tensi darah tinggi

bun kalau lg hamil 8 bulan nurunin tensi darah yg aman gmna caranya ya? tensi darah saya 140/80 ?

31 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sama bund.. sya jg semenjak usia kehamilan 27w kaget soalnya tiba2 tensi naik 150/90 malah sama bidan sampai di rujuk ke RS hrs cek lab takutnya urinenya mengandung protein. Tapi alhamdulilah hasilnya negatif. Trs di kasih obat penurun darah sma dokter. Tapi tensinya masih ttp tinggi. Sekarang usia hamil sya 35w dan kemarin terakhir di tensi masih 130/80 masih terbilang blm normal. Bidan cuma nyaranin jaga pola makan sama kurangi makanan yang asin2. Sempet khawatir jg sih katanya kl tensi tinggi ga bisa lahiran normal. Ini kehamilan ke 3 saya. Dan yg sebelumnya ga pernah ngalamin hypertensi dan melahirkan normal. Kata bidan ini bawaan kehamilan.

Baca lagi
3y ago

Sekedar share aja ya bund,kmrn q priksa ke doktr obagyn,uk 36w 4d pas d tensi 128/80...doktr nyaranin hrs ttep mantau tensi stidaknya 3 hr sekali..skiranya tensi 140/90 ke atas maka bayi akan d lahirkan d uk 37 dg cara d pacu(karena kpala udah d bawah,dan riwayat sblmnya persalinan normal).menurut kèt doktr jika tdk sgera d lahirkan maka stlah melahirkan dan seterusnya,si ibu bisa beresiko kena hipertensi secara berkelanjutan

Sudah cek urine bun? Pastikan tdk ada kandungan protein di urine. Jika negatif, tensi bs dimaintain dg rajin jalan kaki, minimal 30 menit, speed jalan disesuaikan dg kondisi badan ya bun. Gk usah ngoyo. Mulai diet less salt/low natrium n low red meat ya bun. Hindari garam meja, kecap, saus sambal, dll. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yg mengandung kalium.

Baca lagi
3y ago

Kecap ga boleh jjga ya Bun?

coba minum jus sledri bund..itu cpet bgt nurunin tensinya..pngalaman ibu sya dlu wktu hmil adik sya tensi 160 kaki bengkak dan ditolak di puskesmas karna tensi 160 itu wktu 3 hri sblm persalinan karna sdh flek..dan dri rs diberikan jus sledri alhmdulillah turun bund jd 130..

3y ago

iya bund disaring

hati* preeklamsia bun ..cek urin kontrol rutin kurangi garam biasakan tidur dg kaki di ganjel bantal bun dulu aku kena preeklampsia dan akhir nya aku cs di 34week tp allah lebih syg anak ku 😭

Baca lagi
4y ago

iya bun awal nya kaki bengkak,trs tangan dan muka juga di barengi dg tensi naik.sama protien urin positf dan preeklamsia itu bs sembuh klu janin di keluarin.setelah itu semua nya normal kembali tenti normal dan bengkak nya jd berkurang.keluar melalui kita pipis bun..

VIP Member

Dengan tensi segitu ke dokter aja bun. Harusnya dikasih aspirin 70mg per hari supaya ga kena preeklampsia Dan mungkin akan dikasih penurun tensi khusus ibu hamil juga (nifedipin/metildopa)

3y ago

Iya bun, biasanya kalo gitu langsung dirujuk. Soalnya saya juga gitu bun langsung dirawat di ruang HCU

coba minum tablet kalsium bun. hasil seminar yg saya ikutin bbrp waktu yg lalu bilang, kalau kalsium bisa mengurangi tensi tinggi. minum saja yg 500mg 2x sehari

iya sih emang aku susah tidur kalau malem, bahkan bisa sampe subuh ga tdur 😭 kalau kaki bengkak bahaya ga sih bun?

makan mentimun bun. jgan stres, jgan begadang... dan slalu cek ke dkter. karena tensi tinggi bahaya bagi bumil

sama kaya aku bun usia 8bulan pas diperiksa tensi nya 130/80 kurangin asin2 trus jangan banyak pikiran bebasin aja..

4y ago

banyak pikiran sih engga bun, tp akhir2 ini aku susah tdur mlm, malah bisa sampe subuh ga tdur

Saya rata2 tiap ke dokter 140/90 bun. Tapi klo dirumah rata2 120/80. Saya suka gugup klo di tensi ama orang

10mo ago

sama bun aku banget itu, kalau udh adaptasi agk lama d ruangan dokter ny pasti langsung turun lagi, gmna ya cara ngatesin supaya gk takutan gtu..