Lahiran pake BPJS tapi kontrol biaya mandiri

Tanya dong bunda2 yang sudah pernah melahirkan dan menggunakan BPJS. Jadi saya kandungn sudah 27week , nah selama ini kontrol biaya mandiri tidak asuransi/bpjs. Tapi lahirannya saya ingin pake BPJS, apakah bisa bunda2? Dan kalo bisa prosedurnya bagaimana?

6 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Bisa. Datang ke fk 1, tanya. Biasanya fk 1 punya bidan kerjasama. Disuruh ke bidan. Samperin bidannya, tanya prosedurnya. Kalo di sini, ke bidan kerjasama fk 1 tetep bayar pribadi. Mksdnya enggak gratis kyk klo kita priksa biasa di fk 1. Lahiran normal di bidan dicover Bpjs cm (klo gk salah inget) 800rb. Sisanya bayar sendiri. Bisa dirujuk ke RS klo mendekati hpl ketauan ada indikasi tertentu. Klo sudah kontraksi tpi pembukaan lambat, juga bs dirujuk saat itu juga. Tpi tetep ada batas waktu lambat pembukaannya itu sdh ditunggu brp jam (12 jm kyknya). Klo udh sreg, gk harus tiap bulan priksa sana. Tpi at least deket2 hpl priksa di bidan itu. Kalo aku juga priksa ke obgyn di RS rujukannya. Mksdnya biar ada rekam medis di kedua tempat itu.

Baca lagi
1y ago

Makasi informasinya bundaa....

ke faskes 1 bund. biasanya minimal 3x periksa disana. baru bisa lahiran disana. kalo mau minta rujukan ke RS jg harus ada indikasi. nah, seandainya darurat. tanpa periksa di faskes pun bisa lahiran di RS mana aja. tapi lgsg ke IGD dg status darurat pembukaan diatas 4, sudah pecah ketuban dan indikasi darurat lainnya.

Baca lagi

bisa bun, ak dr 6 week smpai 30 week usg pakai biaya pribadi, saat 30 week kontrol ke puskesmas minta rujukan ke rs yg bisa bjps, mulai 34 week kontrol ke rs rujukan smpai melahirkan

bunda hrus periksa ke puskesmas minimal 3x bund, nnti lahiran bisa pke bpjs

bisa, ya mesti kontrol ke faskes yg sesuai dengan BPJS nya

Bisa. Minta surat rujukan dari faskes 1