Screening kehamilan dan uk brp week djj akan terdeteksi.

Malam bunda2 semua, Bunda, semalem aku abis kontrol yg kedua karna 2 minggu yg lalu aku cek pertama kali masih penebalan dinding rahim dan skrg sudah kelihatan kantungnya dan uk nya sudah 8 minggu. Kata dokter djj nya belum terdeteksi, biasanya djj nya itu baru terdeteksi saat usia kandungan brp week ya bun? Dan aku mau tanya lagi bun mengenai screening kehamilan, setelah usg pas mau bayar dikasih tau sama suster nya kalo kehamilan pertama harus melakukan screening kehamilan. Apa itu wajib bun, kalo ga screening bolehkah?

1 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Djj itu sudah mulai bisa dilihat sejak usia kehamilan 8 minggu bun. Sejak usia tersebut janin sudah ada detak jantungnya. Akan tetapi terdeteksi cepet atau lambatnya itu masing-masing ibu hamil berbeda. Ada yg usia 8 week sudah bisa didengar detak jantungnya ada yg belum. Biasanya hal tersebut terjadi karena ketebalan perut tiap ibu hamil itu berbeda. Yg penting saat di usg besar janin sesuai dengan usia kehamilan. Kalau screening itu menurut saya wajib. Biasanya si lakukan 2x selama masa kehamilan. Karena hal tersebut penting banget buat ibu hamil. Agar ketika ada kelainan atau cacat bawaan janin bisa terdeteksi lebih cepat. Screening juga bertujuan utk mengetahui golongan darah bunda, tekanan darah bunda juga utk mengetahui HB yg mana itu bisa menentukan apakah bunda bisa lahiran secara normal atau tidak.

Baca lagi
4y ago

Screening pertama biasanya usia kehamilan 4 bulan bun atau 16 week. Itu hanya diambil sample darahnya dan tes urine aja. Tapi itu sudah meliputi tes HB, HIV/Aids, dll. Sementara screening kedua di usia kandungan 7 bulan. Sama juga bun, hanya diambil sample darah sama urine. Cepet kok bun, nggak sampai 2 jam