klo tdk salah seperti itu... Kurang lebihny mohon maaf... Bisa ditanyakan kepada yg lbih paham agama saja bun

Gak wajib bun. Kalau mampu boleh kalau nggak jg gpp. Jangan memaksakan intinya bun. Drpd kita maksain buat aqiqah tp duitnya duit ngutang kan sma aja. Lagian aku blm pernah denger hadistnya kalau aqiqah wajib hukumnya.

5y ago

Ngaji/nggaknya aku itu urusanku sm suamiku. Dia imamku dia yg lebih ngerti cara didikku, situ aja yg nyolot kek gk punya etika aja. Lagian kalau aku gak bsa ngaji ngapain dlu aku mondok dr sd sampe skrg? Ngepel lantai mesjid? Yg bener aja kali.

Sebenarnya sunah bila mampu tp ya masak gak meh mampu terus bund..aqiqah bisa dilaksanakan kapan saja bagusnya 7 hari setelah kelahiran kalau memang belum mampu bisa dilaksanakan sampai nanti ajal tiba.

Wajib bun. Anak itu tergadaikan aqiqahnya. Disunnahkan di hari ke 7 setelah lahir. Kalo belum mampu, aqiqah ketika mampu. Sampai dewasa pun gapapa kalo mampunya pas anaknya udah dewasa

Kalo kata ibuku harus, buat apa punya rumah gede mobil tapi anaknya ga diaqiqahin tapi itu mah pendapat ibuku aja yah bun. Insya allah ada rejekinya ko bun buat aqiqah.