VIP Member

Mega Fathia Miracle, Indonesia

Mom Of Leandra Alrescha Raffantino Sidi

About Mega Fathia Miracle

Posts(3)Replies(1602)Photos(54)

Trik Keuangan Ala Bunda TAP

Kalo urusan belanja-belanja pasti udah jadi hobby setiap bunda yah ? lalu bagaimana kalo belanjanya belanja bulanan? biasanya bunda happy atau kudu mikir keras? ? Belanja bulanan ini terlihat simple tapi sungguh merogoh banyak kocek. Kalo ga disiasati dengan baik, yahhh bisa kebablasan ? Lalu, bagaimana cara mensiasatinya? Saya pribadi punya rumusan sendiri untuk belanja bulanan ini bun. jadi gini : Pertama : Saya catat semua pengeluaran tetap. Contohnya biaya listrik, air, cicilan dan biaya bensin suami selama sebulan (saya sisihkan 150rb). Nah... pengeluaran tetap ini langsung saya bayarkan bersamaan saat gajian. Setelah itu sisanya baru bisa dibagi-bagi lagi. Kedua : Sebelum pergi belanja bulanan, saya selalu catat apa saja yang perlu dibeli. Contohnya semua bahan pokok yang akan digunakan dalam sebulan. Misalnya bahan pokok (beras, minyak dll) perlengkapan mandi, perlengkapan mencuci, perlengkapan anak, dan gas (kebetulan saya punya 2 tabung di rumah, dan biasanya cukup dalam 1 bulan). Nah... keliatan kan sisanya berapa ? Ketiga : 1/4 dari sisa uang saya sisihkan untuk biaya cadangan. anggap saja ini tabungan setiap bulannya. Keempat : pengeluaran tetap udah ✅ Kebutuhan pokok udah ✅ Tabungan & biaya darurat udah ✅ Selanjutnya saya sisihkan sedikit uang untuk refreshing. Yahh.. sekedar ajak anak main atau makan bareng diluar (karna kita juga kan butuh hal seperti ini) Kelima : Semua sudah beres dirinci!! Lalu sisa uangnya? inilah yang saya alokasikan untuk belanja harian. Semua sisa uang saya bagi 30. Dimasukkan ke dalam pocket 30 lembar. Dan uang inilah yang akan saya belanjakan setiap harinya. untuk belanja sayur atau bahkan buat jajan ? Isi pocket ini biasanya antara 40-70ribuan. uang segitu sih bisa makan enak tiap hari. Jadi saya buat buku catatan menu, sayur + lauk + sambal + lalapan. nanti tiap hari saya mulai dr pertama aja, kalo urutan abis saya ulang lg dari urutan awal. dengan begitu, menu makan ga monoton. Contoh menu makan harian : - Sayur sop + Orek tempe + Sambal teri - Sayur asem + tahu tempe ikan asin + Sambal terasi (biasanya saya goreng kerupuk klo pake menu ini) - Opor ayam + Tumis buncis pedas - Sayur kacang santan (bisa di tambahin tempe atau tahu) + Ikan kembung goreng + sambal cabe ijo - Daun singkong masak santan + Sambal telor balado - Rendang daging / kikil + lalapan (kalo masak rendang saya ga masak syur ?) - Sayur bening (bayam, kangkung, sawi atau lainnya) + Ayam goreng/bakar + Sambal mangga - Cancang (Gulai cincang) + Lalapan - Sayur lodeh + Tahu tempe goreng + Sambal teri pete - Tumis sayur / capcay + Perkedel + Sambal tempe/tahu Dan menu-menu lainnya... Biasanya dari belanja tersebut msh ada sisa uang buat jajan anak atau jajan emaknya juga ? bisa2 atur menu aja intinya ? belanja juga kalo bs d pasar tradisional, lebih murah. Triknya terlihat simple yahh!! tapi saya yang sudah menjalani terkadang sesekali khilaf. pernah beberapa kali pinjem uang jatah besok buat belanja hari ini (efek jajan banyak) alhasil di akhir-akhir biasanya sering kepake juga tuh uang tabungannya ? Namun terkadang sering juga uang harian ga kepake habis, alhasil masuk ke dana lebih. nah uang inilah yang biasanya saya kumpulin buat belanja-belanja online ? Tapi alhamdulillah, dengan trik ini belanja saya lumayan terkontrol. Ga suka-suka ? jadi sebenernya lebih ngajarin disiplin dalam menggunakan uang ? Semoga postingan ini menginspirasi banyak bunda yahh ?? #BelanjaKeluargaTAP

Read more
Trik Keuangan Ala Bunda TAP
VIP Member
Write a reply