Sungsang & Plasenta Previa

33 w bayi dalam keadaan sungsang dan plasenta dibawah. Apa masih ada kemungkinan untuk berubah ???

21 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Saya nggak tau ya kalau plasenta itu bisa berubah posisinya apa nggak. Waktu itu awal-awal usg (saya lupa di minggu keberapa) dokter bilang plasentanya ada di kiri bawah. Bayinya melintang. Kepala di sebelah kanan, kaki di sebelah kiri. Saya disaranin untuk sc. Tapi saya ga mau sc. Saya bilang, kalau sampai waktunya lahiran si bayi masih melintang, saya pasrah kalau harus sc. Akhirnya saya bisa lahiran normal, cuma lebih minggu (43 minggu). Selama nunggu waktu lahiran itu, saya usg lagi tapi di dokter yang lain soalnya kalau ketemu dokter yang pertama takut disuruh sc lagi. Bikin jadi stres. Hahahaha.... Waktu usg sama dokter yang lain itu uk saya 43 minggu. Plasentanta ada di kanan atas. Saya ga ngerti ada yang begitu apa nggak.

Baca lagi
5y ago

Nah itu dia... Sebenernya saya sendiri ragu sama prediksi uk dari dokter. Datang bulan saya memang nggak teratur, Bun. Jadi pas ditanya kapan haid terakhir, blas saya lupa. Nggak kepikiran juga bakal hamil waktu itu. Jadi itu uk nya prediksi dokter dr hasil usg. Kalau info yang saya baca, prediksi melahirkan yang paling mendekati itu waktu kita hamilnya masih awal-awal. Makin besar uk nya, makin jauh (kalau saya nggak salah inget ya, Bun). Waktu itu prediksi dokter kandungannya saya lahiran di akhir juni atau awal juli (dokter ga sebut tanggal). Saya lahirannya tgl 13 juli kemarin, Bun. Dan katanya itu udah 43 minggu. Tapi kalau saya lihat hasil usg dari awal saya hamil, HPL saya memang di pertengahan bulan juli (lupa tglnya karena hasil usg saya ada di bidan semua belum saya ambil lagi). Alhamdulillah sih sehat, air ketubannya juga masih normal. Cuma bayinya besar. Kemarin itu hamil anak ketiga. Beratnya 4,2 kg panjangnya 54 cm.

Maaf Bun, aku sempet waktu 25week dokter bilang plasenta aku ada di Corpus anterior itu juga sama ada di bawah. Aku udah deg-deg bgt, cuma pas 30week aku USG di lain tempat aku bilang hasil USG sebelumnya si dokter bilang kalau dilihat dari USG biasa memang terlihat di bawah tapi lbh akurat USG transvaginal. Akhirnya aku transvaginal, Alhamdulillah tidak menutupi jalan lahir. Lalu katanya kalau plasenta Previa itu tidak dpt bergerak lagi karena previa itu sudah di tahapan paling serius, aku juga cari tahu tentang plasenta Previa dan rata2 disarankan untuk melahirkan secara sc. Maaf ya aku bukannya menakuti, tapi semoga aja masih bisa bergeser ya Bun.

Baca lagi

Insya allah jika allah menghendaki bisa bund...ttp berusaha jngn menyerah untuk nungging dan rajin kontrol kw dokter... soale kalau udah diposisi bener dipakai nungging trus ntar jd berubah lagi posisinya. Dan mslh plasenta selama itu g menutupi jalan lahir insya allah bisa lahir normal.tp kalau menutupi oue(atau pintu bawah rahim) g bisa lahir normal bund hrus sc

Baca lagi

Saya cm share pengalaman saya bun .. bulan mei kmrn saya jg habis sc , sc karena placenta previa marginal , dari dokter sih blg bsa melahirkan normal , bidan yg t4 saya rutin periksa pun jg begitu .. saya lmyn lega waktu itu , karena anak ke 1 dan 2 saya melahirkan normal .. tp Allah berkehendak lain , menuju ke 37week saya pendarahan , jd terpaksa harus d SC ..

Baca lagi

Kl saya plasenta dibawah waktu usia 26weeks.. sempet pendarahan juga.. dan baby pun sungsang.. tapi alhamdulillah seiring besarnya baby,, rahim otomatis ikut membesar dan plasenta pun bergeser agak naik diusia 32 weeks.. tapi si baby ttp masih sungsang.. disarankan unt perbanyak sujud bun 😊..

VIP Member

Sungsangnya masih bsa berubah bu, tp klo plasenta previa kemungkinan besar tdak bsa berubah apalagi usia segitu. Plasenta it kan hampir tdk bisa bergeser. Ya dipantau terus, minta saran dokter yg berbeda, berdoa semoga ada keajaiban.

Setau sy plasenta it nempel di rahim bun, jd sekali posisinya dibawah ya tdk bs berubah, tinggal posisinya mengganggu jln lahir atau tdk, kl mengganggu ya brrti hrs sesar....

Sc aja bun,, kasusnya sama ,, udh senam ini itu, sujud ini itu, gk berubah,, yaudah aku fikir "mending ibuk yg sakit, jangan adek yg sakit"

Insya Allah bisa bun, dulu aku jg plasenta nya dibawah tapi sering sujud Alhamdulillah bisa lahiran normal

VIP Member

Sering sujud sebelum tidur dan bangun tidur bun, alhamdulillah 34 week kepala sudah di bawah