Manajemen Keuangan Rumah Tangga part 2

Nah setelah pos-pos uang di amplop tadi saya juga punya buku kas. Dimana saya menuliskan secara rinci, dari tanggal apa2 saja yang dibeli dalam 1 bulan. Jadi ketika suami bertanya, uang belanja dibelikan apa saja seketika langsung aja disodorin buku itu. Hehehe. Lalu kita juga akan tau spending money terbanyak jatuh pada apa, misal kita kok terlalu banyak makan diluar ya, buktinya ini bnyak banget biaya parkir, atau kok banyak bill kedai/resto. Oh jadi, bulan depan kita agak mengurangi ni acara makan dilut, yang semisal seminggu 2x jadi seminggu sekali aja. Iya, bahkan uang parkir saya tulis di buku kas ini, biar apa, biar tau alokasi dana parkir selama sebulan itu berapa. hehehe bukan sok atau gimana, di logika aja misal nih sekali parkir 3000 rupiah, nah klo sehari ada 3x berarti 9000x7hari = 27000 trus kali 4 minggu udah hampir 100000 rupiah sendiri lo. Nah uang seratus ribu kalo dibelikan beras udah dapet berapa kilo ibu2 hehe. Tapi balik lagi semua aturan ini ga bisa disamaratakan dengan RT yang lain yaa. Tiap RT punya aturan sendiri2, Income nya juga berbeda2. Sekian dari saya, terima kasih.

Manajemen Keuangan Rumah Tangga part 2
13 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Klo saya mah rempong Bu nyatet² di aplikasi hp. Apalagi hrs nulis² konvensional gtu. Kayaknya udh nempel dgn sendirinya diotak jalur uang dipakai kebutuhan apa saja 😄👐 lama2 udh tau ritme pengaturan nya harus apa dan bagaimana spy uang ga habis percuma. Jd yaudah gajian bayar ini ono, pembayaran hutang paling duluan prioritas utama, lalu kebutuhan primer suami, qta & ank, ksh org tua-mertua sebisanya, dan maksain invest di arisan²/emas perhiasan meski ga besar tp ada spare yg tersimpan kesana ga habis banget untuk hal yg konsumtif.

Baca lagi
5y ago

mak mak kl soal finansial emang tajem ya ingatannya , apalagi tagihan bulanan tiap hari ingetnya wkwk

VIP Member

Saya sudah menikah 9 bulanan . Keuangan pengaturannya gaji suami setengah diberikan ke saya setengah dia yang pegang.tapi lucunya untuk keperluan bulanan sama masak sehari hari saya masih minta uang cash sama suami.suami gak komplen dia kasih aja.jadi sebetulnya uang yang di berikan saya utuh namun saya ada hutang yang harus di bayar .jadi uang yang di berikan ke saya setiap bulannya untuk bayar hutang dan tabungan atau kebutuhan mendadak

Baca lagi

Aku kalo laporan keuangan bulanan z bun, udh jelas pos²nya, cmn utk bikin laporan uang hbs beli apa utk sehari² males bun tulisnya, kdg paksu jg butuh rincianny tp ya ko jd kaya yg ga percaya, intiny mah buat mkn.. Ya wajar ga sih bun jth mkn sehari dgn anak 2 yg dah remaja trus aku skr lg hamil sehari 100rb? Tp katanya itu boros bun...😪

Baca lagi
5y ago

Gapapa bun tiap2 individu punya style dan gayanya sendiri utk memanage keuangannya. Yang penting dibawa enjoy aja. Kalau pak su ga percaya sama harga kebutuhan pokok yang semakin naik, suatu waktu ajak beliau nemenin belanja ke pasar, ini dah kubuktikan sih bun dan it works. Malah sekarang jadi nanya2 harga sembako wkwk.

Bagus,bu. Jadi pengen coba👍 selama ini saya hanya mencatat tagihan/bulan.Dan jatah harian(makan dan jajan anak2)/bulan. Yang diberikan suami saya catat. Dan perminggu saya report uangnya sampai tanggal berapa. Klo lebih itu u/saya, klo kurang itu tanggungan saya.

Sama bun.. tp yq buat pembukuan suami saya bun.. soalnya keuangan suami yang pegang.. Soal kebutuhan rmh smua suami ya beli bun.. Saya ga msk jd beli makan smua suami yq urus.. Soalnya saya boros klu pegang uang suka sembarangan jajan..

Baca lagi
5y ago

Sya juga suami yg pegang uang.. Hehe Sya masak si bun, tp suami yg belanja ke toko syur apa pasar gitu.. Wkwkw... Kalo saya lebih ke pusing ngaturnya bun, intinya yg penting sya sama suami komunikasikan perihal pemasukan, pengeluaran. Gitu...

Q boro2 mau hitung bund.. Beli apa aja klo smpe rumah udh hilng itu ingtn hrga x.. Dn suami pun gk nanya beli apa dn hbis brpa.. Klo hbis ya udh.. Yg pnting q beli kbtuhan yg brguna.. Gk bikin mubazir suami sih okey2 aja..

5y ago

Alhamdulilah ya bun punya suami yang easy going begitu hehe dengan ga memusingkan uang belanja dibuat apa aja hihihi yang penting emang membelanjakannya sesuai dengan kebutuhan.

Wah terimakasih banyak Bun saranya Bisa saya contoh mulai bulan ini soalnya keuangan semua saya yg pegang kadang bingung uang kemana aja kok sering bgt ambil uang ke atm

TapFluencer

aku nyatet kaya gini percuma bun ga di baca 😅 ditanya intinya langsung "jadi kurang atau enggak gitu wkwk".

5y ago

iya , kadang malah dikasih buat jajan kali aja mau beli baju baru .. aahahha senangnya 😂😍😍

VIP Member

ga teliti bun aku mah, aku si iritt, suami yg boros jd dia agak bodo amat itu duit kmanain😁

Saya anak akuntansi. Tapi ngga mau serinci ini. Soalnya saya suka jajan 🤭