12 Tanggapan

Pelukk jauh ya bun? aku tau rasanya gimana, karna aku juga new mom urus anak sendiri semua pekerjaan rumah juga sendiri. awalnya aku sama kayak bunda, bwt anakku usia nya 5bln 13 hari. sedikit cerita ya bun manatau dengan ceritaku bunda bisa lebih tenang. anakku dari nb sampe usia 4 bln rewel bgt bun sampe tetangga2 komplek pada nanyain anakku setiap kami keluar depan halaman, sampe2 ada ibu2 nyaranin bawa berobat lah bawa ziarah lah bla bla bla sampe bapak2 yg usianya 70an thn pun ikut nyinyir bun sakin terganggunya mungkin sama suara tangisan anak saya yg kalau nangis jerit2 seperti di siksa habis2an, anak saya diem itu cuman pas tidur aja bun selebihnya nangis jerit pake baju sama nen aja nangis jerit :( aku sampe bolak balik ke dsa anakku sehat Alhamdulillah tp gatau apa maunya. sakin stresnya bun aku sampe nifas itu 2,5bln lebih dan tiap hari nangis. suami aku Pns bun kerja nya dari pagi sampe sore, kami disini merantau ga ada saudara. singkat cerita bun, kalau anakku nangis aku kurung aja di kamar aku nonton tv, pernah juga anakku ku guyur pake air di kamar mandi biar diem sampe se jahat itu saya ke anak bun? itu semua suami ga tau. sampe2 saya nemuin quotes di ig kalau ga salah yg isinya kalau kita membentak anak sel2 otaknya rusak, mau kita cubit kita bentak anak kita dia ga bisa balas apa2 bun diapun sebenarnya ga nyaman dan ga mau nangis aja cuman namanya bayi blm bisa mengutarakan apa mau nya, mau kita apakan pun mereka kita tetaplah dunianya tempat dia berlindung, aku tiap lihat mata anak selalu mau nangis kalau ingat dulu jahat bgt bun padahal anakku masih bayi kok bisa aku sejahat itu. semenjak ketemu quotes itu saya jd ga emosian lagi bun dan qodarulloh anak saya jadi baik hati mau main sendiri bahkan pas main pun tiba2 tidur sendiri. ternyata kalau kita tenang anak pun ikut tenang bun tp kalau kita emosi anak kita pun sebaliknya. semoga bunda sekeluarga dilimpahkan kesehatan ya dan semangat bun kita para ibu memang harus banyak2 kewarasan

cerita sepengalaman aku ya bun anakku jg mau 6 bulan .. jdi dulu waktu hbs lahiran,aku dirumah mertua dan aku ldm sm suami. aku agk kecewa sm mertua memang krna tiap malem cucunya bangun dia enak2an tidur,,untungnya ada ibuku yg siap nemenin aku disana smpek 40 hari..tiap hari nahan rasa kesel dihati..udah badan capek krna begadang terus,ngrasain sakitnya bekas lahiran,dan nggk ada sosok suami yg nemenin. waktu anakku mau 2 bulan dia rewel,tiap digendong nangis pdhl udh nenen,ditidurin nangis juga.itu posisiku dirumah sendiri tiap sore krna ditinggal kesawah sm mertua.. smpek pernah suatu hari saking capeknya dan nggk tau maunya ankku apa. aku pernah nyumpelin mulutnya pake kaos kaki yg dia pake.. Ya Allah..nyesel banget smpek sekarang bundaa..tiap dia tidur aku nangis liat wajahnya.. aku sadar bun..aku babyblues dan aku nggk waras kalo disana terus..akhirnya memutuskan untuk pulang kerumah ortu sendiri.. trnyata bener aku mulai membaik anakku nggk rewel lagi,dia anteng banget,jarang nangis. nangis pas mau nen sm ngantuk doang .. jdi bunda bisa lebih tenangin diri dulu sebelum ngadepin anak yg nangis ya bun,supaya anak nggk jdi pelampiasan amarahnya bunda kasian masih kecil blm tau apa2 bun dia bisanya baru nangis,tidur,nenen,ketawa kalo ada yg lucu menurut dia

sabar ya bun emang tantangan banget jadi ibu tuh ? , aku ngerasain banget dulu waktu anak pertama juga sama karena kaget juga kali ya baru jadi ibu apa2 masih bingung , mau begini begitu serba salah aja rasanya karena anak nangis gak tau mau nya apa, tapi jujur bun klo di aku waktu anak pertama gak secapek dan semeledak itu klo marah . malah aku mulai meledak2 saat marah dan teriak2 gak jelas sama anak saat sudah ada anak kedua dan kadang masih sampe sekarang pas ada anak ketiga ?. sebenernya gak mau banget begini cuma apalah daya rasanya susah banget untuk di tahan, kek gak mau lepas rasa marah dan kesal ini dari tubuh . kasian banget anak2ku hampir setiap hari setiap waktu denger emak nya teriak-teriak, cuma takut anak trauma doang aku tuh huhu. karena anak pertamaku sekarang juga jadi suka teriak2 karena ngeliat emak nya gitu kali ya huhu ???

saya memahami bunda.. anak sayapun usia 6 bulan newmom juga.. kadang emang capeknya tuh kayak jenuh banget gitu.. apalagi pikiran bercabang2.. kalo aku obatnya minta peluk suami, seakan setengah lelahku hilang.. dan tentunya berdoa.. agar Tuhan melembutkan hati ini, melapangkan dada ini.. diberikan kesabaran.. diberikan kesehatan dan kewarasan.. baca quran dan salat malam kalau muslim. ini adem banget.. ya kadang ya bengong juga pas ngelakuin sesuatu trus harus inget segera melanjutkan aktivitas lain mumpung anak tidur.. ntar pas melek giliran kita yang nemenin dia.. bonding time.. kadang aku merasa bersalah kalo dia udah bangun dan aku sambi masak, nyuci, nyapu.. dan dia anteng bae ? sesekali ditengok dibercandain dah seneng senyum2.. Kondisikan hati kita dulu bund, karena pasti anak akan mengikuti

bun, kita disini banyak yang sama kaya bunda kok. bunda sephia jangan ngerasa aneh sendiri yah, itu normal. psikis dan fisik kita lelah banget, paham bun. aku gak bisa cerita panjang lebar tentang pengalamanku, cuma satu saran yang aku berhasil lakuin terus sampe sekarang dan semua kondisinya aman terkendali menurutku. bunda tenangin diri bunda, liat anak bunda tanpa emosi, maklumin semua hal dan jangan dipikirin. kalau bunda sephia emosian, hatinya lagi gak tenang, dan bawannya menggebu gebu terus perasaannya, baby bakal tau bun. itu salah satu ikatan batin antara ibu dan anak yang gak bakal bisa dibohongi. aku pun sampai bolak balik psikiater dulu bun, dan kuncinya hanya itu. tenang, kita tenang, redam amarah, santai, dibawa rileks, baby juga bakal gitu bun. semangat bunda, kita semua ibu yang hebat:)

bunda sephia, baru nongol lg ih. kmrn saya ngebatin “bunda sephia kemana yah jarang lihat komen atau posting” ternyata emang lg repot ya bun. bunda semangat terus ya, kyknya bunda kecapean dan butuh dukungan dari org sekitar. coba ngbrol ke suami bun, biar bisa gantian jagain anak dan bunda istirahat, boleh juga sesekali ajak suami buat jalan2 atau sekedar jajan biar jadi moodbooster. menjalankan rutinitas emg bisa bikin jenuh bun, jadi emg butuh sedikit refresh, klo mau me time juga boleh. trs ya sabarnya harus ditingkatkan lg bun, saya pun awal mpasi stress bgt tapi akhirnya yaudah dibikin santai aja, anak mau makan 3-5 suap alhamdulillah, klo gamau makan ya mungkin ngantuk atau msh kenyang. klo pgn marah coba istigfar dl bun, trs rajin puter murotal biar lebih adem.

masyaallah lg di fase ini aku bund,mpasi berjalan mau 2 minggu si anak ogah2 an makan,akhirnya q memutuskan untuk pasrah yg penting masuk 1 atau 2 suap alhamdulillah drpda gak sama sekali,gak maksa & coba paham klo makan adl suatu proses belajar anak krn anak dr lahir minumnya asi gak langsung nasi.☺️

bun duh sama banget, aku ngomong ke suami tentang keseharianku dan sikapku ke anakku klo suami ga ada dan suami bilang aku kena baby blues karna aku ada pemikiran mau nyekek anakku ?, jujur aja badanku sakit cape dan harus mikir juga untuk atur keuangan, dan akhirnya aku memutuskan untuk minta pulang ke rumah org tua bun sambil nangis" dan di peluk suami huhuhu alhamdulillah mentalku jadi bener dan sehat aku ga bisa sendirian bun bisa" setan lewat anakku bisa lewat di tanganku, berat banget bun ngurus anak 1 masih kecil dan juga rumah dan suami, bun saran saya jgn sendirian di rumah ber 2 sma anak aja bahaya lebih baik sma org tua dlu aja nanti klo udah 1 apa 2 tahun misah lagi bun jujur aja aku sendiri ngerasain apa yg bunda rasain ?

jangan ditanggung sendiri bun , luapkan ke yg lebih bisa menanggung amarahmu . aku tau jadi ibu ga mudah bagi sebagian orang , emosi ga menentu , apalagi kalo gaa dapet dukungan dari orang terdekat . segera cari solusi untuk buat pikiran lebih fresh ya bu . sama aku juga ibu baru , anakku umurnya 5 bulan , beban pikiranku berat banget karena ada masalah yg tidak bisa diluapkan ke orang lain , aku tahan sendiri sedihnya . waktu anak nangis kadang ga langsung aku tolong aku biarin sampe nangisnya kenceng banget , kalo hatiku sudah pas , sudah membaik baru aku deketin anakku sambil minta maaf . kadang sedih aja kenapa ciptaan tuhan yg dititipkan ke aku ini harus ikut menanggung imbas dari kesedihanku dan ketidakwarasanku ini ??

jika kamu muslim. jika kamu non, sama juga. dan kamu punya pasangan kan? pasangaanmu juga bertanggungjawab atas itu. lalu, kedua orangtuamu atau mertua. kemudian, dokter. cari dukungan sedekat mungkin. kamu itu bisa jadi capek, dan ngga tau mau ngapain. dan sepwrti yg kubilang, ke Tuhan, kepasangan, keorangtua/kemertua berad kalo sendirian.

Kalau lagi emosi karena capek, waktu mau marah ke babyku akunya gak tega. Aku yang pengen dia ada disini. Peluk erat ibu hebat di luar sana.

Pertanyaan populer

Artikel terkait