83 Tanggapan

bisa,waktu aq hamil 27week krn byk keluhan dokter di puskes langsung kasih rujukan ke RS A.disitu dokter minta nnt klo ketemu dokter ahli tanya lengkap ngomong keluhan.ada 2 rumah sakit dy sarankn tp aq minta yg jaraknya 2jam dr tempatq drpd yg 10jam spy lebih dekat.gtu tiba di RS A kasih surat rujukan langsung ketemu dgn dokter ahli kandungan USG,dikasih obat gratis.nah di kehamilan 30week ke puskes minta rujukan ke RS di desaq krn dengar ada dokter ahli kata dokter"mf bu USG di rumah sakit sebelumnya masih berlaku ke situ aja"aq jawab jauh dok ,disini dekat .dokter bilg balik lg tgl 11 nov nnt aq buatkn surat rujukn yg baru.gtu tgl 11 nov kebetuln ada keluhan BAB trus dah 33week gtu ke puskes bertemu dgn dokter berbeda disitu dokternya liat catatan buku KIA katanya masih byk yg belum terisi sementara ibu dah mau melahirkn dokternya ngomong "ngga ap2 kan klo aq isikn bukunya kasian ibu klo masih kosong gni.mau sejam dokternya wawancara hanya untuk mengisi buku KIA 😁trus aq minta rujukan ke RS di desaq katanya ada dokter ahli yg praktek.dokter ngomong " mf bu, rumah sakit disni ngga berlaku bpjs harus bayar ,sy aja minggu lalu USG Bayar bu 170rb.kebetulan ada uang ya udah setelah dr puskes trus ke RS bayar 170rb .

Kalau baca dr postingan moms disini, sepertinya kebijakan setiap puskesmas beda2 ya... kalau di tempat saya, di puskesmas tersedia usg terbatas (terbatas dokter dan usg 2D) dan di cover oleh bpjs... nggak bisa minta rujukan buat usg ke RS, kecuali bila kondisi tertentu dari bumil atau debay baru puskesmas bisa ngasih rujukan. sayapun kondisi yg sama sangat terbatas dg biaya, jd saya usg nggak setiap bulan, pada waktu2 tertentu saja. kami sempat searching2 biaya usg yg murah meriah tapi nggak murahan... *Alhamdulillah dpt rekomendasi dr bidan puskesmas dokter kandungan + USG yg murah meriah tapi berkualitas 250K setiap USG + Konsul. dari yg pernah saya survey dan coba USG RP.175K - 250K.

kalo di domisili saya bisa, tapi USG di puskesmas ga tiap hari. jd cuma hari selasa dan kamis. kalo bunda pake BPJS mandiri, bukan kis yg dibayar pemerintah, bisa ubah faskes 1 ke klinik. nanti minta surat rujukan u/ kontrol di obgyn di rumah sakit yg termasuk rujukan BPJS. puskesmas jg bisa dimintai surat rujukan kalo di sana ga ada fasilitas usg sendiri. tapi setau saya, agak susah untuk minta surat rujukan di puskesmas bun. semoga bisa membantu.

dicover ko bunda tapi jatahnya cuma 2kali tm1 dan tm2, saya tau dicover karna kmrin smpet jatuh kepeleset dibawa ke puskesmas karena BPJS faskes 1 nya disana, langsung lah saya di USG di puskesmas sama dokter umumnya walaupun gak ada tanda bahaya tapi dokter umum langsung kasih saya surat rujukan untuk USG ke RS, besoknya saya langsung ke RS kata dokter spog disana jatah saya USG 1kali lagi di tm3 tepatnya di bulan ke 8usia kandungan.

maaf bun typo bukan tm2 ya tapi tm1 dan tm3

saya tm 2 usg di puskesmas saya kira ke cover bpjs soalnya saya punya kis. ternyata meskipun usgnya di puskesmas pun ngga ke cover.. kata pegawai puskesmas kalau usg ngga ke cover bun.. tapi dulu saya pas hamil pertama berhubung kelebihan bulan terus harus usg posisi puskesmas waktu itu belum ada alat usg jadi saya dikasih rujukan ke rs gratis bun..

iya bun, dulu pas hamil pertama aku awalnya usg mandiri di rs ternyata ketuban tinggal dikit keruh plus plasenta sudah mengapur jadi dapet rujukan buat persalinan di rs.. nah pas dihari persalinan aku di usg dulu sama obgynnya dan gratis..

saya kmren wkt 33w dtnya sma bidan pkm (saya faskes 1 dpkm itu)sdah pernah kespog saya jwb blum dan memang saya klo usg cmn dklinik aj sma bidan/dokter umum krn yg rdak trjangkau lalu pas dpriksa blgny melintang jdi dsuruh ngurus surat rujukan untuk priksa kespog untuk memastikan krn saya bru keluar KISny Alhamdulillah gratis priksa dispog yg diRS stlh dpt rujukan

TapFluencer

saya pernah tanya kepetugas puskesmas. kan saya pake KIS. usg dicover bpjs kalo ada kendala pada ibu dan janin kalo baik" saja bpjs gamau ngover. gitu sih katanya soalnya usg nya bukan d puskesmas nya jd nnti dikasih surat rujukan buat usg d RS. klo dalam keadaan baik' saja puskesmas gamau ngasih rujukan buat usg aja

sy smpet nanya ktny ad jatah 2x usg dr puskes tm 1 dan 3, kmren it sy mau mnta rujukan wkt uk 32week tp gk d kash krna ktny nanti tkut ny perlu wkt dekat2 lahiran, dan sy jg biasa usg sendiri pakek biaya pribadi. tp kykny tiap daerah beda2 cb bunda ke puskes yg sesuai dg faskes bpjs bunda. trus tanya prosedurny gmn.

alhamdulillah udah bund, jatah saya tinggal di tm3

bisa gratis tp sekali doank. paling dikasih rujukan dr puskesmas. aku anak pertama kaya gtu, ntar 6 bulan dikasih surat USG di RSUD tebet. dia udh bekerjasama sama puskesmasnya. mungkin ditempat ibu puskesmasnya bisa kaya gitu. tapi kalo ibu mau USG yg 8 bulan paling ditempat lain

klo puskes g bisa cover usg bun tp kl dpet rujukan usg dr puskes misal bunda mw usg di RS mna gtu itu bisa bun aku kmren jg gtu sblum lahiran minta rujukan usg k.puskes nnty ps usg di RS gratis yng pnting punya kis

iyaa sii emg trgntung ad USG.a / ngga.. kl d.tmpatku jg ad USG.a , tp g smua puskes ad USG.a

Pertanyaan populer

Artikel terkait