Jam pemberian MPASI pertama yg tepat

Assalamualaikum bunda.. Anakku udh mau 6bln nih.. udh mau mpasi. Kira2 jam berapa ya pemberian mpasi pertama yg tepat dan mohon sharing dong bund ada drama apa aja yg bunda2 alami ketika mpasi😊

4 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Pemberian MPASI tergantung jam biologis bayinya bangun Bun. Karena tiap bayi berbeda-beda. Untuk jadwal tinggal disesuaikan saja dengan bayi Bunda. Intinya 3x makan dalam sehari. Drama-drama per-MPASI-an: -Bayi melepeh, menyembur, mengemut makanan. -Bayi GTM (tidak mau makan sama sekali). -Bayi sembelit/alergi terhadap makanan tertentu. Yg tidak kalah penting selain mempersiapkan peralatan/perlengkapan makan & masak MPASI. Persiapkan juga mental baja & kesabaran yg super ekstra. Agar Bunda tidak emosi jiwa, ketika bayinya tidak mau makan. Cari tahu terlebih dahulu faktor penyebab bayinya tidak mau makan, seperti : tekstur & rasanya tidak sesuai, anak bosan dengan menu MPASI, anak sedang tumgi, sariawan atau radang tenggorokan. Terapkan feeding rulesnya harus benar-benar konsisten dan disiplin, agar si anak mengenal sinyal lapar dan mau makan dengan lahap. Selamat & semangat memasuki babak per-MPASI-an ya Bunda.

Baca lagi
1y ago

masyaallah lengkap sekali bunda .. terimakasih banyak bund🤗 iya nih katanya MPASI gak semudah & seindah yg dibayangkan.. bismillah aja ya bund

VIP Member

kalau jam biasanya menyesuaikan kebiasaan anaknya bun. saya kasih gambaran feeding rules anak saya ya. jam 5 bagun tidur= minum susu jam 7/8= sarapan jam 10= minum susu lalu tidur jam 12-13= makan siang jam 15= susu dan cemilan, biasanya habis ini tidur siang lagi makan malamnya selalu di usahakan bareng mama papanya di jam 18/19. jam 20.00-21.00 biasanya anak sudah masuk rutinitas sebelum tidur jadi ga dikasih makanan apapun kecuali susu. selalu disiplin di jam yang sama dan dengan kegiatan yang sama, akhirnya anak terbiasa dan bakal ngerti sendiri kalau udah masuk jam makan/tidur/nyemil.

Baca lagi
1y ago

baik bund. . terimakasih sharingnya bund semoga bunda & adeknya sehat selalu🤗

ngikuuut yaaa bunda riana. saya sekalian pengen nanya buibuuu, hari pertama mpasi itu cukup 2x makan atau 3x yaa?? terus makan selingan itu apa sudah diberikan dari hari pertama mpasi??

1y ago

@bunda Riana untuk buah cukup dikerok suap bund menurut dr.tan kalo mau buat kudapan ya itu buah naga diolah bareng santan dll.

VIP Member

sesuaiin sm jam biologis anaknya mba. pokoknya 2-30-2