jam tidur anak

Selamat malam..mau nanya dong ..anak q tidurnya malam terus ..diatas jam 11 lalu bangun jam 9.. apakah itu tetap ganggu hormon pertumbuhannya ya ? Katanya hormon itu muncul setelah 3 jam anak tertidur (tidur dalam).. apakah hormon itu hanya muncul dijam 11 sampai 2 malam saja ? Jadi kalau anak baru tidur jam segitu gk kebagian hormon pertumbuhan ? Makasih sebelumnya..semoga berkenan menjawab yaa..salam kenal

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Saya pernah diskusi sm teman yg kuliah d psikologi klinis anak. Intinya yg kita pahami hormon pertumbuhan itu munculnya lebih bergantung pada fase tidur drpd jam2 tertentunya. Jd tidur itu ada fase REM-NREM, nah ini yg jd penentu. Kalau siklus tidur anak dalam semalam jamnya cukup dan konsisten terus, berarti ritme sikardiannya memang begitu. Ritme sikardian ini bisa berubah2, logikanya kalau kita pindah negara nih, dgn perbedaan jam, tubuh lama kelamaan jd menyesuaikan waktu disana, akhirnya tubuh menyesuaikan siang dan malam lagi, artinya ritme sikardian jg berubah lg. Begitu kalau yg saya dan teman saya pahami bun berdasarkan bbrp jurnal penelitian.

Baca lagi
4y ago

Trimakasih sdh mau berbagi ilmu ya ๐Ÿ˜Š

kurang tau bun. tp aku pernah baca ig ny dr.meta. beliau bilang memang lbh baik anak tdur sblum jam 9malam agar dpt hormon pertumbuhan.

4y ago

Iya, kalau DSA memang gt..