Firsttimepregnant

Siang semuanya, mau tanya dong adakah yang bpjs faskes pertamanya di puskesmas? Saya tanya2 saya ingin lahiran ke rs kenapa tidak bisa ya ... infonya bayar mandiri. karena faskes pertama saya di puskesmas infonya saya bisa pakai bpjs saya jika lahiranya di bidan . Jika saya mau lahiran di rs saya hrus bayar mandiri . Bisa di rujuk ke rs cuma bila bayi saya bermasalah ... apalah benar seperti itu ? #ingintahu #jangandibully

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Benar sekali Bu. Apabila dari hasil pemeriksaan keseluruhan dan dilihat dari riwayat kesehatan Ibu selama kehamilan, dinilai Ibu bisa melahirkan secara normal, maka Ibu akan diarahkan utk bersalin di Faskes yang tertera di BPJS. Kecuali, jika di kemudian hari ditemukan adanya indikasi penyulit persalinan normal seperti: 1. Kondisi janin sungsang/melintang dengan atau tanpa lilitan tali pusat 2. Kondisi ketuban keruh dan sedikit serta letak plasenta yang menutupi jalan lahir 3. Kondisi kesehatan Ibu yg menderita Pre-eklamsia, Diabetes Gestasional, Anemia bahkan Thalassemia 4. Riwayat persalinan SC pd persalinan sebelumnya Nah apabila Ibu memenuhi kriteria yg diatas, maka faskes BPJS akan memberikan rujukan kepada RS agar Ibu dpt bersalin di RS dengan pengawasan dokter kandungan Bu. Tapi kalau Ibu ingin melahirkan secara normal di RS, bisa dengan biaya pribadi. Karena BPJS tidak mengcover Bu..

Baca lagi

kalo lahiran pake BPJS selama tidak ada kendala apapun, ditangani langsung di faskes 1 bun...

3y ago

krn sekarang jg lagi pandemi, jd dari puskesmas sebisa mungkin pasti ga dikasih ke RS selama kelahiran normal tdk ada kendala... Kecuali nanti sewaktu diperiksa di puskesmas, kelahirannya ada kendala baru dirujuk ke RS terdekat..