Capek sama bayi

Saya cape bgt sama bayi saya yg tiap malam susah tidur, nangis2 mulu. Saya sih gapapa kalo bayinya begadang tp jangan pake nangis dong. Nangisnya kenceng bgt. Bisa dari jam 9 sampe jam 1 malem baru dia tdr. Saya dari sabar sampe jd emosi. Saya tau anak saya msh bayi tp saya bener2 stress dan jd emosi kalo anak saya tiap malam begini. Saya CAPEK! Saya dibantu kok sama suami dan mertua tp saya sangat stress krn gatau anak mau apa. Dlu kakaknya rewelan jg tp di gendong lgsg tenang. Nah ini anak kedua saya ga ada yg bener, di gendong diem bentar lalu nangis lg, disusuin abs itu nangis, baru merem dikit udh melek lg nangis. ASTAGA BISA GILA SAYA Saya sayang anak saya tp kalo dia lg rewel bgt dan udh berjam2, saya jd kesel dan berpikiran pengen ngasih bayiku ke orang aja. Cape bgt jujur mental saya ga kuat. Saya ga mau tambah anak lg. CUKUP!😭 Cape urus bayi tp ga ada pilihan krn saya ibunya. Stress bgttt😭 bukan ga bersyukur dikasih anak. Bersyukur tp bener2 kesabaran dan kewarasan saya di hajar bgt kalo pas anak saya rewel dan parahnya ini setiap malam. Kalo pagi siang sore itu tidurnya gampang. SAYA CAPE😭

94 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

semangat ya bun dlu aku ngerasain kaya gini sampai akhirnya aku terapin ilmu parenting class ku,dlu pas hamil aku ikut kelas itu,,, dan benar ternyata semuanya bermanfaat... kalo anak gamau tidur malem itu kita atur jadwal tidur dia, kaya aku nih mulai nerapin pas udh mulai anakku tdrnya bntr bntr bangun... aku pagi hbs mandi pastiin dia tdr sampe jam 9-10 nah bangun ga banggun aku bangunin aku ajak main keluar kadang drmh aja... nah dia kan kadang udh ngerengek kaya ngantuk tp aku tebelin kuping aja😅 kadang aku alihin apa, pokokmya jadwal dia tdr habis adzan zuhur dan nanti bangun ashar nah nanti habis mandi aku mejeng lgi sampe sblm magrib drmh aku ajak main sampai tiba jam 7 bapanya plng aku sirih bapanya jagain bntr aku siapin makan dia, nanti kita makan berdua di samping kasur sambil ngomong sama anak, nah nanti aku beberes anak main sama bapanya lg sampe si anak rewelnya di jam berapa aku nerapin 3tahap rewel 1. kalo masih ngek ngek aku masih diemin 2. udh mulai nangis tapi blm kejer aku masih diemin 3. udh mulai ngereong nangis kenceng baru aku turun tanggan ( nyusuin ) aku belajar tahap ini karna kalo kita susuin pas dia udh nangis keluarin tenaga disana si anak ada merasa cape dan lelah, jadinya di susuin galama akan tidur dan aku terapin si bener terus pastikan suhu ruangan nyaman untuk baby, dan posisi tdr sama anakku suka banget kalo di taro guling di belakang badan dia kalo aku perhatiin ternyata kalo tdr malem dia tdrnya sambil megang muka bapanya😅 catatan dipastikan ibunya tenang ya percaya ga percaya,, tapi emng bener kalo kita megang anak dalam keadaan panik / dumel anak malaham ga karuan tpi kalo ibunya tenang dan siap terima kegelisahan anak,,, anak malahan merasa nyaman... dicoba boleh bun

Baca lagi
VIP Member

Semangat bun... bisa jadi dia lagi kolik+grow spurt, biasa trjadi dari NB-6 bulanan.. klo tetua biasanya bilang itu sawan padahal bukan. dan kalo lagi bgitu, ga ada obatnya.. kita yg sabar2 aja hadapi, peluk dia lebih banyak dan ajak bicara, krn fase itu si bayi sndiri ngrasa sakit juga.. memang manusiawi bunda capek.. gapapa, bun.. kalo lagi ga mau pegang dedek, bunda duduk trpisah ruang dulu sama dedek barang 5-10 menit hanya untuk atur Nafas & pikiran.. keluarin emosi juga boleh, jgn di depan bayiny.. kalo dah mendingan, hampiri lagi bunda beruntung suami & mertua masih mau bantuin gantian jaga, saya dulu tidak ada, krn merantau jauh dr pihak keluarga baik suami maupun saya, ibu baru, ga punya basic sama sekali, ga ada tetangga bisa d tanyai krn baru pindah ke lingkungan itu.. modal google semua dan naluri. baru di saat itu, suami tingkahnya masih sangat bocah, ga mau bantuin. tiap malam saya minta tolong bangun dia selalu menolak dengan kasar: "aku besok kerja, sakit kepalaku kamu bangunin bgini, urusin lah.." "aku kan ga punya tetek buat nenenin dia. mau bantu gimana?! " "kamu mah enak di rmh krn kamu ga kerja, malem bgini begadang kan bisa kamu ganti tidur paginya", dsb. sepedes itu omongannya gila? iya pasti, saya stress akut 2 tahun pertama stlh anak sulung lahir, mana masa pasca persalinan badan saya ga pulih2, nyeri terus perutnya.. sampai di bawa ke tempat urutpun masih ga mempan.. di tempat urut ke-2 baru lumayan stlh nunggu 1 thn anak sy,krn nemuin tukang urut bagus luar pulau jawa susahnya minta ampun *maaf jd curhat sabar bun, peluk dr jauh 🤗

Baca lagi

peluuukk🤗🤗🤗 perjuangan ibu tidak akan habis, dr masa hamil, menyusui bahkan sampai besar nanti. kalau memang bunda ingin menangis, menangis aja gapapa. sambil pukpuk diri sendiri dan sambil diucapkan ke bayi mu, kita sama² belum mengerti satu sama lain, atas izin Allah SWT kita bisa koq.. yuuk bisa yuukk.. 🤗🤗🤗 bayi merespons apa yg kita rasakan bun, misalkan kita cape dan rasanya ingin marah krn ga sabar. bayi pun akhirnya mudah menangis dan lama. yg saya lakukan adalah, melakukan hal² yg menyenangkan hati kita. menyenangkan hati ibu adalah hal utama. ibu yg happy, inshaa Allah bs handle masalah apapun, bayi nangis semaleman juga ga masalah, krn hatinya happy. hal² yg menyenangkan hati saya , charge energi dan mood yg low dengan makan indomie 😄 minum chatime(nitip ke suami) mandi dengan tenang, pumping dengan tenang, makan dengan tenang ketenangan ini sendiri dtg dr diri sendiri bun, bukan dr org lain. jd kita menenangkan diri sendiri, inshaa Allah bisa dijalani olehmu, mungkin dengan jalan yg sama / berbeda. semangat yaa pahami sadari dan terima. kehadiran bayi yg kedua adalah anugrah dr Allah SWT. banyak ibu yg belum merasakan dan mendambakan ke "stress" an mu terjadi pada mereka, apa yg dirimu rasakan adalah impian banyak org

Baca lagi

Mungkin ga bun anaknya kolik? Udah coba pijit bayi? Misal panggil tukang urut anak gitu. Kalo intensitas nangisnya selalu di jam yang sama sih kemungkinan itu kolik bun. Soalnya setau saya anak kolik itu nangis tanpa sebab berjam2 (bisa 3 jam) setiap hari dan berbulan2 🥹 salah satu siasatinnya rajin pijat ILU sama gowes sepeda ituu. Biar pada keluar anginnya. Aku gabisa bantu banyak selain bantu doa dan dukung kamu via online. Aku tau jd ibu emang ga pernah gampang. And you are enough. Bayi emang komunikasinya cuma lewat tangisan bun. Semoga fase ini segera terlewati yaaa. Rasa capekmu masih banyak yang kepengenin lho di luar sana (pejuang garis dua). Saya skrg juga baru punya anak kedua (24 hari usianya), karakternya juga beda sama kakaknya. Ujian saya di menyusui )anakku TTLT udah di insisi, tapi tetep harus senam mulut tiap hari supaya nennya pinter dan ga nempel lagi ttlt nya. Tiap orang pasti punya ujian masing2 bunnn. InsyaaAllah kamu kuat. Jangan lupa stok makanan atau camilan kalo malem. Kalo adek udah kamu susui, udah ganti pampers, tapi masih nangis, minta tolong gantian sama paksuami aka buat gendong. Kamu misahin diri tenangin diri dulu atau sekedar minum dan ke kamar mandi. Bismillah yaaa. It wont lasts forever kokkkk. Aku capek jugaa anakku kadang begadang, kadang ngga. Tapi aku ngerasa anak cepet gedenya. Fase ini bakalan aku kangenin nantiii 🥹

Baca lagi
1mo ago

oala.. singkatannya toh trnyata, ok ok makasi bun 🤣

Peluk jauh, Bunda. saya new mom yang dari gadis sama sekali enggak pernah pegang anak kecil apa lagi bayi. bahkan anak kecil udah lari2 aja saya masih takut kalau nangis apa lagi new born. Waktu saya lahiran saya bener2 ga bisa gendong apa lagi ngasi. Alhamdulillah anteng aja dia bund. tapi, waktu udah di rumah 3 hari waktu pusatnya mau lepas dia rewel terus dari jam 9 sampai subuh cuma diem sebentar2 mana ayahnya lagi demam tinggi, jahitan di miss v dan pantat masih sakit saya urus sana sini meski masih dibantu ibu. sampai akhirnya saya radang karena kurang tidur. Saya mau nangis waktu harus cuci baju yang biasanya suami karena jahitan masih sakit. mau marah waktu Dede rewel terus. tapi, pas liat wajah Dede ilang emosi saya, Bund. ingat betapa saya sulit dan sakit saat melahirkannya. ingat gimana dia nendang2 perut saya waktu di kandungan. ingat waktu saya bertaruh nyawa sampai jalan lahir digunting demi dia. demi memiliki gelar seorang ibu dan memberi gelar Ayah pada suami. saya juga jadi kebayang Dede yang kecil segitu rasain sakit rasain ga nyaman. jelas dia rewel. orang saya saja yang gede rasain jahitan juga sakit. sabar dan semangat ya bunda. jangan lupa peluk dan sharing dengan suami. hal itu juga bisa kuatkan mental bunda.

Baca lagi

Ibu nya harus tenang dulu. Atau anaknya di gendong suami dulu. Saya ada kids dan bayi, emg bikin stress apalagi klo nangis bersautan, sama2 mau di gendong. Tapi cari tau dulu anak nangisnya karna apa? Sudah poo belom hari itu? kembunga gak? perut keras gtu. sudah sendawa belom habis menyusui? ada yg sakit gak dibadannya? misal abis main apa hari itu, kakinya di pijat2 kayak di yt. Kalau anak saya sering gtu, nen nangis, rewel lah gak tidur2, malah nen di gigit, popok baru ganti, saya gendong puk puk punggungnya, setelah sendawa baru dia tenang dan bisa tdur. Jam tidur siang sorenya jangan kelamaan, pas maghrb jangan tdur (saran dokter), ajak main bercanda atau aktifitas. Anak saya klo siang sore tidur bablas malem begadang, tpi klo siang ampe isya ajak main, malem nya bobo. emang jadi ibu itu bikin stress. tapi si anak juga belom bsa ngomong cuman bsa nangis. pas saya capek, yaa nangis aja, anak2 tdur ikut tidur. Seringnya pas anak2 tdur, atau lg main bareng, sambil mikir bersyukur banget hari2 bareng anak2 tanpa dosa, masih suci, bersih polos, sedangkan saya umur segini pasti banyak dosa, banyak salah.

Baca lagi

sabar ya bunda sayang. peluk jauh sy pun sama kok. kadang jd emosi sendiri ya krn bingung maunya apa. yaa pas lg senggang sih kadang suka merasa bersalah ya,ya mau gimana lg bun,bayi nangis pasti ada yg dirasa ga nyaman,dan dia belum bisa ngmong apa yg bikin dia ga nyaman makanya nangis. kalau sy pernah mikir gini "kasian bayi sbnrnya,dia mungkin ngerasa sakit atau apa tp kita ga ngerti2 maunya apa. bayangin aja kalau ternyata punggungnya digigit semut,eh kita malah ngasih susu lah,ganti popok lah,timang2 lah,nyanyi2 lah,bahkan marah2,yg pdhl kalau si dedenya bisa ngmong pasti udh ngomong dari tadi,woy punggung gue sakit!!!" jd kadang itu yg bikin sy berusaha sabar dan berusaha tenang pas pegang anak,krn kalau kitanya rungsing auranya jg jd ga enak di bayi,bayi itu sensitif banget loh,perasaan kita ga enak dia jg akan ga nyaman deket2 sm kita. tp dilain sisi memang pasti punya newborn tuh yaa sesuatu sekali,pala sakit krn kurang tidur,badan berasa ky abis digebukin,dll. ga ada yg salah dsini sih hanya krn semua saling masih beradaptasi aja dgn kondisi baru,kita aja jd rungsing kan,bayi juga sama

Baca lagi

halo mom, peluk dari jauh. Anak aku juga gitu mom dulu setiap hari nangis dari usia 8 minggu hingga usia 4 bulanan. Aku udh ngira kalau itu kolik, aku pijat ILU, pakai calming cream, hingga panggil bidan buat pijat home care tapi itu semua nihil gak ngaruh. Akhirnya aku nyerah sama semua itu dan aku bawa ke DSA yg senior di kota aku. Aku disaranin sama DSA buat menghindari semua jenis seafood, telur, susu dan semua produk turunannya, dan diresepin interlact drop buat ditetesin sehari 5 tetes. Aku lakuin saran DSA itu dan alhamdulillah anakku gak gitu lagi, malem tidurnya nyenyak dan gak rewel di siang hari. Tiap anak kondisinya beda beda ya mom, kasus di anakku belum tentu sama di anak mom, tapi bisa jadi kasus anak kita sama. Tips dari aku kalo mau beli interlact bisa beli di apotek langsung (bisa tanpa resep dokter) atau pakai pengiriman instan, jangan beli online karena interlact drops harus selalu ditaruh kulkas, kalo beli online (pakai ekspedisi berhari hari) takutnya sayang udah trlanjur beli tp kandungannya rusak saat pengiriman.

Baca lagi
VIP Member

sama bun, anak pertama ku dri 0bulan - 4bulan, buset dah nangis nyaa setiap malem, habis isya Sampe subuh, posisi merantau sama suami, jdi gak ada yg bantuin, wktu pagi - sore bayi ku tdr, aku juga tdr, jdi Punya tenaga kalau bayi ku nangis Kejer ampe subuh, kemungkinan Gerah, Atau Popoknya Full, Atau Bisa juga kembung, karena kalau haus Juga Gmn gitu pasti di kasih susuu terus kan. atau hati dan pikiran Bunda yg lagi gak tenang, karena bayu bisa ngerasain apa yg ibu nya rasain, dan Dia bisa ikut sedih. Alhamdulilah Bun, masi ada mertua yg bantuin, setidknya ketika capek ada yg bantuin, jangan Sampe keikut setres bun, bisa Kena Baby blues, Dan itu sangat Bahaya bunda🙏 bundanya hrus bnyak istirht kalau pagi - sore. biar malem debaynya rewel, bunda udh tenang, dan punya tenaga. bertahan dikit bun, kalau udh 6bulan, bakal enak kok ngurus nya. anakku sampe skrng unur 12bulan, kalau ngantuk tdr sendiri, dan Bangun juga Langsung happy, paling ngereok kalau minta susu aja bun. yg semangat dan Sabar bun🙏🙏🙏

Baca lagi

Km ga sendiri bun, sy pun begitu. Sampe2 sy ikutan nangis. Ga tau lg harus apa. Mgkn anaknya kolik bun. Anak sy dl start jm 4/5 sore nonstop nangis sampe jam 7/8 malam. Sampe tetangga jg kira anak sy diapain. Setiap hari loh bu itu. Sampe diblg sawan, ketempelan, sakit dll. Tp sy tutup telinga aja. Yg sy lakukan tiap abis mandi sore, sy pijit ILU dan gowes. Lama2 nangisnya berkurang & bs bobo tenang. Tp masalah ga cm sampe disitu aja bun. Anak sy pagi sampe sore bobo, gampang. Start jam 10/11 malam melek tu mata terang bgt sampe jam 6 pagi. Kadang mulai jam 1 pagi sampe tar jam 7 pagi baru tidur. Stress bgt dong bun. Ternyata jam nya kebalik. Waktu itu umur 1 bulan. akhirnya sy coba benerin jam terbaliknya dan itu ga mudah, butuh waktu 3 mingguan baru bener lagi. Sy konsul DSA, googling sana sini. Setelah sebulan, mulai normal lagi. Jadi bun, kamu nya yg harus tenang & sabar dulu. Wajar cape dan ga waras, sy pun begitu. Tapi segala sesuatu ada solusinya dan dicoba dl bun. Semangat ya.

Baca lagi