Kasus Gagal Ginjal Akut melonjak sejak Agustus

Pertanyaannya, kenapa melonjaknya sejak Agustus? Klo memang gara² obat yg ada kandungan EG/DEG seharusnya penyakit ini dari dulu ada. Kenapa serentak sejak Agustus? Kenapa pikiran saya berlari ke program BIAN yg dilaksanakan bulan Agustus yang sasarannya anak anak ya? Ya ampun semoga dugaan saya salaaaah 😭😭 Sy terus kepikiran kasus ini. Karna masih blm bisa percaya klo gara² nya obat ini. #seriusnanya #bantusharing #ingintahu #miris

Kasus Gagal Ginjal Akut melonjak sejak Agustus
10 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Saya rasa kalo dikaitkan ke BIAN itu ga ada hubungannya Bun, kebetulan aja terjadinya di Agustus. Kasus paling banyak itu terjadi di negara Gambia, & saya rasa ga ada BIAN disana ya, BIAN kan program pemerintah RI, bukan program WHO. Lebih masuk akal kalau ini dikaitkan ke virus, krn kejadiannya mendadak & lgsg tinggi. Mayoritas anak yg terkena penyakit ini pernah terpapar covid19. Jd lebih masuk akal kalo penyakit ini adalah bawaan dr covid19 yg akan aktif saat terpapar EG/DEG. Tapi saya bukan peneliti atau analis, saya cuman baca2 dr artikel aja.

Baca lagi
2y ago

baik bun terimakasih infonya. akhirnya ada perluasan wawasan lg ttg virus.

malah itu 13 anak yg mengalami Gagal ginjal itu dr lahir gk pernah minum sirup atau obat. tapi kenapa bisa kenak ? berasa kek cari kambing hitam jujur saja,klo saya mah udah gk percaya apa kata tuh org2 diatas, kita pakai logika aja. dr tahun ke tahun,itu obat kadaluarsa nya kan bertahun, obatnyapun ada bukan baru kemarin,tapi dah bertahun.kenapa kasusnya baru Sekarang berefek? org yg 2,3,4 tahun lalu kok sehat2 aja?

Baca lagi
2y ago

waduh ngeri juga ya.. ,, tp klo dr lahir gk mnum obat sirup lalu pas imunisasi apa gak mnum obat ??

menurutku ini gaada sangkut pautnya ama bian ya karna emg penyebabnya karna pelarut obat .. pas baca di status ig bbrp dsa katanya dulu ini pelarutnyabpake propilen glikol [pg] tp karna ad kelangkaan PG, jd ada perusahaan yg maybe nakal trus gantilah pake pelarut EG dan DEG itu ..

halo mom itu karena bahan pelarut obat sirup yang aman pernah langka dan mahal yaitupolietilen glikol. terus produsen obat nakal ganti pake etilen glikol sama dietilen glikol yang lebih murah tapi berbahaya.

2y ago

kalo menurut saya pribadi bun terlepas dari semua artikel yang ada bapil akhir akhir ini bisa ampe 3 minggu baru sembuh, saya anak saya ortu saya temen kantor semuanga kena..... juga lama sembuhnya tu berapa botol sendiri abis obat pengingat kalo namanya gak sembuh setelah 3 hari ya ke dokter tapi jika ada jika tetap pake obat bebas, mau ampe berapa botol di kemasan kebanyakan tertulis, pemakaian berlebihan menyebabkan kerusakan hati dan lainnya, tidak untuk jangka panjang itu aja sih bagi saya ya ini ada kaitannya ma virus yang anniversary ke 4 ya, hedeh, udah mau masuk pre school aja tu

saya juga curiga bun.. kenapa pas bgt setelah pemberian imunisasi BIAN.. yang sasarannya balita... karena dari dulu obat2 itu tidak masalah.. apa mungkin efek VAKSIN BIAN ada kandungan yg bereaksi dengan obat yang mengandung EG/DEG?

saya dapet dr story wa temen

Post reply image
2y ago

nah ini ak baca jg. dan make sense klo emg ada oknum di bbrp perusahaan obat yg emg nakal

Takut,cemas terus menghantui🥺

kepikiran😔😔jd khwatir

kepikiran terus

worry