percaya ngga di bun

Aku orang Jawa Bun Masih kental banget jawanya tapi aku bandel 🤣 krna pantangan" orang yg lagi hamil itu banyak banget KL dibilangin aku cuma iya iya aja pdhl ya ga prcya" bngt Bun Misal g boleh makan di dalam kamar ..ga boleh buang apapun lewat jendela ...KL ada gerhana perutnya disuruh kasih abu 3x ..dan masih banyak lagi Bun..menurut bunda lainya gimana? 😅

46 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Mengenai efek yg diakibatkan dari mitos mitos tersebut, saya kurang tau. Tapi larangan makan di dalam kamar memang tidak boleh nanti buat kamar jadi kotor. Apalagi punya bayi harus dijaga banget kebersihan lingkungannya dan itu bisa dibiasakan sejak hamil bahkan sbelum hamil. Orang tua saya dan orang tua suami juga sangat melarang anak anaknya makan di dalam kamar dari kecil. Anak saya saja pas bawa makanan ke dalam kamar, suami langsung melarangnya. Selain karna kotor, juga karna kurang pantas aja dilihatnya Jadi, larangan makan di dalam kamar sebenarnya tidak terbatas untuk yg hamil saja. Lalu untuk membuang apapun lewat jendela. Menurut saya itu adalah kebiasaan yang buruk dan sangat tidak pantas. Membuang sampah itu ya di tempat sampah. Bukan asal lempar ke jendela. Jangankan lempar ke jendela, orang tua saya kalo lihat saya makan dan bungkusnya saya biarkan tergeletak misal di meja saja sudah dimarahin. Sehabis makan ya bungkusnya segera dibuang ke tempat sampah. Ayah dan mertua saya saja yang pernah tinggal di desa ga pernah lho sampahnya dilempar ke jendela. Apalagi saya yg tinggal di kota.. Buang sampah lewat jendela bisa ditegur sama tetangga. Dilingkungan saya memang sangat menjaga kebersihan. Entah lagi hamil atau tidak, harus selalu terapkan pola hidup bersih dan sehat. Lalu mengenai masalah gerhana trus perut diusap pakai abu saya kurang tau.

Baca lagi
4y ago

Stigma kalau dikasih tau orangtua atau mertua jangan langsung dianggap remeh karna mitos. telaah dulu kebenarannya atau kaitkan dengan logika. Kalau mengandung unsur syirik dan tidak masuk akal baru bisa ditepis mentah2. Makan didalam kamar dan buang apapun (apalagi sampah) lewat jendela itu seperti mencerminkan adab yg buruk. (Kalau kos yg cuma sepetak kamar ya bedalagi kalau mau makan disitu juga). So.. mendengarkan yg lebih tua gada salahnya juga menurut saya.

VIP Member

Enggak pernah percaya dan ngikutin kalo yg sekiranya menyimpang dari agama 😂 Kayak disuruh kalo keluar malem bawa gunting kecil sama peniti atau apalah ga paham aku, iya iya doang tapi ya enggak ku bawa. Paling yg selalu ku bawa kemana mana cuma yassin aja atau buku doa doa yg size kecil gitu. Terus dilarang makan cumi, karna nanti katanya kepala anaknya gampang putus kayak cumi(?) wkwkw aku juga iya iya doang. Habis itu dilarang bebelian perlengkapan baby dulu sebelum 7 bulan katanya pamali abcde, ya oke aku juga cuma iya iya lagi 🤣 dan masih banyak lagi. Alhamdulillah aku percaya sama Allah 100% tanpa percaya omongan apapun atau mitos mitos pamali. Logikaku juga bilang segimanapun kalian nurut sama mitos abcdz nurut menjauhi semua pamali, kalo Allah mau ambil yg jadi milikNya pasti diambil. Kalo kita percaya sama Allah, in syaa Allah dijaga sekalipun kita ga percaya sama mitos dan ga ngikutin apa yg katanya pamali. Pamali dan mitos punya kuasa apa? Yg paling berkuasa dan pemilik segalanya dimuka bumi ini ya cuma Allah SWT. Yg penting tetep percaya cuma sama Allah, tetep positif thinking, tetep BERDOA minta takdir yg baik dan dijauhkan dari segala sesuatu yg menyakitkan.

Baca lagi
4y ago

Setuju banget nih bu👍

Kalo aku bebas bebas aja bun hihi, skrg lagi hamil tua malah sering main keluar rumah masih sering nongkrong di cafe atau makan di luar tapi iya jam nya aga di kurangin jam 10 malem udah harus pulang karna gampang pegel pinggang. Aku cuma di kasih tau kalo mau kemana2 di awali dengan bismillah dan baca surat2 pendek yang penting minta perlindungan sama allah gitu sih kalo kata ayah mertuaku. Ohiya katanya bumil ga boleh mandi lewat magrib pokonya jam 4 sore tuh udah harus rapih, tapi aku jam 7 malem baru mau mandi karna selalu kegerahan hihi.

Baca lagi

Kalau q sih ikutin aj bun,, gx ad ruginya kok ikutin adat.. Logika aj bun,, kalau kita makan d kamar,, nanti ad beberapa makanan yg jatuh,, ad semut kn kita juga yg d gigit semut😂 Buang sampai dari jendela,, q sih gx pernah soalnya ibk saya suka ngomel,, susah nyapunya kalau d bwah jendela😅 hrus nunduk,, Ikutin aj bun,, semua buat kebaukan bunda sama jabang bayi👍

Baca lagi
VIP Member

Kdg aku juga bingung kok bisa ada mitos yg ga berhubungan gt ya bun. Kayak g blh gunting rambut pas hamil, kan gada hubungan nya sm kehamilan🤦🏼‍♀️😁 mungkin itu dibuat jaman dulu sm emak2 buat nakutin anak nya doang, karna kan anak lebih nurut klo di buat takut biar ga banyak nanya2 lg gt hehe

VIP Member

Sama mertua q kejawen banget banyak aturan. Dari pd tengkar mending iyain aja. Kalau masalah pantangan g boleh makan2an yg sbenernya malah baik buat bumil ya waktu keluar sama suami beli diluar. Aq akalinnya gitu sih. Ya setiap aq g boleh melakukan sesuatu yg diluar logika aq cuma iyain aja sih intinya.

Baca lagi

aku pernah karna mau keluar malam nyari makanan dan ibu aku udh ngomel2 jadi ngikutin deh yang di suruh bawa gunting kecil, demi nyari makanan abis lapar hehe,, itu doank sih, ibu aku juga orgnya ga terlalu macem2 ma mitos2 kehamilan yang kaya bgtu, jadi ga ada pemaksaan atau saran aneh lain sih.

Aku org sumatra sih ad mitos" sih...kalo mertua ku sih nggak bnyak pntngan.krna ayah mertua dan suaami alhamdulillah bun...blg kalo itu musryik...tapi neneknya suami dan bibi" ny yg masih..tapi aku dan suami iy in aj..gak dilakuin...dlm hati cuma istigfar dan berdoa kepada Allah...

aku juga ga percaya bund, kalo pas ada orang tua aja aku nurutnya. Kalo gaada ya gak kulakuin pantangan sama 2 diatas + jangan berdiri di pintu wkwkwk Yang kubenarkan 1, lewat ashar gaboleh mandi, okedeh sehari mandi 1x kalo kesorean mending ga mandi aku, dingiin juga soalnya.

Baca lagi

Sya jg ga percaya mitos sputar hamil, banyak banget yg ga masuk akal, jadi ya suka di iyain tp ga dilakuin, kadang dicuekin, kadang sampe dilanggar. Tp kalo pamalinya masuk akal ya sya lakuin bukan karna pamali tapi ada sebab akibatnya kya jgn duduk depan pintu karna ngalingin jalan.

4y ago

Iya Bun banyak banget yang aneh g msuk akal juga