Rika profile icon
GoldGold

Rika, Indonesia

Kontributor

About Rika

menanti keajaiban

Posts(1)
Replies(35)
Articles(0)

Keguguran berulang !!

Hay Bun berbagi cerita , saya menikah sudah 4 tahun (2018-2022) awal menikah kita ber2 mutusin untuk menunda momongan karna ngerasa belum siap aja kalo harus langsung jadi orangtua dan suami pun punya ketakutan terbesarnya karna dia berasal dari keluarga broken home , seiring berjalannya waktu ngerasa risih juga sama pertanyaan orang karna setahun menikah belum kunjung hamil juga , dan di 18 bulan pernikahan garis 2 itu muncul juga ☺️ tapi qodarullah cuma bertahan sampe 8minggu aja , Selang 6 bulan garis 2 itu muncul lagi qodarullah lagi masih belum rejeki di 16wek gugur lagi janin berhenti berkembang , Niat awal mau rehat dulu nunda kehamilan dan mau mencari tau permasalahan kegugurannya kenapa , karna dikeguguran K2 ngerasain sakit nya kontraksi yang bener bener sakit kaya berasa mau lahiran mungkin ya kalo ada bayi nya , karna usia kehamilan sudah 14wek juga , dan ternyata 1 siklus mens sudah garis 2 lagi , bingung harus sedih atau seneng karna bener bener masih trauma , tapi coba berpikir positif mungkin Allah mengganti kehilangan kemarin secepat ini agar tidak berlarut dalam kesedihan , dan periksa kehamilan langsung ke RS setiap bulannya dengan niat agar mencapai kehamilan yang sehat dan mulus , dan qodarullah lagi Allah masih menguji rumah tangga ku di usia 12wek janin berhenti berkembang , jangan di tanya gimana perasaan ku waktu itu 🤭 rasanya kecewa pengen marah tapi Gatau harus melampiaskan kemana , Btw keguguran ku kuret semua 3kali , Dan setelah keguguran k3 aku langsung KB pil untuk memulihkan rahim dan mental tentunya , nunda kehamilan sampe setaun dan pas ngerasa sudah baik baik aja , coba promil ke dokter SpOG dan dokter menyarankan cek lab lengkap (torch , autoimun , kekentalan darah) setelah cek lab ternyata ada kekentalan darah , dan mungkin ini juga yang nyebabin keguguran berulang karna kasus keguguran ku janin selalu berhenti berkembang yang dimana karna darah ku kental jadi janin tidak bisa menerima aliran darah dariku , dan dokter ngasih suntikan dan obat untuk terapi , dan cek lab lagi Alhamdulillah 2bulan terapi darah nya sudah normal rahim juga bersih dan siap hamil harusnya suami ku waktunya cek sperma , tapi belum sempet cek analisa sperma sudah positif garis 2 lagi , Ya ini kehamilan k4 ku dan gugur lagi 😭😭 hpht 18sep , belum telat mens sudah positif langsung periksa ke dokter karna sudah terlalu banyak trauma , jadi ingin yg terbaik dikehamilan ke4 ini sudah USG 7 kali , karna dokter menyarankan control 2 Minggu sekali dengan segala obat obatan yang lumayan banyak tiap hari diminum nya 😂 USG pertama 5 Minggu sudah ada kantong janin , USG K2 7minggu sudah ada janin djj dan normal semua , USG k3 9minggu djj lemah hampir tidak terdeteksi dokter langsung ngasih 2 kali suntikan pengencer darah , 2 hari suruh balik control lagi Alhamdulillah djj normal lagi dokter menyarankan control 2minggu lagi karna semua sudah bagus , dan USG k5 11minggu masih baik baik aja normal semua , dan tiba lah di 12minggu ada flek langsung ke dokter daaan tibalah mimpi buruk itu datang lagi dokter bilang janin sudah tidak ada dari 11minggu , 2hari setalah control usgk5 dan pas saat USG dokter bilang semua normal tapi kenapa bisa jeda 2 hari janin berhenti berkembang dan sudah tidak bisa di apa apakan , jangan ditanya apa yang aku rasakan pas saat itu , dalam seminggu ini ikhtiar kemana mana USG k3 RS sabar menunggu antrian dari siang sampe malem , pagi sampe siang , dan hasilnya sama tidak bisa diselamatkan , dan harus berakhir kuret lagi , Terus bertanya ke dokter kenapa , kenapa , bisa terjadi lagi , ngerasa sudah ngelakuin yang terbaik di kehamilan ini , sudah cek pengentalan darah lagi dan hasilnya normal , dan k3 dokter ngambil kesimpulan ini kelainan kromosom dimana saat pembuahan antara sel telur atau sperma yang ga bagus , mengingat suami memang belum pernah cek sperma dan suami ku tipe peroko aktif dan kerja pun ada shift malem yang bikin dia bergadang dan jam tidur berantakan , dan dokter bilang kalo kelainan kromosom mau dipertahankan seperti apa juga ya akan tetep menghasilkan bibit yang ga bagus kalopun bisa lahir akan mengakibatkan kecacatan pada calon anak , dan aku yang merasa ga terima dengan semua ini aku mencecer dokter promil ku dengan segala pertanyaan , sampe dokter nya minta maaf dia bilang dia sudah usahain yang terbaik tapi dokter juga manusia biasa yang cuma bisa membantu sebisanya selebihnya Allah lah yang mana kuasa segalanya , dan seketika bertanya tanya sama diri sendiri dosa apa yang sudah aku perbuat hingga Allah ngasih ujian sangat berat , dan ujiannya selalu soal anak , kenapa orang lain hamil mulus mulus aja tapi aku sampe 4kali berakhir dengan masalaj yang sama serasa membuka luka lama yg sudah kering , Dan dikehamilan k4 ini sangat berat , merasa bersalah sama suami karna sudah menghabiskan banyak uang nya yg nilai nya kalo dihitung dari cek lab sana sini promil sampe pas hamil bisa buat cadangan hidup sampe setaun 😂😂 , tapi ga pernah nyesel juga karna sudah berikhtiar dan berusaha untuk mencoba promil dan mencari tau akar permasalahannya dan Alhamdulillah nya Allah sellau melancarkan rejeki suami ku , awalnya pas dikeguguran sekarang rasanya biasa aja mungkin udah mati rasa juga , tapi pas ngasih tau ibu ku dan melihat nya kecewa rasanya jadi ikut kecewa juga , ya hati ibu mana yg ga hancur liat anak nya terus terusan gagal , tapi ini sudah jalannya dan takdir rumah tangga ku , takdir siapa yang bisa merubah andai kematian bisa dibeli untuk dihidupkan lagi mungkin tidak akan ada yang ngerasa kehilangan didunia ini , Tapi aku tetep bersyukur dengan musibah yang menimpa ku , setidaknya Allah masih ngasih kesempatan untuk aku merasakan menjadi bumil lagi , dan aku bersyukur mempunyai suami yang tidak pernah berubah dari awal kita menikah sampe sekarang dengan ujian yang sama suami ku tidak pernah berubah dia tetap sigap menemaniku kesana kesini dan tidak pernah menyalahkan ku dengan apa yang sudah terjadi , Alhamdulillah nya mertua ku juga baik banget tidak pernah menuntut ku dan tidak pernah menyalahkan ku , mereka semua berpikir memang bukan waktunya untuk sekarang memiliki keturunan , bahkan suami ku yang saking kasiannya mungkin melihatku menahan semua rasa sakit dan masuk ruang operasi Mulu Tiap tahun , sampe bilang (udah ya yang ga usah berjuang dan usaha terus , aku gapapa ko kalo kita ga punya anak masih banyak cara lain kita bisa ambil anak kaya teh lela , banyak di luar sana yang punya anak tapi bercerai dan anak jadi korban ) Padahal ketakutan terbesar ku sebagai seorang istri yang beluk punya keturunan takut ditinggalin 🤭🤭 Maaf ya Bun long story banget kayanya ini 🤭 mohon doanya ya Bun nanti sore saya kuret untuk k4kali , semoga setelah ini saya tidak ada trauma untuk hamil lagi , dan semoga kalo Allah masih mengijikan hamil lagi , Allah kasih yang terbaik dikehamilan yang berikutnya , Dan semangat juga buat pejuang garis 2 , terutama yang senasib kaya aku keguguran berulang , yakin selama kita mempunyai rahim dan pernah hamil insya Allah , Allah akan meniupkan zuriatnya diwaktu yang tepat , #pejuang_garisDua #bantusharing

Read more
 profile icon
Write a reply