Gimana ya bun supaya anaknya makan ga ngemut, dari awal mpasi makan ngemuut terus

Usia 7bulan makan 30menit cuma dapet 3sendok, tekstur udah naik turun tapi ngemutnya masih tetap. Sesudah makan selalu saya harus menangis dulu agar tidak meluap triak2 sama anak dn suami#bantusharing #seriusnanya #ingintahu

8 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

kalau anak saya dlu saya rangsang dengan pijat" lembut di sekitar mulutnya bun. dan hindari distraksi. jgn makan sambil gendong, main apalagi nonton yutub. anak jadi gk sadar kaalu dia lg makan jadi cuma di emut aja gk di telan". terus tiap makan saya kasih sendok sendiri buat dia. mau diaduk aja atau disuap saya biarin biasanya dia tertarik buat gigit" sendoknya kan. lah itu jg merangsang dia mau kunyah makannya. gitu sih pengalaman saya bun oh ya buburnya harus kental pokoknya. apalagi sudah 7 bulan. kalau terlalu encer dia jadi gk belajar ngunyah. dan satu lagi. dlu waktu dibawah 6 bulan, apa bunda sering larang anaknya buat masukan benda atau jari kemulutnya? lah itu jg pengaruh loh ternyata. waktu memasukkan benda atau tangannya kemulut itu dia lg proses pematangan saraf disekitar mulutnya buat bisa belajar mengunyah saat sudah mulai makanan padat. jadi daripada dilarang mending dijaga aja kebersihan tangannya dan benda" yg mau di masukan kemulutnya. kalau lg fase suka masukin apapun ke mulut gitu mending dibelikan teether dengan berbagai tekstur. ampun banget itu buat stimulasi anak biar makan gk ngemut.

Baca lagi

Anak saya jg kalo makan durasinya lama bgt bunnn,bisa ditinggal nyuci ditinggal angkat jemuran ditinggal umroh jg bisa keknya ๐Ÿ˜ช cuma saya telatenin aja,meskipun bener2 nguras emosi & tenaga.Kalo anak saya sih masih dikunyah,cuma tuh ngunyah nya lama trs kadang berhenti dulu abis itu lanjut dikunyah lagi.Syukur skrg udh umur 19bln mulai berubah pelan2,tp kadang makannya harus sambil nonton YouTube dulu baru mau duduk & makan.Ya meskipun saya tau itu gak baik,tp yaa gmna lagi yg penting anak mau mangap & mau makan aja udh.Cuma saya batasin sih soal screening time nya,paling nonton kalo mau makan doang kalo udh slse yaa saya matiin.Tp jgn dicontoh ya bun hhe..

Baca lagi
VIP Member

dicontohin ngunyah, ditelatenin pegang tekstur/mainan sensori, jgn ada distraksi dan coba dia kasi pegang sendoknya sendiri?

bunda sudah contohin anak makan gimana? coba ajak paksu atau keluarga lain makan bersama biar anak juga belajar ikutan ngunyah

1y ago

udah setiap hari

beli sikat gigi pigeon step 1 sikatin bibir atas bawah lidah pipi dalam langit2 mulut pijat oromotor cari di YT ya

Baca lagi
1y ago

liatin youtube kartun sikat gigi kasih buku ttg sikat gigi kasih unjuk seremnya kuman kartun

anak saya umur 3 taun jg makanya lama bun,di emut saya yg nyuapin malah jd emosi..๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

VIP Member

ajak makan bareng bun, sama bersihkan gigi (kalau udah ada), gusi, lidah, langit2

diajari ngunyah.. dicontihin