mertua pengen lahiran gratis

sedih, tiap kali duduk dekat mertua, mertua selalu nyuruh usahain buat lahiran gratis. supaya suami ndak pusing masalah biaya persalinan saya. jadi, suami saya gk perlu kerja jadi buruh pabrik dan fokus nerusin toko mertua yg menurut saya pendapatannya nggak seberapa. hanya cukup buat makan sehari-hari. mertua nggak tega lihat anak laki-laki satu-satunya kerja berat. soalnya kalau kerja berat suami saya sering ngeluh telinganya sakit. jadi mertua nggak tega kalau anaknya kerja. soalnya kedua mertua dari dulu ndak ada yg kerja. cuma buka usaha sendiri. jadi, gk tega kalau anaknya kerja, disuruh jaga toko aja biar gk kecapekan. maka dari itu, mertua minta saya cari cara biar bisa lahiran gratis. supaya suami saya nggak usah susah payah ngumpulin uang buat biaya persalinan. tapi, masalahnya saya belum pecah KK dari keluarga saya. saya punya KIS, tapi itu dari ayah saya karena kebetulan ayah saya seorang PNS. saya coba tanyakan ke kantor BPJS, katanya sudah tidak berlaku karena sudah menikah. saya mau urus BPJS mandiri, tapi kata ibu saya ndak usah, karena kebutuh lahiran cuma sekali. apa lagi kalau mandiri itu harus bayar iuran setidaknya 50rb per bulannya. saya minta ke suami buat pecah KK sendiri, biar bisa minta SPM. Tapi katanya suami gk usah, sekalian nunggu anaknya lahir. biar ngurus surat pindah, KK sama akta kelahirannya sekalian. saya bingung harus gimana. ibu sendiri, suami sama ibu mertua pendapatnya beda-beda. kalau saya pribadi mending ngumpulin uang entah 2jt atau 3jt buat lahiran sekalian perlengkapan bayi dari hasil kerja suami saya di pabrik. soalnya ini anak pertama saya. saya ndak mau membebani suami kalau harus hutang ke koperasi atau ke pegadaian untuk lahiran. tapi balik lagi ke ibu mertua, minta suami saya berhenti kerja di pabrik. saya tahu ibu mertua sayang dan kasihan sama anaknya, tapi apa nggak kasihan sama calon cucunya? apa salahnya sih bun kalau kita nyiapin dana buat anak? ibu mertua selalu bilang kalau anak lahir ke dunia bawa rejekinya masing-masing. iya saya tau kalau anak itu pembawa rejeki, lha tapi kalau kita nggak mencari rejeki itu gimana bisa dapet?

38 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Pengalaman saya kmrn pas lahiran itu berguna bgt bun BPJS. Biarpun alhamdulillah kmrn lahiran normal di RS tp bs pke BPJS. Dlu saya jg sm kyk bunda punya BPJS tp masi ngikut ortu. Setelah nikah alhasil hrs bkin sndri. Setelah nikah uda ga bs dipke lg karna uda pecah KK. Sampe usia kandungan 7 bln baru saya sm suami bkin BJPS buat saya sndri minta bantuan dr kantor suami biar kantor yg nanggung. Coba aja bun bkin BPJS yg gratis kn ada. Soalnya bakalan berguna bgt bun buat lahiran nanti. Ya walaupun kita punya tabungan sekalipun se'engganya bs meringankan beban kita bun...

Baca lagi

coba tanyakan ke mertua gimana caranya biar gratis tanpa bpjs bun.. pakai bpjs pun biasanya jg tetep keluar uang entah 100-200rb (pengalaman temen2 saya). menurut saya untuk memutuskan nikah itu banyak pertimbangan, harus siap dengan segala konsekuensinya termasuk punya anak. bener kata bunda anak bawa rejeki tp rejeki jg harus diperjuangkan, ga ada rejeki yg jatuh dr langit gt aja tanpa perantara. tinggal suami bunda aja yg harus tegas ke ortunya. bilang anaknya laki2 udah jd imam harus tanggungjawab sepenuhnya untuk istri dan anak..

Baca lagi

Yg namanya sdh berumah tg yaa segala keputusan ada d kpl rt yaitu suami.mertus meskipun ibunya suami ttep ga blh ikt campur ursan suami.skrng mslh kehamilan itu kan hrs siap scr materi, mental&fisik.jd seyogyanya dlm hal ini suami yg hrs tg jwb(maaf bund).dan mslh lahiran gratis, skrng kan di puskesmas udh bisa ga dipungut biaya sepeser pun, dan jg ada bidan desa yg gratis jg.tp dgn catatan tdk ada masalah ya dgn kehamilannya.tp ttep hrus udh ada cadangan uang bund ya namanya jg lahiran, pasti bnyak kebutuhan ini&itu.

Baca lagi
5y ago

iya bun, makasih banyak support nya. saya orangnya nggak pintar berdebat bun. ya jadi saya bisanya nyindir halus2 begitu. bapak mertua aja sampai bilang "kenapa kerja segala? tokonya ini aja kembangin. biar usahanya maju. bayi lahir itu udah bawa rejekinya sendiri." memangnya semudah itu? kalau cuma toko perancangan kecil2an begini sih tetangga banyak yg punya. ya bunda pastinya ngerti. bukannya saya pesimis dg usaha toko ini. tapi realitanya begitu. ya saya jawab aja itu bapak mertua, "ya nanti kalau pas lahiran nggak punya uang ya ngutang aja. alhamdulillah kalau ada yg mau ngasih utang, itu namanya juga rejeki. kalau gk ada yg mau ngutangin, alhamdulillah itu masih ada motor bisa digadai atau dijual." habis itu bapak mertua pergi ninggalin saya. 😁 saya keterlaluan ya bun?

Bukannya kalo mau gratis itu hrs pake bpjs ya? Trus kalo melahirkan pake bpjs jg harus satu KK sama suami dulu (temenku + temen suamiku gitu) . Coba tanya tanya sm temen yg uda lahiran pake bpjs, biar ada pencerahan itu suami + mertua . Kalo gamau pisah KK, gamau urus bpjs ya bayar dan mertuanya hrs tega biarin anak lelakinya kerja keras, kan buat keluarga buat anak sendiri . Lagian anak laki uda nikah mau punya anak jg, kalo kuping sakit coba ke tht, atau pake pelindung telinga kalo lg kerja biar ga sakit .

Baca lagi
5y ago

iya itu telinganya sakit karena kecapekan gitu bun. kalau nggak gitu ya (maaf) BAB nya keluar darah. saya nggak maksain suami saya harus kerja kok bun. kalau capek atau sakit ya silahkan libur kerja dulu. toh di pabrik pengepul tembakau itu luwes. kalau mau izin atau cuti beberapa hari ya silahkan. tinggal potong gaji aja. maka dari itu, saya agak keberatan kalau suami keluar kerja. soalnya pabrik pengepul itu kerjanya musiman. kalau musim tanam tembakau ya beroprasi, tapi kalau tembakau habis ya udah, pegawainya libur semua. jadi, pikir saya kalau suami libur kerja ya biar urus toko begitu bun. selama masih ada kerjaan di pabrik itu ya biarin kerja.

Jjr saya kurang paham masalah bpjs tp yg aku rasain mau pke bpjs atau asuransi appun ttp kel hrs punya pegangan, apalagi buat keadaan urgent di luar biaya yg d cover. Mau sampe kpn suami manja"an ke ibu? Apalgi udh mau punya anak, hrs nya dia bisa tegas ambil keputusan, puter otak biar istri sama anak bisa kepenuhin semua kebutuhan nya. Syg boleh tp liat kondisi, anak udh dewasa udh berkeluarga ya hrs nya nasehatin biar lbh tanggung jawab sama kel nya gt 🙁

Baca lagi
5y ago

maklum bun, suami saya anak laki-laki satu-satunya dari 3 bersaudara dan suami saya anak bungsu. jadi, wajar kalau kedua mertua sayang banget sama anak laki-lakinya. pernah ibu sama bapak mertua sampai nangis gara2 lihat suami saya lembur kerja (kebetulan tempat kerja suami tepat ada di depan rumah) sampai hampir isya' dan saat itu kerjanya ngangkut tembakau ke dalam truk. memang suami dekat banget sama ibu mertua. kadang saya iri, saya saja nggak sedekat itu sama ibu saya sendiri. tapi suami bisa dekat dan bercanda sampai ngusel-ngusel ke ibunya. perasaan lebih manja ke ibunya dari pada ke saya. hehee

Suami saya juga diginiin sama org tuanya suruh nerusin usaha ortua tua nya yang gak seberapa. Saya tegas bilang sama suami kalo gak mau kerja keras buat hidupin anak dan saya mending pergi karna kamu laki laki kalah sama banci yang mau kerja keras demi naikan derajat. Harus tegas bun! Kita perempuan diambil dari org tua kita jadi suami org bukan untuk hidup susah. Setiap wanita berharga dan harus diperjuangin !

Baca lagi

Susah emang bun kl mslhnya sm mertua..mending diomongin baik2 dlu sm suami.dikasi pngertian ke suami.sy jg ngalami kok bund..dan mmberi ongertian ke suami itu tidak mudah.kadang mereka slh paham jugaa dbilang kt ga sepihak.. Sy jg lg belajr bund bgaimana menghadpi mertua,bgaimana biar mnjalin hubungn harmonis dan bisa spakat dgn pndpt kita,sehingga mertua bisa sllu mndukung sy dan suami sya untuk mjd lbh baik.

Baca lagi

Sama kayak mertua saya bun dikit2 ga tegaan sama suami saya,apalagi suami saya laki2 satu2nya. Tapi sejak beristri saya, saya tegasi suami saya karena dia kepala keluarga. Mau ga mau harus kerja keras, harus mau susah payah, Karena yang dinafkahi anak orang yang dulunya pasti dirawat orang tuanya. Saya juga tegas ke mertua saya karena saya tipe pemberani kalau memang benar.

Baca lagi
5y ago

iya bun, kadang saya ceritain riwayat hidup saya. memang ayah termasuk orang mampu, tapi saya didik buat kerja keras. supaya saya mandiri dan tidak bergantung sama ortu. ayah saya kerja, ibu saya juga punya toko kecil2an seperti ibu mertua. tapi saya tetap disuruh kerja sama ortu biar bisa nyukupi kebutuhan sendiri, dan biar tahu susahnya nyari uang. jadi kadang saya pengen cari kerja sendiri, tapi suami melarang karena saya sedang hamil dan kalau saya kerja, gk ada yg bantu ibu mertua di toko.

Pake bpjs bun klo mau gratis kasih tau aja ke mertua atau ibu nya bun soal bpjs. Klo bunda ga ada pegangan bpjs justru bahaya (amit2 nya ya bun) kita smua jga kan pengen lahir lancar tp misal hrs sc atau ada tindakan medis yg gak diduga2 kan bahaya jg bun. Diskusiin sama suami aja bun klo ortu atau mertua bunda agak ribet ☹ ini buat kebaikan kalian berdua.

Baca lagi
5y ago

iya bun, saya pengennya juga begitu. soalnya kalau saya tanya2 ke orang2 yg pernah pengalaman melahirkan itu, resiko melahirkan tinggi. prediksi bisa normal. tapi kadang gk tau pas hari H persalinan atau pasca persalinan. apalagi sekarang UK saya sudah 31w. jadi makin worry.

VIP Member

Gimana ceritanya mau lahiran gratis tp bikin bpjs ogah2an.. hhmmm.. Udh bikin mandiri aja bu, kan kita udh berumah tangga, gak patut siy nurutin maunya ortu/mertua terus, ya harusnya bisa ambil keputusan sendiri.. Bpjs gak cuma buat lahiran ajaa, bisa sampai nanti2 kok buat kontrol bayi/imunisasi/kontrol pasca melahirkan..

Baca lagi
5y ago

iya bun, coba nanti saya diskusikan sama suami lagi.