Sunat bayi perempuan

Anakku perempuan baru umur 3bln. Saya ngurus anak sendirian. Bahkan kemarin anak saya masuk RS 1 minggu saya yg jaga sendirian sambil jaga kakaknya umur 4 thn yang terpaksa saya bawa ke RS juga. Alhamdulillah sekarang sudah sehat jadi mau saya aqiqah sebelum cuti melahirkan habis. Semua biaya aqiqah saya siapkan sendiri bahkan persiapannya sudah sy urus sendiri tapi mertua ngak setuju dibuat sekarang krn maunya mereka yg beli kambingnya tapi uangnya belum ada sekarang. Okelah sy turuti kemauannya walaupun nanti saya yg repot ngatur urusan kerjaan sama sibuk ngurus siapkan acaranya. Tiba-tiba mertua maksa kalau aqiqah nanti harus disunat. Saya bilang di lingkunganku tdk pernah ada perempuan disunat. Malah sy dibilang tdk menghargai adat suami. Yg harus diikuti itu kepala rumah tangga. Padahal sunat perempuan tdk bermanfaat apa2 malah banyak bahayanya. Kalau anakku sampai kenapa2 yg urus saya sendiri tdk ada yg bantu. Mau dibantah tapi saya hanya sendirian, yatim piatu tdk ada keluarga. Bingung, stres, marah, sedih sendirian.

4 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

saya juga sama keluarga dari ibu saya selalu disuruh sunat bun, tapi untungnya ibu saya ga setuju. terus pas mereka ngomong begitu, saya tanya "penjelasan ilmiah nya apa, manfaatnya apa, klo cuma katanya2, cuma dari dulu juga begitu, saya gamau. lah ini anak saya. terus katanya biar nafsunya ga gede. logikanya emg selama ini kita2 yg udh nikah nih, emg cerita2 ttg kehidupan seksual kita ke orangtua ato orang2?" saya ngomong begitu diem aja mereka. tapi mungkin ttp ngomong dibelakang mah. tpi ah bodo amat. diajak kerjasama bun suaminya, dijelasin sekarang itu ga boleh, ajak juga suaminya ke dokter anak biar konsul ttg sunat itu. mungkin ga semua bidan ya bun, tapi ini bener2 pengalaman pribadi saya. pas bayi saya ditindik, bidannya malah nanya "mau sekalian disunat bun anaknya?" padahal bidannya masih muda bgt.

Baca lagi
TapFluencer

Bund, kayanya aku pernah baca di TAP atau medsos lain ya, pernah juga ada yang curhat dapet mertua modelan begini, tapi buat ngakalinnya dia kerjasama sama bidannya untuk pura2 sunat aja. sebelumnya minta pengertian ke bidan. Semoga segera dapat solusinya ya bund. ❤️

1y ago

masalahnya bukan bidan yg sunat tapi orang tua gitu dan dia temannya mertua.

di buku pink ada kok penjelasan nya klo sunat pada perempuan itu berisiko

Post reply image
1y ago

justru itu makanya saya ngak mau malah di bilang ini itu sama mertua

emng daerah mana bun ?

1y ago

oalah ,kalau disini jg gak ada dr dulu perempuan disunat bun.cuma ya beda2 ya setiap daerah